Jumat, 24 Februari 2023

Sejarah Malang (5): Gemeente Kota Malang dan Gemeenteraad; Peta Dewan di Hindia Belanda dan Burgemeester MCH Anderman


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Malang dalam blog ini Klik Disini

Wilayah Malang, dalam sejarah berpusat di kota (gemeente) Malang. Ini mirip wilayah Soerabaja berpusat di kota (gemeente) Soerabaja. Seiring dengan pembentukan provinsi di (pulau) Jawa pada tahun 1921 yang terdiri dari provice West Java, Midden Java dan Oost Java. Ibu kota province ditetapkan di Batavia, province Midden Java di Semarang dan provinsi Oost Java di Soerabaja. Dalam konteks ini gubernur province Oost Java di Soerabaja. Sementara di berbagai kota terdapat Residen, Asisten Residen dan wali kota (Burgemeester), dimana dalam hal ini burgemeester Malang di Malang yang didukung dewan kota (gemeenteraad).


Daftar wali kota masa ke masa di Kota Malang. 1919-1929 HI Bussemaker; 1929-1933 Ir. Voorneman; 1933-1936 Ir. Lakemar; 1936-1942 JH Boerstra; 1942-1945; caretaker IRAA. Sam dan Mr. Soewarso Tirtowijogo; 1945-1958 M. Sardjono Wiryohardjono; 1958-1966 Koesno Soeroatmodjo; 1966-1968 Kol. M. Ng Soedarto (caretaker); 1968-1973 Kol. R. Indra Soedarmadji; 1973-1983 Kol. Soegiyono; 1983-1983; Drs. Soeprapto; 1983-1988 dr. H Tom Uripan N, SH; 1988-1998 H. M. Soesamto; 1998-2003 Kol. Inf. H Suyitno; 2003-2013 Drs. Peni Suparto, MAP; 2013-2018 H. Moch. Anton; 2018-sekarang Drs H Sutiaji (https://malangkota.go.id/)

Lantas bagaimana sejarah gemeente (kota) Malang dan dewan kota (Gemeenteraad) Malang? Seperti disebut di atas, kota Malang menjadi tempat paling penting dan paling strategis di wilayah Malang. Dalam hal ini posisi wali kota (burgemeester) dan dewan kota (gemeenteraad) menjadi penting. Lalu bagaimana sejarah gemeente (kota) Malang dan dewan kota (Gemeenteraad) Malang? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Gemeente Kota Malang dan Gemeenteraad; Peta Dewan di Hindia Belanda dan Burgemeester MCH Anderman di Malang

Terminologi gemeente sudah lama eksis di Belanda. Populasi penduduk di wilayah Belanda yang cenderung urban, maka pemerintahan komuniti terbentuk dimana-mana yakni pemerintahan kota yang mandiri (membangun sendiri, membiayai sendiri). Di Hindia Belanda, sudah mulai diintroduksi terminology gemeente ini di lingkuangan para misionaris seperti yang diterapkan di pusat zending di Depok. Meski setara desa, gemeente Depok memiliki dan menyusun system pemerintahan sendiri.


Medan yang sebelumnya masih kampong kecil, segera rumbuh menjadi wilayah urban. Hal ini karena Medan telah beberapa waktu menjadi pusar para pekebun (planter) di wilayah Deli, Serdang dan Langkat. Meski Medan hanya sebagai kota baru, yang masih seumur jagung, tetapi perkembangannya sangat pesat. Pertumbuhan investor yang tinggi di Medan, maka dengan sendirinya ibukota afdeeling yang sebelumnya di Laboehan (Deli) direlokasi ke Medan. Tidak hanya itu, status kota Medan ditingkatkan dari setingkat ibukota afdeeling (dimana Asisten Residen berkedudukan) menjadi ibukota resident (residen relokasi dari Bengkalis ke Medan tahun 1887). Medan yang terus berkembang dan telah berwajah kota Eropa, lalu pada tahun 1890 dibentuk Fond, suatu komisi (semacam dewan) diantara para penghuni kota yang berusaha menghimpun dana untuk membantu pemerintah dalam membangun dan menata kota. Anggota (gemeente) Fond ini terdiri dari para swasta, termasuk dalam hal ini para pemimpin Cina dan pejabat di kesultanan Deli. Fond ini masih terus aktif hingga muncul gagasan pemerintah di Batavia untuk mendirikan Gemeente Batavia pada tahun 1901.  

Gemeente (Kota) pertama di Hindia Belanda dibentuk pada tahun 1901 di Batavia. Gemeente ini dipimpin langsung Residen Batavia. Residen sendiri yang membawahi sejumlah Asisten Residen dan Controleur (Schout) di Residentie Batavia mendapat tugas tambahan dengan terbentuknya pemerintahan baru setingkat gemeente. Perbedaan gemeete (kota) dengan gewest (kabupaten) terletak pada adanya dewan di dalam gemeente (gemeenteraad). Seperti di Medan, anggota dewan ini terdiri dari para swasta dan termasuk perwakilan pemerintah.

Tunggu deskripsi lengkapnya

Peta Dewan di Hindia Belanda dan Burgemeester MCH Anderman di Malang: Wali Kota Malang Masa ke Masa

Tunggu deskripsi lengkapnya

 

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur..Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar