Laman

Sabtu, 10 Desember 2022

Sejarah Madura (28): Zending di Madura, Apa Orang Madura Harus Islam? Zending di Tapanuli, Tidak Semua Orang Batak Islam


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Madura dalam blog ini Klik Disini   

Pada era Pemerintah Hindia Belanda terbentu slogan orang Melayu adalah Islam, orang Minangkabau adalah Islam. Di wilayah Semenanjung Malaya sebaliknya semua orang beragama Islam adalah Melayu. Slogan ini tidak muncul di Jawa, di Sunda dan di Tapanuli. Bagaimana dengan di Bali? Seperti halnya di Tanah Melayu, apakah orang Madura harus Islam? Itu adalah satu hal. Dalam hal ini kita sedang mendeskripsikan (kegitan) zending di Tanah Madura. Agama adalah satu hal dan afiliasi kultural (etnik/suku) adalah hal lain lagi.


Kegiatan zending di Madura berawal abad ke-19 seorang penduduk pulau Jawa keturunan Madura, Tosari menjadi Kristen (1843). Tosari coba menyebarkan Kristen ke Madura, namun orang Madura tidak menerimanya. Beberapa tahun kemudian ia dijunjung tinggi sebagai salah seorang pendekar gereja Jawa, dengan nama kehormatan Kiyai Paulus Tosari. Salah seorang utusan misionaris dari negeri Belanda yang beroperasi di Jawa Timur pada masa Paulus Tosari adalah Samuel Harthoorn. Pada tahun 1864 Harthoorn dan istrinya mulai menetap di Pamekasan di Madura. Selama empat tahun di Madura usahanya gagal dan terhenti setelah terjadi tragedi tahun 1868. Ketika Pendeta Harthoorn sedang keluar kota, segerombolan orang Madura di Pamekasan mengepung rumahnya dan membunuh istrinya. Setelah peristiwa yang begitu mengerikan itu, Harthoorn hengkang membawa trauma dan dukanya meninggalkan Madura selama-lamanya. Selanjutnyua datang JP Esser, pendeta muda yang pandai, belajar teologia dan memperdalam bahasa Madura sampai mencapai gelar doctor dan memasuki pulau Madura 1880. Misinya gagal, dan menetap di Bondowoso, lalu pindah ke Sumberpakem, yang penduduknya banyak suku Madura dan Dr Esser membabtis seorang Madura, Ebing 23 Juli 1882. Dialah orang Madura pertama yang memeluk agama Kristen.  Pada tahun 1886, Dr. Esser menyelesaikan terjemahan seluruh Kitab Perjanjian Baru ke dalam bahasa Madura namun tidak terbit karena Esser meninggal umur 37 tahun. Pada tahun 1889, seorang pendeta muda H van der Spiegel, berangkat ke Jawa Timur untuk meneruskan misi mendiang Esser yang kemudian sebuah tragedi terjadi di Madura, gereja Ebing dibakar massa. Lalu seorang rekan sekerja Spiegel, pendeta F Shelfhorst sejak tahun 1912 dan keluarganya tinggal di Kangean Madura. Usaha Shelfhorst gagal. Penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa Madura baru selesai 1994 oleh Cicilia Jeanne d’Arc Hasaniah Waluyo, dengan judul “Alketab E Dhalem Basa Madura (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah zending di Madura, apakah orang Madura harus Islam? Seperti disebut di atas kegiatan zending pernah di pulau Madura, tetapi dapat dikatakan terbilang gagal. Apakah ini juga karena ada slogan seperti di tempat lain, orang Madura harus Islam? Sementara itu zending di Tapanuli dapat dikatakan terbilang berhasil dan itu menyebabkan tidak semua orang Batak beragama Islam. Lalu bagaimana sejarah zending di Madura, apakah orang Madura harus Islam? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Madura (27): Pasukan Madura Era Pemerintah HindiaBelanda;Pasukan Pribumi Pendukung Militer pada Era VOC/Belanda


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Madura dalam blog ini Klik Disini  

Jauh sebelum terbentuk pasukan Madura, sudah sejak era VOC/Belanda ada pasukan pribumi pendukung militer VOC. Pasukan pribumi ini antara lain berasal dari Ambonia, Ternate, Banda, Boeton, Makssar/Boegis. Sementara itu militer VOC didatangkan dari berbagai negara yang terikat kontrak seperti dari Belanda sendiri, Prancis dan Jerman. Pasukan pribumi yang berasal dari berbagai wilayah atas dasar inisiatif para pemimpin local atau didukung oleh para raja-raja. Pasukan Madura mulai muncul pada awal Pemerintah Hindia Belanda.


Korps Barisan Madura adalah satu kesatuan militer pada era Pemeirntah Hindia Belanda antara tahun 1831 dan 1929. Kesatuan ini terdiri dari orang suku Madura. Bangkalan adalah basis utama pasukan. Pada awalnya kesatuan ini di bentuk sebagai pembebasan pembayaran pajak oleh penguasa Madura kepada pemerintah kolonial. Perannya cukup dominan dalam setiap peperangan yang terjadi di Hindia. Ketika pemerintah kolonial Belanda berhasil mereorganisasi berbagai kerajaan di wilayah Madura, barisan ini tetap dipertahankan. Pada tahun 1891 ditetapkan sebagai Korps Barisan Madura di bawah kontrol langsung Pemerintah Hindia Belanda. Pada strata sosial militer pada saat itu, prajurit barisan dianggap sebagai abdi. Sedangkan jabatan perwira sampai letnan disebut mantri-mantri barisan. Untuk mantri akan mendapat imbalan desa percaton dengan tambahan keuntungan-keuntungan dari berbagai pelayanan tetap. Abdi barisan akan mendapat sawah percaton dan upah. Orang Madura meskipun agresif, tapi tidak senang berdinas militer seperti yang diharapkan Belanda. Perekrutan tentara kolonial banyak yang menemui jalan buntu meskipun telah diiming-imingi berbagai janji dan harta benda. Perbedaan yang mencolok antara barisan dan prajurit lain adalah boleh tinggal di rumah bersama keluarga dan kegiatan latihan pun tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari untuk bertani. Setelah barisan dibentuk pada tahun 1831, barisan menjadi tradisi mengakar pada tiga kerajaan dan dapat dijadikan sarana untuk melanggengkan kekuasaan bangsawan. Dalam barisan terdapat tiga korps atau kesatuan, yaitu korps barisan Sumenep, korps barisan Pamekasan, dan korps barisan Bangkalan. Ketiga barisan ini berada pada pengawasan langsung Gubernur Jawa Timur. Setiap korps terdiri dari infanteris yang dipimpin langsung oleh perwira Madura sendiri (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah pasukan Madura era Pemerintah Hindia Belanda? Seperti disebut di atas, itu baru muncul pada awal era Pemerintah Hindia Belanda sebagai kelanjutan yang pernah ada sejak era VOC/Belanda. Semua itu muncul karena bersifat situasional. Lalu bagaimana sejarah pasukan Madura era Pemerintah Hindia Belanda? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.