Sejarah Persija Jakarta [1]: Kapan Sepakbola Dikenal di Jakarta? Inilah Dia…Sejarah Sepakbola Jakarta yang Sebenarnya



Persija Jakarta adalah klub sepakbola di Jakarta. Klub Persija Jakarta didirikan di tengah sepakbola Jakarta. Sejarah sepakbola di Jakarta adalah kelanjutan sepakbola di Batavia. Di era Nederlandsch Indie (Hindia Belanda), sepakbola di Batavia melahirkan banyak klub. Salah satu klub yang terkenal waktu itu adalah Vios. Klub-klub sepakbola di Batavia dipersatukan di bawah satu organisasi yang disebut Bataviasch Voetbal Bond (Perserikatan Sepakbola Batavia). Perserikatan ini  menyelenggarakan kompetisi sendiri. Itulah gambaran awal tentang sepakbola di Batavia yang mau tak mau menjadi bagian dari sejarah sepakbola di Jakarta. Hal ini juga berlaku di tempat lain (Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan lainnya).

Lapangan sepakbola petama di Jakarta di Koningsplein (peta 1887)
Untuk mengenal sejarah sepakbola di Jakarta dan sejarah klub sepakbola Persija Jakarta seharusnya kita harus mengenal sejarah sepakbola di Batavia dan sejarah klub-klub di Batavia. Klub Persija Jakarta adalah hasil metamorphosis dari Tim Perserikan Jakarta (Persatuan Sepakbola Indonesia Jakarta = Persija). Sedangkan Persija sendiri adalah kelanjutan dari Bataviasch Voetbal Bond. Klub-klub yang bermain di Persija ada yang merupakan ex klub di Bataviasch Voetbal Bond, diantaranya Vios. Klub Persjia Jakarta yang sekarang adalah wujud lain dari Vios di masa lalu. Untuk melacak sepakbola Jakarta dan Klub Persja Jakarta mari kita mulai dari artikel pertama. Untuk mudahnya Batavia sebagai nama daerah kita sebut saja Jakarta.

Kapan Sepakbola Dikenal di Jakarta?

Sebelum ada sepakbola di Jakarta, di Belanda sudah ada nama klub bernama FC Batavia. Bukan itu yang kita maksud. Sepakbola di Jakarta baru terdeteksi pada tahun 1896. Ini bermula ketika didirikan klub olahraga di Jakarta yang disebut Nederlandsche sportclub (lihat Rotterdamsch nieuwsblad, 30-03-1896). Klub olahraga ini terdiri dari kriket, tenis lapangan rumput,  sepakbola, sepatu roda dan lain-lain. Klub olahraga ini, dewan terdiri dari J. Mijer sebagai Presiden, SW Severijn, Wakil presiden, Mr. EA Hoeffelman, Komisaris, CN Gruytcr, bendahara. H. Prange, sekretaris. Mereka ini semua adalah olahragawan terkenal di Belanda (yang kini bekerja di Batavia).