Kamis, 26 Januari 2023

Sejarah Surakarta (60): Persatuan Djoernalis Indonesia (PERDI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI); Hari Pers dan Bapak Pers


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini  

Pada masa ini disebut PWI berdiri pada 9 Februari 1946 dan tanggal itu menjadi hari pers nasional. Bagaimana bisa? Sebab PWI adalah satu hal dan pers nasional adalah hal lain lagi. Pers nasional Indonesia sudah lahir pada era Pemerintah Hindia Belanda yang diberi nama Persatoean Djoernalistik Indonesia (PERDI). Apakah tidak lebih tepat jika hari ulang tahun pers nasional merujuk pada eksistensi PERDI? Bagaimana dengan Bapak Pers Tirto Adhi Soerjo dan mengapa tidak inline dengan hari pers? Yang jelas fakta sejarah berbeda dengan propaganda sejarah.


Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) adalah organisasi wartawan pertama di Indonesia, berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta (tanggal tersebut ditetapkan tahun 1985 sebagai Hari Pers Nasional). PWI beranggotakan wartawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini PWI dipimpin oleh Atal Sembiring Depari. Berdirinya PWI menjadi awal perjuangan Indonesia dalam menentang kolonialisme di Indonesia melalui media dan tulisan. Setelah berdirinya PWI, didirikan Serikat Penerbit Suratkabar atau SPS 8 Juni 1946 (menjadi Serikat Perusahaan Pers sejak 2011). Karena jarak waktu pendiriannya yang berdekatan dan memiliki latar belakang sejarah yang serupa, PWI dan SPS diibaratkan sebagai "kembar siam" dalam dunia jurnalistik. Sebelum didirikan, PWI membentuk sebuah panitia persiapan dibentuk tanggal 9-10 Februari 1946 di balai pertemuan Sono Suko, Surakarta, Pertemuan itu dihadiri oleh beragam wartawan. Pertemuan tersebut menghasilkan dua keputusan, diantaranya adalah: Disetujui membentuk organisasi wartawan Indonesia dengan nama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yang diketuai oleh Mr. Sumanang Surjowinoto dengan sekretaris Sudarjo Tjokrosisworo. Disetujui membentuk sebuah komisi beranggotakan: Sjamsuddin Sutan Makmur (Harian Rakyat Jakarta), BM Diah (Harian Merdeka, Jakarta). Abdul Rachmat Nasution (kantor berita Antara, Jakarta). Ronggodanukusumo (Suara Rakyat, Mojokerto), Mohammad Kurdie (Suara Merdeka, Tasikmalaya). Bambang Suprapto (Penghela Rakyat, Magelang). Sudjono (Surat Kabar Berjuang, Malang), Suprijo Djojosupadmo (Surat Kabar Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta). Komisi beranggotakan 10 orang tersebut “Panitia Usaha”, tiga minggu kemudian, mengadakan pertemuan kembali di Surakarta bertepatan dengan sidang Komite Nasional Indonesia Pusat (28 Februari hingga Maret 1946). Dari pertemuan itulah disepakati didirikannya Serikat Perusahaan Suratkabar dalam rangka mengkoordinasikan persatuan pengusaha surat kabar yang pendirinya merupakan pendiri PWI (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah Persatoean Djoernalistik Indonesia (PERDI) dan Persatoean Wartawan Indonesia (PWI)? Seperti disebut di atas, hari pers nasional merujuk pada kelahiran (hari lahir) PWI, tetapi fakta pers nasional (yang diwakili PERDI) sudah ada jauh sebelum itu. Hari PWI adalah satu hal, hari pers tentu lain lagi dan tentu saja bapak pers lain pula. Lalu bagaimana sejarah Persatoean Djoernalistik Indonesia (PERDI) dan Persatoean Wartawan Indonesia (PWI)? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Surakarta (59): Radio dan RRI di Soerakarta; Jenis Program Musik, Berita, Laporan Pandangan Mata dan Cerbung


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini 

Sejarah radio dan sejarah RRI adalah sejarah yang berbeda. Seperti halnya sebelum itu tentang telegraf, radio adalah teknologi komunikasi lebih lanjut. Telegraaf di Hindia Belanda sejak 1850an, tetapi radio baru berkembang kemudian. Radio pada akhirnya bersifat massal dengan ditemukannnya teknologi antenna. Pada era Pemerintah Hindia Belanda radio adalah sarana komunikasi massa, seperti halnya surat kabar. Radion menjadi bagian penting dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, dimana Sakti Alamsjah Siregar menyiarkan teks proklamasi melalui Radio Bandoeng. 


