Sejarah Kota Depok (38): Raimuna Nasional dan SEJARAH PRAMUKA INDONESIA SEBENARNYA; Dari Padang Sidempuan ke Cibubur Depok

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Depok dalam blog ini Klik Disini


Pada hari ini, tanggal 14 Agustus 2017 adalah Hari Pramuka. Pada pagi hari ini juga akan digelar pembukaan Raimuna Nasional XI yang diadakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur yang akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo. Satu hal yang menarik, Kontingen Kota Depok akan memimpin pembukaan Raimuna Nasional. Yang lebih menarik lagi, dari Kontingen Kota Depok yang memimpin upacara pembukaan, Anna Balqish adalah warga Kecamatan Tapos, kecamatan yang langsung bersentuhan dengan Kecamatan Ciracas. Ini berarti rumah dari pemimpin upacara, Anna Balqish tidak jauh dari tempat upacara pembukaan Raimuna Nasional XI/2017 diselenggarakan.

Ketua (topi) dan Sekretaris DKC TS (1982)
Saya teringat ke masa lampau, Raimuna Nasional tahun 1982 yang diselenggarakan di tempat yang sama dengan yang sekarang, saya memimpin regu putra Kontingen Tapanuli Selatan, kontingen terjauh dari Kontingen Provinsi Sumatera Utara. Saya kini tinggal di Kota Depok, sebagai pengajar di Universitas Indonesia. Anak-anak saya bersekolah di tempat dimana Anna Balqish sebagai siswa SMA Negeri 1 Kota Depok (dua alumni dan dua masih aktif sebagai siswa). Ini berarti kisah saya ini sudah terjadi 35 tahun yang lalu pada saat Raimuna IV., saat kali pertama Raimuna dilakukan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur (kala itu masih banyak pohon-pohon karet di sekitar perkemahan).

Selain itu saya akan kontribusi sedikit tentang sejarah kepanduan/pramuka di Indonesia. Sejarah pramuka, sejatinya, memiliki sejarah yang panjang, bahkan jauh sebelum tahun 1961. Garis patah sejarah pramuka Indonesia bermula ketika tahun 1961 Presiden RI, Soekarno coba mengubah ‘mindset’ pramuka Indonesia dengan ‘mindset’ yang baru sebagaimana terus diikuti hingga ini hari. Lantas kapan pramuka di Indonesia dimulai sebelum Soekarno mengubahnya? Ini pertanyaannya. Mari kita telusuri sejarah pramuka sejak era Hindia Belanda.