Selasa, 09 Mei 2023

Sejarah Cirebon (32): Kuningan Semasa Residentie Tjeribon;Gunung Ciremai Timur, Antara Pantai Utara dan Pantai Selatan Jawa


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Cirebon dalam blog ini Klik Disini

Bagaimana sejarah Kuningan? Tentu saja sudah banyak yang menulisnya. Lalu apa keutamaan wilayah Kuningan dalam sejarah. Nah itu dia. Tampaknya topik ini kurang terperhatikan. Fakta bahwa wilayah Kuningan yang berada di lereng sebelah timur gunung Ciremai tempo doeloe menjadi wilayah penting jalur ekonomi antara pantai utara dan pantai selatan Jawa. Tidak hanya itu wilayah Kuningan termasuk wilayah batas antara budaya Sunda di barat dan budaya Jawa di timur.


Kabupaten Kuningan adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Berjarak 150 km dari Kota Bandung dan 43 km dari Kota Cirebon, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Cirebon di utara, Kabupaten Brebes (Jawa Tengah) di timur, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) di Selatan, dan Kabupaten Majalengka di barat. Kabupaten ini dikenal karena merupakan merupakan tempat dilaksanakannya Perundingan Linggajati. Kuningan juga merupakan salah satu pintu gerbang masuk Jawa Barat dari sebelah timur, bersama dengan Kabupaten Ciamis, Cirebon, Kota Banjar dan Pangandaran. Kabupaten Kuningan bagian timur adalah dataran rendah, sedang di bagian barat berupa pegunungan, dengan puncaknya Gunung Ceremai (3.078 M) di perbatasan dengan Kabupaten Majalengka. Gunung Ceremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Permukaan tanah berbukit-bukit bagian Barat dan bagian Selatan ketinggian berkisar 700 M, dataran rendah seperti wilayah Kuningan bagian Timur ketinggian 120-222 M. Tanah Andosol di bagian barat Kuningan cocok untuk tembakau, bunga-bungaan, sayuran, buah-buahan, kopi, kina, teh, pinus dan apel, Tanah Alluvial di bagian timur Kecamatan Kuningan, Kecamatan Kadugede bagian utara, Kecamatan Lebakwangi bagian utara, Kecamatan Garawangi dan Kecamatan Cilimus cocok tanaman sawah, palawija dan perikanan. Tanah Podzolik di bagian selatan kecamatan Kadugede, bagian timur kecamatan Ciniru, bagian timur kecamatan Luragung, bagian selatan kecamatan Lebakwangi dan kecamatan Ciwaru cocok untuk ladang dan tanaman keras. (Wikipedia) 

Lantas bagaimana sejarah Kuningan semasa Residentie Tjeribon? Seperti disebut di atas wilayah Kuningan berada di pedalaman Cirebon di lereng gunung Ciremai sebelah timur. Wilayahnya Sebagian pegunungan dan Sebagian dataran rendah yang subur. Gunung Ciremai sebelah timur merupakan rute terpendek antara pantai utara dan pantai selatan Jawa. Lalu bagaimana sejarah Kuningan semasa Residentie Tjeribon? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Cirebon (31): Carang Sambong dan Parakan Moentjang Jalan Trans Java Sejak Daendels; Jalan Rute Baru via Bandoeng


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Cirebon dalam blog ini Klik Disini

Bagaimana sejarah Carang Sambong? Maksudnya tempat dimana? Pada masa ini banyak tempat dengan nama Karangsambung, tidak hanya di Cirebon, juga ada di Majalengka, Kebuman dan bahkan di Bekasi. Ada juga nama Karangsembung, suatu nama kecamatan di kabupaten Cirebon. Lalu yang mana Carang Sambong? Lupakan dulu. Mari kita mulai dari awal, nama Carang Sambong begitu terkenal di masa lampau di perbatasan Cirebon di pedalaman. Nama tempat Carang Sambong menjadi bagian penting dalam rencana pembangunan jalan pos trans-Java semasa Daendels.


Jalan Raya Pos (De Groote Postweg), disebut juga Jalan Daendels, adalah sebuah jalan pos sepanjang 1.000 kilometer (620 mi) di Jawa yang membentang dari Anyer di Banten hingga Panarukan di Jawa Timur. Jalan ini kini menjadi bagian dari Jalan Nasional Rute 1 (Cilegon-Jakarta, Cirebon-Panarukan). Jalan ini dibangun atas perintah dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Daendels (m. 1808-1811). Pada awalnya, penggunanan jalan ini hanya untuk kebutuhan pos dan militer hingga akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 1857. Selain itu, jalan ini juga tidak boleh dilewati oleh kendaraan milik orang Jawa yang harus menggunakan jalur khusus gerobak yang berada di sisi jalan. Jalan Raya Pos hanya dapat dilewati oleh kereta kuda Belanda yang dilengkapi oleh kusir dan kenek. Karena keterbatasan biaya, Daendels hanya meratakan jalan dari Batavia ke Buitenzorg (kini Bogor) dan membangun petak jalan di Preanger. Sisanya, yaitu jalan dari Cirebon hingga Surabaya dikerjakan oleh para bupati di daerahnya masing-masing. Pembangunan Jalan Raya Pos pertama dimulai dari Buitenzorg ke Karangsambung (kini Kecamatan Tomo di Sumedang) berdasarkan perintah Daendels pada 5 Mei 1808. Jalur ini direncanakan melalui Cisarua, Cianjur, Rajamandala, Bandung, Parakan Muncang, dan Sumedang. Secara teknis, jalur tersebut harus dibuat selebar 2 rijnlandse roeden (~7.5 meter) dan didirikan tiang di setiap 400 rijnlandse roeden (~1.5 kilometer) untuk menunjukkan jarak dan menandai batas distrik. (Wikipedia) 

Lantas bagaimana sejarah Carang Sambong, Parakan Moentjang dan jalan Trans Java sejak era Daendels? Seperti disebut di atas, nama Carang Sambong tempo doeloe begitu dikenal. Bagaimana masa kini? Pada masa ini Carang Sambong dengan nama Karangsambung hanya disebut bagian dari kecamatan Tomo di kabupaten Sumedang. Apakah kini hanya tinggal sekadar nama dusun? Nama Carang Sambong tempo doeloe tetap terkenan meski trans Java rute baru via Bandoeng. Lalu bagaimana sejarah Carang Sambong, Parakan Moentjang dan jalan Trans Java sejak era Daendels? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.