RRI Surakarta Dirikan Museum Penyiaran. Rabu, 11 September 2013. Tempo.co. Bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-68 Radio Republik Indonesia (RRI), RRI Surakarta meresmikan pendirian Museum Penyiaran, Rabu, 11 September 2013. Museum tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara VII, yang membentuk Solose Radio Vereniging (SRV) pada 1 April 1933. SRV adalah cikal bakal dari RRI Surakarta sekarang ini. "Apalagi tanah dan bangunan yang ditempati RRI Surakarta saat ini adalah peninggalan SRV," kata Kepala RRI Surakarta, Santoso, saat peresmian Museum Penyiaran. Museum Penyiaran di RRI Surakarta diharapkan dapat memelihara memori masyarakat tentang sejarah RRI Surakarta dan penyiaran di Indonesia. Selain itu agar generasi muda bisa mengetahui berbagai perangkat penyiaran sejak zaman dulu. Museum Penyiaran berada di kompleks RRI Surakarta di Jalan Abdul Rachman Saleh Nomor 51. Letaknya di lantai dua auditorium RRI dengan menempati ruangan yang panjangnya 14 M dan lebar 4,8 M. Benda yang dipajang di museum, seperti radio receiver merek Phillip buatan Belanda tahun 1948, alat perekam yang menggunakan pita reel buatan Belanda pada 1948, pemutar piringan hitam buatan 1948 dari Inggris, alat ukur peralatan studio siaran buatan Jerman pada 1976, dan alat mengukur distorsi peralatan studio siaran buatan Inggris pada 1976. Koleksi lainnya yaitu piringan hitam, kaset siaran, alat pencampur suara atau mixer buatan Jerman pada 1980, dan pemancar radio buatan Indonesia pada 1970. (https://nasional.tempo.co)

Lantas bagaimana sejarah radio dan RRI di Surakarta dan berbagai jenis program? Seperti disebut di atas, tentu saja sebelum ada televisi, radio adalah sarana komunikasi yang paling efektif untuk jangkauan yang luas dalam tempo sesingkat-singkatnya. Siaran radio meliputi programa nyanyian dan musik, berita dan laporan pandangan mata. Tentu saja ada Cerbung (cerita bersambung). Lalu bagaimana sejarah radio dan RRI di Surakarta dan berbagai jenis program? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Rabu, 25 Januari 2023

Sejarah Surakarta (58): Teosofi di Surakarta, Asal Usul Gedung Theosofie; Freemason di Batavia - Para Teosofi Era Hindia Belanda


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini

Ada Freemason ada Theosofi. Itu cukup berkembang pada era Pemerintah Hindia Belanda. Freemason ada Theosofi mulai eksis di Batavia, tetapi dalam perkembangannya meluas hingga ke berbagai tempat termasuk di Soerakarta. Ap aitu Freemason dan ap aitu Theosofi? Itu satu hal. Dalam hal ini bagaimana sejarah teosofi di Soerakarta.


