Minggu, 02 April 2023

Sejarah Banyumas (18): Kesehatan - Dokter di Wilayah Banyumas Era Hindia Belanda; Rumahsakit Bermula di Benteng Banjoemas


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Status kesehatan masyarakat dan kehadiran dokter dan pendirian klinik dan rumah sakit terkait erat di suatu wilayah. Pada era Pemerintah Hindia Belanda, epidemik dianggap serius dapat menurunkan status kesehatan umum penduduk pribumi maupun orang-orang Eropa yang pada gilirannya produktivitas penduduk menurun. Namun kehadiran dokter pertama kali di wilayah Banyumas karena adanya perang (Perang Jawa 1825-1830). Benteng tua di Banyumas dijadikan tempat perawatan yang sakit dan rumah dokter yang menjadi pra kondisi keberadaan rumah sakit di Banyumas.

 

Sejarah Singkat RSUD Banyumas. 18 Juli 2020. Guna mengenang para pendahulu kita, tentu saja yang telah berjasa guna merintis, membangun sampai membesarkan nama besar RSUD Banyumas. Sesuai dengan pesan Tokoh Proklamator yaitu Jas Merah, Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. untuk itu akan kita uraikan perjalanan Perkembangan RSUD Banyumas. Dalam catatan yang terbukukan dan dari sumber sesepuh, RSUD banyumas berdiri tanggal 30 April 1925 pada masa penjajahan Hindia Belanda. adapun rekam jejak perjalanan sejarah RSUD Banyumas dari masa ke masa. Periode tahun 1924-1935 rumah sakit diberi nama “Julianna Bugerziekenheis” lebih dikenal dengan Rumah Sakit Julianna yang pengelolaannya di bawah Pemerintah Hindia Belanda. Pada Tahun 1935 sampai dengan 1945 diberi nama Rumah Sakit Banyumas yang pengelolaannya di bawah pemerintah Jepang. Baru tahun 1945 rumah sakit diberi nama RSU Banyumas yang pengelolannya di bawah Pemerintah Kabupaten Banyumas sampai tahun 1947. Pengelolaan berikutnya dipegang oleh Departemen Kesehatan pada tahun 1950-1953. Berikutnya pada tahun 1953-1992 pngelolaan kembali dibawah Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas. (https://www.rsudbanyumas.my.id/)

Lantas bagaimana sejarah kesehatan dan dokter di wilayah Banyumas era Pemerintah Hindia Belanda? Seperti disebut di atas, kehadiran dokter atau petugas kesehatan di suatu daerah dapat meningkatkan status kesehatan umum penduduk. Di wilayah Banyumas pra kondisi sebelum ada rumah sakit brmula di benteng Banjoemas yang dijadikan tempat orang sakit. Lalu bagaimana sejarah kesehatan dan dokter di Banyumas era Pemerintah Hindia Belanda? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Banyumas (17): Masjid dan Haji ke Mekkah dari Banyumas; Masjid di Wangon dan Persebaran Masjid Tertua di Indonesia


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Syiar (agama) Islam adalah satu hal. Keberadaan masjid adalah hal lain dan naik haji ke Mekkah adalah hal lain lagi. Namun itu dapat menjadi satu rangkaian sejarah keberadaan masjid di wilayah Banyumas. Wilayah Banyumas sendiri di masa lampau semasa navigasi pelayaran perdagangan sangat terbuka baik ke pantai selatan Jawa maupun ke pantai utara Jawa di wilayah Tegal. Apakah hal itu juga yang menyebabkan ditemukannnya satu masjid tua di wilayah Banyumas di Wangon?


Masjid Saka Tunggal Banyumas, Masjid Pertama di Indonesia. Kompas.com. 21/02/2023. Masjid Baitussalam lebih dikenal Masjid Saka Tunggal di desa Cikakak, Wangon, Banyumas, disebut masjid tertua di Indonesia. Masjid Saka Tunggal didirikan tahun 1522 oleh Kiai Toleh atau Mbah Mustolih, seorang penyebar Islam di wilayah. Peneliti Wita Widyanandini mencatat, angka 1522 didapat dari konversi tahun 1288 Hijriah ditemukan di masjid. Asal-usul nama Masjid "Saka Tunggal" karena hanya memiliki satu saka atau tiang penyangga sebagai kolom struktur setinggi 5 M (dipenuhi ukiran bunga dan tanaman). Pada ujung saka, terdapat empat sayap kayu yang disebut empat kiblat lima pancer, yaitu menunjuk empat arah mata angin dan satu pusat menunjuk ke atas. Masjid berukuran 15x17 Meter, terletak 300 M dari permukiman terdekat serta menjadi pusat kegiatan sosial warga yang berada di kaki bukit Cikakak terkait kehidupan penganut Islam Aboge, komunitas melaksanakan berbagai ritual keagamaan dengan dasar kepercayaan kepada para leluhur, kental nuansa budaya lokal seperti selamatan, tahlilan dan puji-pujian kepada Rasulullah SAW. Sedikitnya ada 500 penduduk tinggal di sekitar masjid, diyakini keturunan atau anak cucu dari Mbah Mustolih. (https://www.kompas.com/). 

