Sejarah Kota Surabaya (10): Sejarah Sepak Bola Surabaya Bermula 1898; Inilah Nama-Nama Klub Tertua Sebenarnya di Indonesia

*Semua artikel Sejarah Kota Surabaya dalam blog ini Klik Disini.


Kota Surabaya adalah salah satu kawah candradimuka persemaian tumbuh dan berkembangnya sepak bola di Indonesia. Itu terjadi karena Kota Surabaya termasuk salah satu kota di Indonesia yang terbilang awal adanya sepak bola di masa lampau. Dari kota ini lahir sejumlah klub terkenal seperti Persebaya, Niac Mitra dan sebagainya. Dari klub-klub di kota ini juga muncul pemain-pemain sepak bola andal yang menjadi bagian dari Tim Nasional..

Kesebelasan klub Quick Surabaya 1920
Kemarin terjadi euporia sepak bola di Surabaya, setelah klub Persebaya Surabaya berhasil promosi ke Liga-1 dan menjadi juara Liga-2. Di partai final Liga-2 tersebut Persebaya berhasil mengalahkan klub PSMS Medan dengan skor 3-2. Pada pertandingan sebelumnya PSIS Semarang menempati juara tiga setelah mengalahkan lawannya yang sekaligus menyusul PSMS Medan dan Persebaya Surabaya promosi ke Liga-1. Dengan demikian pada Liga-1 tahun 2018 akan terdapat enam klub legenda dari enam kota terawal adanya sepak bola di Indonesia.Tiga klub yang sudah eksis di Liga-1 adalah Persija Jakarta, Persib Bandung dan PSM Makassar.

Jika Persebaya adalah klub legenda yang masih eksis hingga kini dan Kota Surabaya terbilang awal dalam hal sepak bola, lantas kapan sesungguhnya sepak bola di Surabaya bermula?  Di dalam sejarah sejarah sepak bola disebutkan, di Kota Surabaya pada tahun 1910 didirikan Sorabaiasche Voebal Bond (SVB). Bond berarti perserikatan dan itu berarti ada kesebelasan atau klub sepak bola yang mendahuluinya lahir sebelum berdirinya bond. Namun yang menjadi pertanyaan sejak kapan adanya klub dan kapan pertandingan sepak bola di Surabaya kali pertama diselenggarakan serta kapan mulai berkompetisi. Pertanyaan-pertanyaan ini menarik untuk dijawab. Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.