Teosofi adalah filsafat keagamaan dibentuk di Amerika Serikat tahun 1875 oleh pendatang Rusia Helena Blavatsky. Teosofi merupakan pandangan semua agama merupakan upaya Occult Brotherhood agar manusia mencapai kesempurnaan, sehingga setiap agama mempunyai kepingan kebenaran. Ajaran teosofi dituangkan dalam tulisan-tulisan Blavatsky. Kepercayaan ini dianggap sebagai salah satu bentuk Esoterisme Barat oleh ahli agama. Filsafatnya terinspirasi dari filsuf-filsuf kuno Eropa dan agama-agama Asia seperti Hindu dan Buddha. Helena Petrovna Blavatsky (1831–1891), Henry Steel Olcott (1832–1907), dan William Quan Judge (1851–1896), mendirikan Masyarakat Teosofi di New York City pada tahun 1875. Oleh Blavatsky, teosofi memandang bahwa terdapat para ahli spiritual kuno dan rahasia berpusat di Tibet. Para ahli ini dianggap telah memupuk kebijaksanaan dan kekuatan paranormal, dan para penganut teosofi percaya bahwa merekalah yang memulai pergerakan teosofi modern dengan memberikan pengajaran kepada Blavatsky. Mereka mencoba memulihkan kembali pengetahuan agama-agama kuno, namun para penganut teosofi tidak menganggap kepercayaan mereka sebagai "agama". Mereka berkhotbah mengenai keberadaan sesuatu yang Absolut yang tunggal dan ilahi. Alam semesta dianggap sebagai refleksi Absolut dari luar. Teosofi mengajarkan bahwa tujuan kehidupan manusia adalah pembebasan secara spiritual dan manusia akan mengalami reinkarnasi setelah meninggal sesuai dengan karma mereka (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah teosofi di Surakarta dan asal usul gedung theosofie? Seperti disebut di atas, ada Freemason dan ada Theosofie, keduanya berkembang pada era Pemerintah Hindia Belanda. Lalu bagaimana sejarah teosofi di Surakarta dan asal usul gedung theosofie? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Surakarta (57): Wayang, Opera dan Konser Musik di Surakarta; Sanoesi Pane hingga Seni Pentas Modern Ruang Terbuka


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini 

Sejak kapan ada (pertunjukan) wayang? Tentu saja sudah sejak lama. Wayang adalah seni tradisi (yang umumnya di Jawa) yang umunya didasarkan pada kisah-kisah klasik yang yang berasal dari era Hindoe Boendha yang terus dikembangkan hingga menemukan bentuknya dalam bentuk variasi. Sementara itu, seni pertunjukan yang berasal dari luar seperti opera yang kemudian disusul konser music menambah ragam seni pertunjukan bagi penduduk. Salah satu tokoh non-Jawa dalam pengembangan seni pertunjukkan tradisi dalam bentuk operasi adalah seorang Batak Sanoesi Pane.


Wayang Orang Sriwedari, Tradisi Lama yang Tak Lekang Waktu. March 3, 2022. Wayang orang merupakan pertunjukan berupa teater tradisional Jawa. Bentuknya, gabungan seni drama berkembang dalam budaya Barat dan pertunjukan wayang eksis dalam kebudayaan Jawa, pembawaannya tidak lagi dengan boneka atau peraga wayang kulit, melainkan diperankan oleh orang yang dirias sedemikian rupa sehingga mirip dengan tokoh-tokoh wayang. Kostum yang dikenakan juga persis dengan tokoh pewayangan. Cerita yang dibawakan memuat kisah-kisah pewayangan dari Mahabharata maupun Ramayana. Sesekali, ditampilkan pula tokoh Punakawan untuk mencairkan cerita sebagai penggambaran kawulo alit. Di Kota Solo, Wayang Orang Sriwedari menjadi salah satu tradisi tersohor dan masih terjaga hingga saat ini. Berdiri pada tahun 1911, oleh para penggiat budaya Kota Solo, pertunjukan komersialnya dimulai tahun 1922. Perkembangan Wayang Orang Sriwedari di tengah masyarakat semakin populer dengan munculnya siaran di Solosche Radio Vereeniging. Sejak saat itu, Wayang Orang Sriwedari tambah digandrungi warga Solo. Mulanya, Wayang Orang Sriwedari diadakan di komplek Pura Mangkunegaran. Tetapi, krisis ekonomi terjadi pada tahun 1896, sepeninggal Mangkunegaran V yang wafat, aibatnya, para pemain wayang banyak dirumahkan, namun pertunjukan wayang orang tetap dilakukan, dengan keliling dari kampung ke kampung, hingga raja memberi perintah agar Wayang Orang Sriwedari, ditempatkan di Taman Sriwedari. Bangunan ini dibangun pada era Pakubuwana X. Pembangunan Gedung Wayang Orang Sriwedari terus dilakukan, pada tahun 1928-1930 dibangun gedung permanen menampung sekitar 500 penonton (https://surakarta.go.id/)

Lantas bagaimana sejarah wayang, opera dan konser musik di Surakarta? Seperti disebut di atas, Ketika seni pertunjukkan modern muncul, seni pertunjukkan tradisi terus eksis seperti wayang, bahkan hingga ini hari. Dalam hubungan ini bagaimana peran Sanoesi Pane dalam pengembangan seni tradisi hingga seni pentas modern di ruang terbuka. Lalu bagaimana sejarah wayang, opera dan konser musik di Surakarta? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Selasa, 24 Januari 2023

Sejarah Surakarta (56): Hiburan - Rekreasi; Balapan, Klub, Hotel, Situs-Situs Eksotik, Sepakbola, Kolam Renang, Teater, Bioskop


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini

Hiburan dsan rekreasi tempoe doeloe tentu saja dapat berberda dengan masa kini. Kebutuhan hiburan dan rekreasi semasa Pemerintah Hindia Belanda sudah ada namun masih sangat terbatas. Akan tetapi hiburan dan rekreasi tempo doeloe memiliki garis continuum ke masa kini. Balapan (race) dan (berbagai kegiatan di) klub serta ketersediaan penginapan (pesanggrahan/logement/hotel) adalah sarana pertama hiburan dan rekreasi, baik orang Eropa/Belanda, Cina maupun pribumi. Keberadaan situs-situs eksotik mengundang minat para wisatawan. Permainan sepakbola dan ketersediaan kolam renang semakin menambah variasi hibiran dan rekreasi yang kemudian berkembang teater dan bioskop.


Tujuh Destinasi Wisata Sejarah di Solo yang Wajib Dikunjungi. 7 Desember 2021. SoloposFM.com. Kota Solo kental tradisi dan budaya Jawa. Kota penuh sejarah dan dulunya merupakan pusat kerajaan Mataram. Berikut 7 tempat wisata sejarah di Solo. (1) Keraton Surakarta Hadiningrat, di Baluwarti, Pasar Kliwon, menyimpan banyak sejarah. Terdapat museum koleksi peninggalan Kasunanan, seperti benda antic, senjata pusaka, gamelan, hingga perlengkapan kraton. (2) Benteng Vasternburg, di kawasan Gladak, peninggalan Belanda, arsitekturnya dengan nuansa Eropa, dulu merupakan garnisun pasukan Belanda. (3) Museum Keris Nusantara, di Laweyan, kental nuansa Jawa dan memiliki koleksi lebih dari 400 keris, selain keris, juga memamerkan senjata tradisional, dari berbagai daerah di Indonesia. (4) Taman Sriwedari, di jalan Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, taman hiburan rakyat sudah ada sejak puluhan tahun lalu, dulu kawasan tempat diselenggarakannya tradisi hiburan malam Selikuran sejak era Pakubuwono X. (5) Museum Radya Pustaka, memiliki koleksi berbagai arca, pusaka adat, wayang kulit, alat tenun tradisional, gamelan dan berbagai buku kuno. Museum berlokasi tidak jauh dari Sriwedari. (6) Monumen Pers Nasional, didirikan 1978, bangunan induknya di jalan Gajah Mada, Timuran, Banjarsari, mengoleksi berbagai teknologi komunikasi dan reportase, seperti penerbangan, mesin ketik, pemancar, telepon dan lebih dari 1 juta koran dan majalah, berbagai benda terkait dengan pers Indonesia. (7) Kampung Wisata Batik Kauman terletak di dekat pasar Klewer, pengunjung bisa mempelajari sejarah batik, motif-motif hingga cara pembuatannya (https://www.soloposfm.com/)

