Sejarah Bekasi (17): Sejarah Pendidikan di Bekasi, Sejak Kapan Dimulai? Normaal School Menuju Universitas Negeri Bekasi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Bekasi dalam blog ini Klik Disini

Satu pertanyaan penting tentang sejarah Bekasi adalah sejak kapan penduduk Bekasi mendapatkan pendidikan. Pertanyaan ini sangat sederhana, tetapi tidak mudah untuk menjawabnya jika itu soal masa lampau (sejarah). Sejarah pendidikan di suatu wilayah boleh dikatakan sejarah kualitas penduduk di wilayah. Dalam hal ini, wilayah Bekasi di satu sisi sangat dekat dengan Batavia (kini Jakarta), tetapi pertanyaannya, apakah sedekat itu penduduknya akrab dengan pendidikan?

Kweekschool Sidempoean, Dir. Normaalschool, Meester Cornelis
Pada masa ini Kota Bekasi pada khususnya telah mulai menjajaki perlu adanya universitas negeri di Bekasi (PTN). Ini jelas satu langkah besar, tetapi tentu saja tidak mudah dan banyak faktor penghambat. Satu upaya, meski belum terwujud, dengan sendirinya sudah menjadi bagian dari sejarah pendidikan di Bekasi. Semangat untuk mendirikan universitas negeri di Bekasi adalah semangat pendidikan itu sendiri. Sejauh ini sudah ada universitas di Bekasi yakni Universitas Islam 45 Bekasi (UNISMA) yang cikal bakalnya telah dirintis sejak tahun 1982 sebagai Akademi Pembangunan Desa (APD). Namun UNISMA tidak cukup.    

Lalu pertanyaan berikutnya adalah sejak kapan adanya sekolah di Bekasi? Untuk sekadar diketahui, saat ini Kota Bekasi adalah kota metropolitan yang telah memiliki ratusan sekolah dasar negeri dan puluhan sekolah menengah pertama dan juga puluhan sekolah menegah atas. Tentu saja itu semua dimulai dari awal. Jika akhirnya begini, lalu begitu seperti apa awalnya? Satu yang penting Mr Radjioen Harahap gelar Soetan Casajangan membangkitkan semangat penduduk Bekasi untuk mendapatkan hak bersekolah. Untuk itu mari kota telusuri sumber-sumber tempo doeloe.