Lantas bagaimana sejarah masjid dan naik haji ke Mekkah di Banyumas? Seperti disebut di atas, di wilayah Wangon, Banyumas ditemukan masjid tua, suatu petunjukkan adanya peradaban Islam sejak lama di wilayah Banyumas. Bagaimana masjid di Wangon dan sebaran masjid-masjid tertua di Indonesia? Lalu bagaimana sejarah masjid dan naik haji ke Mekkah di Banyumas? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sabtu, 01 April 2023

Sejarah Banyumas (16):Kanal di Banyumas, Kanal Kali Osso di Cilacap; Pembangunan Kanal Irigasi dan Pengembangan Pertanian


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Kanal pada era Pemerintah Hindia Belanda adalah sodetan sungai untuk menghubungkannya ke sungai lain atau ke laut yang awalnya hanya ditujukan untuk jalan tol air. Kanal semacam ini dimulai di Batavia. Pembangunan kanal kemudian juga ditujukan untuk pengalihan banjir dan fungsi drainase. Lalu berikutnya untuk pengembangan pertanian beririgasi modern. Bagaimana dengan di wilayah Banyumas? Kanal pertama yang dibanguna adalah kanal Kali Osso.


Kisah Sungai Kali Yasa, Terusan Suez-nya Cilacap. Suryanews.com. 7 Apr 2021. Kondisinya, tidak ada jalan darat memadai menghubungkan daerah pedalaman dengan Cilacap, kecuali sungai Serayu, sungai terpanjang yang dapat dilayari ke pedalaman. Dari ibukota Banyumas ke atas (utara) sungai dapat dilayari 24 Km, ke bawah (selatan) menuju Cilacap 40 Km sampai ke laut. Penamaan kanal diambil dari proses pembuatannya, Kali Yasa bahasa Jawa berarti gawe, kali yang dibuat. Pegiat sejarah Cilacap Thomas Sutasman mengatakan, waktu itu kopi dan tembakau merupakan jenis barang ekspor penting dari pelabuhan Cilacap. Residen G. de Seriere optimis akan terjadi peningkatan pelayaran ke Cilacap sebagai dampak naiknya produksi dari daerah pedalaman. Tahun 1836 hanya ada tiga kapal yang membawa kopi dari Cilacap langsung ke Nederland, yaitu Schelde, Aurora, dan Elisabeth. Kendala perkembangan di Cilacap, kata dia, tersendatnya pengangkutan dari muara Sungai Serayu ke pelabuhan Cilacap. Kendala coba dipecahkan membuat kanal atau terusan menghubungkan Serayu dengan pelabuhan Cilacap. Upaya menggali kanal berlangsung berkali-kali sejak 1832 sampai 1836, hingga berhasil. “Tenaga kerja dikerahkan sehari sebanyak 1.800 orang, dibawah perintah dua bupati dimana setiap 14 hari bergantian. Total biaya dihabiskan pembangunan kanal sebesar 90.000 gulden,” kata Sutasman. Setelah selesai dibangun, produk dari pedalaman Banyumas lebih cepat dikirim ke Cilacap, tanpa melalui pantai selatan Jawa.  Terusan Kali Yasa dari sungai Serayu ke pantai Cilacap berjarak 28-30 pal, berfungsi sebagai jalur pelayaran dan irigasi, disamping mengurangi bahaya banjir di daerah pantai selatan. Gubernur Jenderal Dominique Jacques de Eerens yang mendampingi Pangeran Hendrik 1837, menyempatkan diri melakukan perjalanan air dari Banyumas ke Cilacap, ditempuh dalam sembilan hari. (https://serayunews.com/)

