Senin, 10 April 2023

Sejarah Banyumas (33): Wilayah Ayah dan Buayan, Adakah Suatu Pulau Zaman Kuno? Geomorfologi Kebumen Pantai Selatan Jawa


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Nama kecamatan disebut Ayah dan Buayah/Buayan tentu saja biasa-biasa saja. Yang jelas ada ayah dan ibu-ayah. Dua kecamatan ini berada di wilayah kabupaten Kebumen yang berbatasan dengan kabupaten Cilacap di wilayah pesisir. Dua kecamatan ini memiliki ketinggian tertentu relative dengan kecamatan lain di wilayah pesisir kabupaten Kebumen dan kabupaten Cilacap. Pertanyaannya adalah apakah wilayah dua kecamatan ini di masa lampau sebagai suatu pulau atau tanjung? Lalu, jika itu adalah suatu pulau/tanjung, bagaimana sejarah awal wilayah Kebumen?


Ayah adalah sebuah kecamatan di kabupaten Kebumen, Pusat pemerintan kecamatan di desa Ayah. Nama desa lainnya Argopeni, Argosari, Banjararjo, Bulurejo, Candirenggo, Demangsari, Jatijajar, Jintung, Kalibangkang, Kalipoh, Karangduwur, Kedungweru, Mangunweni, Pasir, Srati, Tlogosari dan Watukeli. Batas-batas wilayah sebelah barat: kabupaten Cilacap, sebelah timur: kecamatan Buayan, sebelah utara: kecamatan Rowokele, sebelah selatan samudra Hindia. Kecamatan Ayah memiliki kondisi geografi berupa rangkaian perbukitan karst yang merupakan bagian dari Kawasan Karst Gombong Selatan. Ketinggian rata-rata kecamatan Ayah adalah 335 M dpl. Puncak tertingginya adalah Bukit Duwur yang memiliki ketinggian 452 M berada di perbatasan Desa Watukelir dengan kecamatan Buayan. Sungai terbesar di wilayah ini yakni Sungai Ijo, sungai Pecaron, sungai Watugemulung, sungai Tlogo, sungai Jemenar, sungai Nutusatutub, sungai Kaligalang, sungai Dempel, sungai Kaliputri, sungai Kemusuk, sungai Tuk, sungai Kalipoh dan sungai Suwuk. Penggunaan lahan di kecamatan Ayah umumnya digunakan sebagai lahan persawahan di dataran rendah atau disepanjang alur sungai. Hutan kayu tahunan berada di lahan berkontur perbukitan. Sebagian lahan sawah berada dibagian barat wilayah ini atau ditimur sungai Ijo. (Wikipedia).

Lantas bagaimana sejarah wilayah Ayah dan Buayah/Buayan, suatu pulau di zaman kuno? Seperri disebut di atas, dua wilayah kecamatan ini memiliki ketinggian tertentu relative dengan yang lain di kabupaten Kebukmen dan kabupaten Cilacap. Dalam hal ini bagaimana geomorfologis pantai selatan Jawa di wilayah Kebumen? Lalu bagaimana sejarah wilayah Ayah dan Buayah/Buayan, suatu pulau di zaman kuno? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Wilayah Ayah dan Buayan, Adakah Suatu Pulau di Zaman Kuno? Geomorfologis Pantai Selatan Jawa di Kebumen

Untuk memahami sejarah awal kecamatan Ayah, yang pertama ada baiknya memperhatikan Peta 1734. Dalam peta ini disebut negorij Gnaya, suatu kampong terawal diantara sungai dan perbukitan. Nama Gnaya ini kini diduga yang menjadi nama desa Ayah, sungai tersebut adalah sungai Djetis (kini sungai) Ijo dan perbukitan itu adalah perbukitan dengan bukitnya yang tertinggi bukit Duwur (452 M). Di sisi timur perbukitan terdapat teluk berpasir dan suatu kampong. Kampong ini diduga kini adalah desa Karang Bolong.


Negery Gnaya ini diduga tidak jauh dari pantai, tetapi desa Ayah kini jauh di pedalaman. Demikian juga, kampong Karang Bolong masa itu berada di sisi dalam teluk, tetapi kini desa Karang Bolong jauh agak ke dalam. Masih dalam Peta 1724 di sebelah timur perbukita di pesisir diidentifikasi satu ketinggian (perbukitan) dengan hutan dan di sebelah timurnya lagi satu ketinggi (bukit) dengan hutan. Perbukitan dengan hutan ini diduga kawasan Petanahan yang sekarang, sedangkan bukit dengan hutan diduga kawasan Ambal.

Satu abad kemudian, kampong Karangbolong diidentifikasi sudah bereda jauh di belakang pantai. Sementara itu kampong Aya (Gnaya) masih tetap berada dekat pantai (lihat Peta 1817). Pada peta tersebut di sebelah timur laut kampong Karang Bolong satu kampong Namanya Wolon (diduga kini menjadi Weton). Di sebelah timur diidentifikasi nama kampong Ambal (di pantai). Diantara Ambal dan Wolon jauh di belakang pantai diidentifikasi nama kampong Wedi (diduga kini desa Klegenwonosari kecamatan Klirong). Kampong Wedi ini berada di sisi barat sungai (sungai yang berhulu/melalui kampong Panjer).


Masih dalam Peta 1817 ini, di sebelah barat kampong Panjer diidentifikasi nama kampong Romo (dalam sumber lain adakalanya disebut Roma). Pada masa ini kamonhg Panjer ini dikenal sebagai Kebumen dan kamponhg Romo adalah sebagai Karanganyar.

Tunggu deskripsi lengkapnya

Geomorfologis Pantai Selatan Jawa di Kebumen: Pulau Solok dan Pulau Nusa Kambangan di Wilayah Cilacap

Tunggu deskripsi lengkapnya

 

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur. Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar