Sejarah Air Bangis (5) Kerajaan Air Bangis; Tuanku Mudo di Air Bangis, Tuanku Besar di Natal dan Tuanku Sambali di Linggabayu


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Air Bangis dalam blog ini Klik Disini

Ada Radja ada Kerajaan. Ada Kerajaan ada Radja. Kerajaan adalah tempat (wilayah) dimana raja berkedudukan (berkuasa). Ada Kerajaan besar dan ada kerajaan kecil. Keradjaan Air Bangis adalah sebuah kerajaan yang berada di muara sungai Air Bangis. Keberadaan kerajaan Air Bangis, paling tidak sudah eksis sejak era VOC. Pada era Pemerintah Hindia Belanda, para raja menjadi pemimpin lokal. Radja Air Bangis yang bergelar Tuankoe Moeda menerima gaji sebesar f400 per tahun (lihat Bataviasche courant, 29-11-1826).

Kerajaan dan kraton Air Bangis
Pemimpin lokal (wilayah tertentu) disebut dalam banyak nama. Kepala kampong, kepala huta, kepala kota, kepala nagari, kepala luhak, kepala koeria dan sebagainya. Juga ada pemimpin lokal yang disebut Radja atau Sultan. Saat itu jabatan pemimpin lokal umumnya diwariskan (berdasarkan keturunan). Pemerintah VOC atau Pemerintah Hindia Belanda juga ada pemimpinnya. Gubernur Jenderal VOC mendapat mandat dari Heeren XVII. Sedangkan Gubernur Jenderal Hindia Belanda mendapat mandat dari Raja Belanda. Gubernur Jenderal membawahi beberapa gubernur; Gubernur membawahi Residen; Residen membawahi Asisten Residen dan atau Controleur. Asisten Residen dan Controleur bekerjasama dengan pemimpin lokal dalam mengatur pemerintahan dalam hubungannya dengan Pemerintah Hindia Belanda. Gubernur Jenderal memposisi kedudukan para pemimpin lokal ini sesuai kapasitasnya. Pada permulaan Pemerintah Hindia Belanda di Pantai Barat Sumatra tahun 1826 di Residentie Padang terdapat empat pemimpin lokal yang diberi posisi bupati (regent), yakni: Tanah Datar, Agam, Pariaman dan Indrapoera. Di Padang disebut Toeankoe Panglima.

Bagaimana Kerajaan Air Bangis bermula adalah satu hal, bagaimana Kerajaan Air Bangis di era Pemerintah Hindia Belanda adalah hal lain lagi. Lalu bagaimana di era Republik Indonesia? Semua itu menjadi satu kesatuan sejarah Kerajaan Air Bangis. Tipologi Kerajaan Air Bangis mirip dengan Kerajaan Natal. Untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.