Lantas bagaimana sejarah hiburan dan rekreasi di Soerakarta? Seperti disebut di atas, sudah ada hiburan dan rekreasi di Soerakarta, meski berbeda dengan masa kini, pada masa ini antara lain balapan (pacuan kuda), berbagai kegiatan di Club, penginapan (pesanggrahan. Logement, hotel), situs-situs eksotik dan climbing, sepakbola, taman dan kolam renang, teater dan bioskop. Lalu bagaimana sejarah hiburan dan rekreasi di Soerakarta? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Surakarta (55): Tata Kota Surakarta, Pusat Pemerintahan hingga Fasilitas Umum; Sekolah, Rumah Sakit, Pasar, Stasion, Bank


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Surakarta/Solo dalam blog ini Klik Disini

Kota-kota di Indonesia masa kini, umumnya tumbuh dan berkembang sejak masa lampau. Banyak kota-kota yang dimulai dari nol seperti Batavia, Semarang, Soerabaja, Palembang, Padang, Bandoeng dan Medan. Namun sedikit berbeda dengan kota Jogjakarta dan kota Soerakarta. Dalam hal ini kota Soerakarta bermula dari keberadaan area kraton dan area benteng VOC. Pada era Pemerintah Hindia Belanda dua area ini menjadi cikal bakal kota Soerakarta yang sekarang. Dari sinilah tata kota Soerakarta dikembangkan yang pada gilirannya terbetuk fasilitas-fasilitas umum.    


Pola Struktur Kota Surakarta dalam Lingkup Pengaruh Pembangunan Masjid Agung pada Masa Kerajaan Mataram Islam. Junianto. Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang. Abstrak. Kota Surakarta berawal terbentuk seiring dengan berdirinya kerajaan Mataram Islam, yang mengalami perpindahan dari Kartasura. Struktur inti kota Surakarta, berupa Kraton, Alunalun dan Masjid. Struktur kota semacam ini, merupakan prototype kota kerajaan Mataram Islam. Keberadaan Masjid memiliki makna simbol bahwa raja selain menjadi pemimpin (pusat orientasi) budaya, juga pemimpin keagamaan. Bentuk masjid Agung Surakarta meniru bangunan masjid Demak, sebagai simbol kedudukan raja yang setara sebagai pusat orientasi keagamaan tersebut. Masjid Agung Surakarta dalam struktur kota, terkait secara diakronik dalam perkembangan unsur-unsur kota lain, mewarnai pola tata ruang kota. Terjadi poros Timur-Barat, membentang antara Kampung Arab, masjid Agung, hingga Laweyan, secara sinkronik cukup kuat mewarnai kultur ke-Islaman. Keberadaan masjid Agung Surakarta dalam struktur kota kerajaan Mataram Islam, dikaji dalam pendekatan diakronik-sinkronik terhadap unsur-unsur kota lainnya. Masing-masing unsur, signifikan mempengaruhi berdirinya fasilitas-fasilitas dan kawasan baru, sebagai unsur-unsur kota. Penggambaran masjid Agung dalam konteks struktur kota Surakarta, dilihat secara morfologis pembentukan, dalam interrelasi unsur-unsur kota lainnya. Telaah morfologis tersebut, dilakukan dengan pendekatan interpretasi artefak fisik (arsitektural), mengkaitkan latar sejarah pembentukan kota Surakarta beserta unsur-unsur kotanya. Sebagai temuan, masjid Agung Surakarta ternyata menjadi penyebab terjadinya poros Timur – Barat, yang seolah membelah kota Surakarta. Poros tersebut selanjutnya menjadi ciri yang berlatar keIslaman. Disisi lain, unsur-unsur kota yang berlatar budaya Jawa, tersusun dalam poros Utara-Selatan, mulai Pasar Gede, Kraton, hingga Pasar Gading (https://publikasiilmiah.ums.ac.id)  

Lantas bagaimana sejarah tata kota Surakarta, pusat pemerintahan hingga layanan umum? Seperti disebut di atas, tata kota Soerakarta bermula dari area kraton dan area benteng pada era VOC dan berlanjut pada era Pemerintah Hindia Belanda. Dalam penataan kota ini terbentuk berbagai fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pasar, stasion dan bank. Lalu bagaimana sejarah tata kota Surakarta, pusat pemerintahan hingga layanan umum? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.