Sejarah Sukabumi (29): Sejarah Musik di Sukabumi; Societetit Soekamanah dan Gamelan Parakan Salak ke Belanda, 1883


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Sukabumi dalam blog ini Klik Disini

Sukabumi tidak hanya melahirkan banyak musisi, Sukabumi juga memiliki sejarah musik tersendiri. Musik tradisi dan musik modern berdampingan di Soekabomi pada masa lampau. Untungnya, orang-orang Eropa/Belanda di Soekaboemi juga menyukai musik tradisi. Salah satu jenis musik tradisi Soekaboemi adalah gemelan. Para musisi musik tradisi gamelan yang tergabung dalam Gamelan dari Parakan Salak, Soekaboemi sudah manggung di Belanda tahun 1883.

Lagu Senja di Sukabumi (Album 4 Nada, 1980)
Lagu berjudul Senja di Sukabumi yang dibawakan oleh groep band 4 Nada dapat membuat orang jatuh cinta. Saya suka lagu ini ketika masih SMP di kampong. Itu karena teringat paman nun jauh di Sukabumi. Akhirnya lagu ini, saya recall kembali ketika menulis artikel ini. Yang ada muncul kerinduan. Tentu saja tidak hanya lagu Senja di Sukabumi, juga masih ada lagu yang berjudul Ini Rindu yang dibawakan oleh Farid Hardja.
.
Lantas seperti apa sejarah musik di Sukabumi? Nah, itu dia. Tentu saja soal ini belum pernah ditulis. Sambil mendengar kembali lagu Senja di Sukabumi ada baiknya sejarah musik Sukabumi mulai ditulis agar penulis-penulis musik di Sukabumi dapat melanjutkannya.Mari kita mulai dengan menelusuri sumber-sumber tempo doeloe.