Laman

Selasa, 31 Januari 2023

Sejarah Surakarta (70): Soerakarta versus Jogjakarta,Masa ke Masa 1755-1955;Selama Apa Rentang Waktu Dua Abad Lamanya?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini 

Soerakarta versus Jogjakarta atau Jogjakarta vis-à-vis Soerakarta. Kota mana yang lebih tua? Jelas yang lebih tua Jogjakarta, karena yang menjadi kota Mataram tempo doeloe. Sebagaimana diketahui Kota Sarakarta (dimana terdapat kraton Soerakarta) yang sekarang bermula di kraton Kartasoera (kota kecamatan Kartosura yang sekarang). Diantara Jogjakarta (Mataram) dan Soerakarta (Kartasoera) terletak Jatinom dan Klaten.


Sama-sama Kerajaan Mataram, Apa Perbedaan Keraton Solo dan Yogyakarta? Soloraya 02 February 2022. Solopos.com, Kira-kira apa perbedaan antara Keraton Solo dengan Yogyakarta? Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta merupakan Kerajaan Mataram terbagi dua berdasarkan Perjanjian Giyanti 13 Februari 1755. Dalam perjanjian disebutkan Kerajaan Mataram terbagi menjadi dua, Kasunanan Surakarta Hadiningrat dipimpin Susuhunan Paku Buwono III dan Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat dipimpin Sultan Hamengku Buwono I. Meski sama-sama Kerajaan Mataram, Keraton Solo dan Yogyakarta ternyata mempunyai perbedaan, apa saja? Melansir situs resmi milik Keraton Yogyakarta, Kratonjogja.id, perbedaan terletak pada cara berpakaian, adat istiadat, bahasa, gamelan, hingga tari-tarian. Perbedaan diatur dalam Perjanjian Jatisari pada 15 Februari 1755. Dalam perjanjian dijelaskan Sultan Hamengku Buwono I memilih untuk melanjutkan tradisi lama budaya Mataram. Keraton Solo sepakat untuk memberikan modifikasi atau menciptakan bentuk budaya baru. Perbedaan Keraton Solo dan Yogyakarta bisa dilihat segi bangunannya, menurut situs Goodnewsfromindonesia.id, bangunan Keraton Yogyakarta terlihat identik dengan Hindu klasik, saat memasuki area ini, banyak ornamen Jawa yang kental. Sedangkan untuk Keraton Solo, ornamen dan patung-patung lebih banyak bergaya Eropa. Perbedaan Keraton Solo dan Yogyakarta juga bisa dilihat dari gamelannya. Yogyakarta sendiri susunan gamelan lebih renggang dan lebar dengan warna lebih cerah. Solo lebih rapat dengan warna cokelat kayu paduan emas. Cara berpakaian antara abdi dalem juga mempunyai perbedaan terletak pada blangkon, surjan, serta beskap. Ciri khas blangkon Keraton Yogyakarta terdapat pada mondolan atau benjolan sebagai tempat gelungan rambut. Hal ini berbeda dengan Keraton Solo mengikuti budaya cukur rambut seperti bangsa Eropa. Sedangkan untuk surjan dan beskapnya, Keraton Yogyakarta lebih bermotif, salah satunya bunga-bunga, seperti yang dipakai Sri Sultan Hamengku Buwono. Untuk beskap yang digunakan abdi dalem Keraton Solo lebih berwarna gelap dan tak bermotif (https://www.solopos.com/)

Lantas bagaimana sejarah Soerakarta versus Jogjakarta, masa ke masa 1755-1955? Seperti disebut di atas, Soerakarta dan Jogjakarta adalah Mataram yang berbagi dua bahkan sejak 1755 namun baru lebih menyatu secara kekeluargaan pada tahun 1955. Selama apa rentang waktu dua abad lamanya? Lalu bagaimana sejarah Soerakarta versus Jogjakarta, masa ke masa 1755-1955? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Surakarta (69): Amir Sjarifoeddin Harahap dan Kota Surakarta; Mengapa Amir Sjarifuddin Dibunuh Orang Bangsa Sendiri?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini 

Amir Sjarifoeddin Harahap dan Kota Soerakarta adalah dua hal yang berbeda. Namun Kota Soerakarta bukan asing bagi Amir Sjarifoeddin Harahap. Mengapa? Yang jelas Amir Sjarifoeddin Harahap adalah seorang aktivis politik sejak usia muda dan pada era perang kemerdekaan Amir Sjarifoeddin Harahap membebaskan Soetan Sjahrir di Soerakarta. Mengapa? Dalam hubungan itulah Kota Soerakarta tidak terpisahkan dengan perjalanan politik Amir Sjarifoeddin Harahap. Namun sangat disayangkan narasi sejarahnya pada masa ini terkesan simpang siur, tidak didukung bukti. 


Amir lahir dari keluarga bangsawan Batak Angkola asal Pasar Matanggor. Kakeknya, Sutan Gunung Tua, seorang jaksa di Tapanuli. Ayahnya, Baginda Soripada, juga seorang jaksa di Medan. Amir lahir dalam keluarga berada dan memiliki tradisi intelektual. Ia melanjutkan pendidikan hukum di Batavia. Selama bersekolah di Belanda, Amir mempelajari filsafat Timur dan Barat. Amir beralih agama Islam ke Kristen tahun 1931, pernah kotbah di gereja HKBP Batavia. Amir pendidikan di ELS di Medan pada tahun 1914 hingga selesai Agustus 1921. Atas undangan saudara sepupunya, T.S.G. Mulia yang baru saja diangkat sebagai anggota Volksraad dan belajar di kota Leiden sejak 1911, Amir pun berangkat ke Leiden. Tak lama setelah kedatangannya dalam kurun waktu 1926-1927 dia menjadi anggota pengurus perhimpunan siswa Gymnasium di Haarlem, selama masa itu pula Amir aktif terlibat dalam diskusi-diskusi kelompok kristen misalnya dalam CSV-op Java yang menjadi cikal bakal GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia). Ia tinggal di rumah guru pemeluk Kristen Calvinis, Dirk Smink, dan di sini juga Mulia menumpang. Namun pada September 1927, sesudah lulus ujian tingkat kedua, Amir kembali ke kampung halaman karena masalah keluarga. Kemudian Amir masuk Rechtshoogeschool te Batavia dengan bantuan beasiswa pemerintah kolonial, dan menumpang di rumah Mulia (sepupunya) yang telah menjabat sebagai direktur sekolah pendidikan guru di Jatinegara. Kemudian Amir pindah ke asrama pelajar Indonesisch Clubgebouw, Kramat 106, ia ditampung oleh senior satu sekolahnya, Mr. Muhammad Yamin. Amir pernah divonis penjara karena dituduh bersalah dalam kasus delik pers pada tahun 1933. Ia nyaris dibuang ke Boven Digoel namun diselamatkan oleh Gunung Mulia dan salah satu gurunya (Wikipedia) 

Lantas bagaimana sejarah Amir Sjarifoeddin Harahap dan Kota Soerakarta? Seperti disebut di atas, Amir Sjarifoeddin Harahap bukan orang biasa, tetapi memiliki banyak peran penting dalam perjalanan bangsa hingga mencapai kemerdekaan. Akan tetap sejarahnya banyak yang tidak terinformasikan, dari narasi yang ada saat ini terkesan simpan siur. Namun yang tetap menjadi pertanyaan mengapa Amir Sjarifoeddin Harahap harus dibunuh oleh orang-orang bangsa sendiri? Lalu bagaimana sejarah Amir Sjarifoeddin Harahap, masa ke masa? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.