Sejarah Kota Surabaya (19): Nama-Nama Kampung Tempo Dulu di Surabaya; Dua Kampung Pertama, Soerabaya dan Ampel

*Semua artikel Sejarah Kota Surabaya dalam blog ini Klik Disini.


Kota Surabaya yang sekarang bukanlah area kosong di masa lampau. Di kedua sisi sungai Soerabaya sudah bermukim penduduk sejak lampau. Namun sejak kapan pemukiman-pemukiman penduduk di dua sisi sungai tidak diketahui secara pasti. Satu-satunya data dalam bentuk peta yang berhasil ditelusuri adalah peta yang dibuat pada tahun 1695. Peta tersebut sangat jelas yang disertai dengan keterangan yang terperinci. Ada tiga lokasi pemukiman yang pemukiman yang satu sama lain terpisah.

Kampung Soerabaja, 1695
Tiga pemukiman ini yang pertama dan tampak lebih besar (luas dan padat) adalah Kampung Soerabaya yang berada di sisi barat soengai Soerabaya (kini Kali Mas) dan kampung yang kedua adalah Kampung Ampel yang berada di sisi barat sungai Ampel (kini Kali Pegirikan). Sedangkan pemukinan ketiga yang berada di seberang Kampung Soerbaja (sisi timur sungai Soerbaya) tidak ada keterangan. Namun perkampungan ini diduga adalah perkampungan orang-orang Tionghoa (kini pecinan).

Bagaimana tiga lokasi pemukiman (perkampungan) ini berkembang menjadi Kota Surabaya yang sekarang membutuhkan waktu sekitar tiga abad. Untuk memutar jarum jam kembali ke masa lampau (ke origin kota) kita perlu menelusuri data dan informasi tertulis (teks) dan terlukis (sketsa/peta) yang valid. No document, no history. Artikel ini hanya membatasi dan memulai dari data yang tertulis dan terdokumentasi (yang dapat diakses pada masa ini). Mari kita sarikan.