Sabtu, 21 Januari 2023

Sejarah Surakarta (50): Surat Kabar Nieuwe Vorstenlanden di Soerakarta; Koran Bahasa Belanda Sumatraasch Nieuwsblad di Padang


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini

Apa itu surat kabar Nieuwe Vorstenlanden di Soerakarta? Siapa yang peduli? Nieuwe Vorstenlanden adalah suatu surat kabar investasi Eropa/Belanda berbahasa Belanda yang diterbitkan di Soerakarta pada era Pemerintah Hindia Belanda. Surat kabar ini cukup lama bertahan yang merupakan koran utama berbahasa Belanda di Soerakarta. Tentu saja investasi Eropa/Belanda juga merambah surat kabar berbahasa Melayu dan berbahasa Jawa seperti Bromartani. Pada tahun 1905 di Padang surat kabar berbahasa Belanda Sumatraasch Nieuwsblad diakuisisi Haji Saleh Harahap gelar Dja Endar Moeda (pemilik surat kabar berbahasa Melayu, Pertja Barat).


De vorstenlanden waren in Nederlands-Indië vier na de kolonisatie overgebleven inheemse rijken in het midden van Java. De vorsten van deze staatjes waren formeel "zelfregeerder" maar hun politieke macht was door verdragen en akkoorden sterk ingeperkt. Het Koninkrijk der Nederlanden was hun suzerein. In de 20e eeuw waren. Het soenanaat Soerakarta met 1.704.201 inwoners; Het sultanaat Jogjakarta met 1.399.351 inwoners; Het vorstendom Pakoealaman met 112.005 inwoners; Het vorstendom Mangkoenegaran (Mangkoe-Negoro) met 908.318 inwoners. De vorstenlanden ontstonden in de loop van de 18e en vroeg-19e eeuw na burgeroorlogen en successieoorlogen binnen de Javaanse adel en waren de opvolgers van het Rijk van Mataram. Ze waren dichtbevolkt en er werd veel rijst verbouwd. Er waren twee Solose vorsten de soesoehoenan van Soerakarta (Solo) en de Mangkoenegara van het gebied Mangkoenegaran en twee Djokjase vorsten: de Hamengkoeboewono of sultan van Djokjakarta, en de Pakoe Alam van Pakoealaman. De soesoehoenan van Soerakarta was de eerste opvolger in rechte lijn, de overige drie vorsten vertegenwoordigden zijlijnen (broer of neef). De vier vorsten erkenden het Nederlands oppergezag, daar de laatste soesoehoenan van het huis van Mataram (Pakoe Boewono II) in 1749 zijn erfrecht aan de Verenigde Oost-Indische Compagnie (V.O.C.) had afgestaan. Voor de vier vorsten gold de landvoogd of gouverneur-generaal van Nederlands-Indië als "Grootvader", terwijl deze hen omgekeerd als "Kleinkinderen" betitelde. De vorstenstaten hadden geen jurisdictie over de Europese inwoners en de Oosterlingen zoals Chinezen, zij vielen als landsonderhorigen onder het gezag en de rechtsmacht van Nederlands-Indië. Naast de vorst stond de Nederlandse rijksbestuurder of pepatik dalem die de feitelijke macht uitoefende (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah surat kabar Nieuwe Vorstenlanden di Soerakarta? Seperti disebut di atas, koran ini berbahasa Belanda yang diterbitkan di Soerakarta oleh investor Eropa/Belanda. Tentu saja ada juga pribumi yang berinvestasi dalam surat kabar berbahasa Belanda. Lalu bagaimana sejarah surat kabar Nieuwe Vorstenlanden di Soerakarta? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Surakarta (49): Lapangan Terbang di Surakarta Bermula 1938;Mengapa Lapangan Terbang di Soerakarta Telat Dibangun?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini

Jauh sebelum ada lapangan terbang dibangun di (wilayah) Soerakarta, Soesoehoenan sudah pernah naik pesawat, tetapi di tempat lain. Lapangan terbang fase awal dibangun di wilayah Jawa berada di Tjililitan, Kalidjati dan Andir. Setelah itu baru diperluas ke Semarang dan Gresik. Lantas mengapa tidak ada gagasan yang muncul untuk membangunnya di Soerakarta? 


Bandar Udara Internasional Adisumarmo adalah bandar udara yang terletak di kabupaten Boyolali. Bandar udara ini berlokasi sekitar 14 km di utara Kota Surakarta. Bandara ini dulu bernama Pangkalan Udara (Lanud) Panasan, karena terletak di kawasan Panasan. Bandara ini dibangun pertama kali pada tahun 1940 oleh Pemerintah Belanda sebagai lapangan terbang darurat. Ketika bala tentara Jepang masuk ke Indonesia bandara tersebut sempat dihancurkan oleh Belanda namun dibangun lagi oleh Pemerintah Jepang pada tahun 1942 sebagai basis militer penerbangan angkatan laut (Kaigun Bokusha). Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia penyelenggaraan bandara dilaksanakan oleh “Penerbangan Surakarta” yang diresmikan pada tanggal 6 Februari 1946. Pada tanggal 1 Mei 1946, Penerbangan Surakarta sejak berubah menjadi “Pangkalan Udara Panasan” yang hanya diperuntukkan penerbangan militer. Pangkalan udara tersebut pertama kali digunakan secara resmi untuk penerbangan komersial pada tanggal 23 April 1974 yang dilayani oleh Garuda Indonesia dengan rute Jakarta-Kemayoran-Solo & Solo-Jakarta-Kemayoran dengan frekuensi 3-kali seminggu. Pada tanggal 25 Juli 1977, “Pangkalan Udara Panasan” berubah nama menjadi “Pangkalan Udara Utama Adi Sumarmo” yang diambil dari nama Adisumarmo Wiryokusumo, adik dari Agustinus Adisucipto (Wikipedia). 

Lantas bagaimana sejarah lapangan terbang di Soerakarta, bermula 1938? Seperti disebut di atas, lapangan terdekat dari wilayah Soerakarta bermula di Semarang. Namun pada akhirnya dibangun di Jogjakarta di Magoewo. Bagaimana dengan di Soerakarta? Lalu bagaimana sejarah lapangan terbang di Soerakarta, bermula 1938? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.