Laman

Sabtu, 14 September 2024

Sejarah Sepak Bola Indonesia (31): Peter F Gontha, Soal Naturalisasi Soal Sepak Bola; CL Gontha Dinaturalisasi di Menado 1909


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Sepak Bola Indonesia di blog ini Klik Disini

Apakah salah soal naturalisasi? Soal naturalisasi sudah lama ada, baik di negara Belanda maupun di Indonesia (baca Hindia Belanda). Mengapa hal naturalisasi ini dipersoalkan? Yang jelas kini heboh lagi soal naturalisasi, karena Peter Frans Gontha, yang pernah menjabat sebagai duta besar Indonesia mempertanyakan perihal naturalisasi di tim nasional sepak bola Indonesia. Fakta bahwa soal naturalisasi adalah normal. Dalam sejarah Indonesia sejak era Hindia Belanda sudah banyak pribumi yang dinaturalisasi termasuk Hadjie Agoes Salim dan Dr Abdoel Rivai. Pada tahun 1909 CL Gontha di Manado dinaturalisasi. Siapa CL Gontha? 


Sempat Kritik Soal Pemain Keturunan di Timnas Indonesia, Asal Usul Peter F Gontha Disebut Juga dari Naturalisasi. Galih Priatmojo. Suara.Com. Sabtu, 14 September 2024. Nama Peter F Gontha dua hari terakhir mencuri perhatian setelah menulis kritik pedas soal pemain keturunan. Siapa kira ia ternyata juga memiliki asal usul keluarga yang diduga bagian dari naturalisasi. Melalui akun Instagram pribadinya, Peter F Gontha mendedahkan kritik pedas atas kehadiran para pemain naturalisasi di tubuh Timnas Indonesia. Unggahan itupun memantik beragam komentar dari publik. Nah, dari penelusuran ditemukan satu tulisan yang kemudian mendedah keturunan Peter F Gontha yang disebut memiliki asal usul bagian dari naturalisasi di zamannya. Mengutip tulisan Akhir Matua Harahap, marga Gontha telah dicatat pada tahun 1909, seperti yang tertulis di Het Nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indie. Disebutkan di arsip tersebut, terdapat sejumlah orang Eropa, China, Arab dan pribumi yang dinaturalisasi, salah satu daftar pribumi tersebut yakni GL Gontha di Manado. (https://www.suara.com/news/2024/09/14/121352/sempat-kritik-soal-pemain-keturunan-di-timnas-indonesia-asal-usul-peter-f-gontha-disebut-juga-dari-naturalisasi)

Lantas bagaimana sejarah Peter Frans Gontha dan soal naturalisasi di sepak bola? Seperti disebut di atas naturalisasi adalah hal yang sudah lazim sejak lama. Siapa CL Gontha yang dinaturalisasi di Menado tahun 1909 dan bagaimana dengan keluarga Deij di Hindia Belanda. Lalu bagaimana sejarah Peter Frans Gontha dan soal naturalisasi di sepak bola? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.