Lantas bagaimana sejarah kanal di Banyumas, kanal Kali Osso di Cilacap? Seperti disebut di atas, kanal pertama di wilayah Banyumas adalah kanal Kali Osso, yang ditujukan untuk peningkatan lalu lintas air (tol air sungai). Lalu kemudian pembangunan kanal ditujukan untuk pengadaan irigasi untuk pengembangan pertanian di Banyumas. Lalu bagaimana sejarah kanal di Banyumas, kanal Kali Osso di Cilacap? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Banyumas (15): Militer di Wilayah Banyumas Semasa Hindia Belanda; Jenderal Soedirman - Perang Kemerdekaan Indonesia


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Sejarah militer di wilayah Banyumas terbilang sudah sangat tua. Sejarah Soedirman putra Banyumas di Purbalingga yang menjadi panglima tertinggi di masa perang kemerdekaan Indonesia masih terbilang baru. Sejarah militer di Banyumas dimulai pada tahun 1706 saat mana pemimpin Banyumas Raden Parwita Sari menentang kehadiran Pemerintah VOC. Perang pun terjadi. Lalu dalam Perang Jawa (1825-1830) yang dipimpin Pangeran Diponegoro wilayah Banyumas kembali penting. Sejarah berulang kembali pada era perang kemerdekaan Indonesia.

 

Karesidenan Banyumas pada masa kemerdekaan 1945-1947. Diah Tjaturini, Skripsi. 1989. Abstrak. Penelitian mengenai situasi di Karesidenan Banyumas dilakukan di Jakarta, Purwokerto dan Banyumas sejak bulan April 1988 sampai November 1988. Tujuannya untuk mengetahui situasi di Karesidenan Banyumas sejak Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945 sampai dilancarkannya Aksi militer I Belanda pada tanggal 21 Juli 1947. Pengumpulan data dilakukan melalui kepustakaan, berupa buku-buku, manuskrip, surat kabar dan surat pribadi. juga melalui wawancara serta peninjauan ke lokasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Karesidenan Banyumas merupakan daerah yang aman dan tenang, serta tidak pernah dilanda pertempuran namun merupakan pusat kekuatan untuk dikirim ke daerah pertempuran. Dengan situasi yang berbeda dengan daerah lain, maka Karesidenan Banyumas dapat memusatkan perhatian pada kehidupan dan kesejahteraan rakyatnya. Keadaan yang semula tenang dan aman berubah setelah dilancarkan Aksi Militer I Belanda, yang menyebabkan seluruh daerah di karesidenan ini jatuh dalam kekuasaan tentara NICA, sehingga kerap terjadi pertempuran antara pasukan Republik Indonesia dengan tentara NICA. (https://lontar.ui.ac.id/)

Lantas bagaimana sejarah militer di wilayah Banyumas era Pemerintah Hindia Belanda? Seperti disebut di atas, sejarah militer di wilayah Banyumas sudah terbilang tua bahkan sejak era VOC. Salah satu tokoh militer dari wilayah Banyumas adalah Soedirman pada era TNI Republik Indonesia semasa perang kemerdekaan. Lalu bagaimana sejarah militer di wilayah Banyumas era Pemerintah Hindia Belanda? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Jumat, 31 Maret 2023

Sejarah Banyumas (14): Awal Jalan Wilayah Banyumas, Pembangunan Bermula Dimana? Banyumas Banjarnegara Purbalinga Cilacap


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Sejatinya sudah terbentuk jalan sejak zaman kuno di wilayah Banyumas. Jalan-jalan yang ada menjadi pemandu arah bagi militer Pemerintah VOC. Jalan-jalan tradisi tersebut kemudian pada era Pemerintah Hindia Belanda ditingkatkan (termasuk pembangunan jembatan) menjadi jalan utama untuk pergerakan militer, arus barang dan orang. Dalam peningkatan jalan ini ada yang dibangun baru karena mengikuti perhitungan teknis jalan oleh bagian zeni militer. Di ruas jalan mana itu bermula? Yang jelas dari waktu ke waktu panjang jalan di wilayah Banyumas mencakup seluruh wilayah di Banyumas, Banjar Negara, Purbalingga. Poerwokerto dan Cilacap.


Kisah Misteri Tanjakan Krumput Banyumas. Solopos.com. 17 Maret 2022. Di jalur pantai utara (pantura) ada Jalur Tengkorak Alas Roban dikenal kawasan rawan dengan kecelakaan lalu lintas. Di jalur lintas pantai selatan juga terdapat jalur dikenal kawasan rawan kecelakaan, yaitu Tanjakan Krumput di kabupaten Banyumas, di desa Pagelarang. Secara teknis kontur jalan berupa tanjakan tajam dan berkelok-kelok banyak tikungan tajam. Namun ada mitos jika pengguna jalan melintasi jalur tanjakan memberi uang kepada pengemis yang duduk di sepanjang jalan, maka akan terhindar musibah. Awalnya mitos tapi kini sudah menjadi kebiasaan. Para pengemis ini memberikan manfaat bagi pengguna jalan karena jalur terpencil dan minim penerangan, sehingga memberikan rasa aman bagi pengguna jalan, khususnya malam hari. Tanjakan Krumput Banyumas di kawasan kebun karet ini sangat sepi yang menurut kepercayaan warga, para pengemis penjaga jalan sudah ada sejak zaman dulu. Ini berawal zaman penjajahan Belanda di jalur tersebut pernah terjadi kecelakaan mengakibatkan truk membawa serdadu Belanda terguling, seluruh penumpang dan sopirnya meninggal dunia di lokasi. Akhirnya, masyarakat mempercayai mitos jika melintas di lokasi tersebut harus melempar uang sebagai “upeti” untuk keselamatan diri para pengendara. Pengemis di sepanjang Jalan Kruput ini selama 24 jam bergantian memungut koin. Siang hari oleh wanita dan anak-anak, malam hari oleh laki-laki. (https://www.solopos.com/)

Lantas bagaimana sejarah jalan di wilayah Banyumas, pembangunan bermula di ruas yang mana? Seperti disebut di atas, jalan-jalan tradisi sejak zaman kuno ditingkatkan pada era Pemerintah Hindia Belanda yang menjadi cikal bakal jaringan jalan yang sekarang di Banyumas, Banjar Negara, Purbalingga, Purwokerto dan Cilacap. Lalu bagaimana sejarah jalan di wilayah Banyumas, pembangunan bermula di ruas yang mana? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Banyumas (13): Benteng-Benteng di Banyumas, Bemula di Banyumas; Benteng Nusa Kambangan- Benteng Pendem Cilacap


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Benteng di wilayah Banyumas bemula di kota Banyumas. Pada awal Pemerintah Hindia Belanda dibangun bentang lainnya di wilayah district Banjoemas di pulau Nusa Kambangan (benteng Karangbolong). Selanjutnya setelah terbentuknya Residentie Banjoemas benteng baru dibangun di wilayah pesisir Cilacap yang kini dikenal sebagai benteng Pendem.


Benteng Pendem Cilacap (Kustbatterij op de Landtong te Tjilatjap) benteng pertahanan peninggalan Pemerintah Hindia Belanda terletak di tepi pantai Cilacap. Benteng dibangun tahun 1861 dan selesai 1879 dengan luas 10,5 Ha. Benteng ini mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986. Saat ini, pemerintah kabupaten Cilacap menjadikan benteng ini sebagai tempat wisata sejarah. Sebelum benteng dibangun, sebuah kapal Inggris Royal George pernah singgah di pulau Nusakambangan hanya untuk mengambil air, hal ini membuat Belanda khawatir jika sewaktu-waktu ada serangan musuh. Pemerintah Hindia Belanda membangun markas di tepi pantai Cilacap. Selain itu juga, untuk menangkal pihak-pihak lain yang berusaha menguasai kota Cilacap, Benteng Pendem dibangun karena menurut pemerintah Hindia Belanda, kota Cilacap memiliki letak geografis yang strategis dan cocok untuk dijadikan kota pelabuhan. Di mana menjadi sebuah kota pelabuhan sebagai pintu gerbang jalur perekonomian dari wilayah Banyumas ke Kerajaan Belanda. Pada masa pendudukan Jepang menggunakannya sebagai markas pertahanan Tentara Jepang. Selama Jepang menduduki Benteng Pendem, Jepang membangun sarana berupa bunker yang terletak di bagian atas benteng, dengan menggunakan system konstruksi dari beton dan kerangka besi yang berjumlah 4 buah. Pasca kemerdekaan, Tentara Sekutu menjadikan Benteng Pendem Cilacap sebagai markas pertahanan Tentara Sekutu sampai tahun 1949 (Wikipedia) 

Lantas bagaimana sejarah benteng-benteng di wilayah Banyumas, bemula di Banyumas? Seperti disebut di atas benteng di wilayah Banyumas bermula di kota Banyimas pada era VOC. Pada masa Pemerintah Hindia Belanda dibangun benteng-benteng baru seperti di pulau Nusa Kambangan dan benteng di Cilacap (benteng Pendem). Lalu bagaimana sejarah benteng-benteng di wilayah Banyumas, bemula di Banyumas? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.