Sejarah Jakarta (54): Sejarah Kuningan dan Presiden BJ Habibie; Keluarga Habibie dan Sejarah Pribumi Studi ke Eropa Sejak1857


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Jakarta dalam blog ini Klik Disini

BJ Habibie adalah seorang pendidik. Ayahnya, A Habibie juga seorang pendidik. Like father, like son. BJ Habibie adalah seorang terdidik, yang pertama mendidiknya adalah ayahnya, A Habibie. Karena pendidikan yang baiklah, BJ Habibie berhasil hingga ke perguruan tinggi dan meraih gelar doktor (Ph.D). Tidak itu, saja BJ Habibie pernah menjadi Presiden Republik Indonesia. Kini, BJ Habibie tinggal di Kuningan: Wisma Habibie dan Ainun.

Rumah BJ Habibie dan Kali Tjideng (Peta 1897)
Rumah Presiden BJ Habibie beralamat di jalan Patra Kuningan XIII, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Rumah BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII menghadap ke selatan; di sebelah utara rumah adalah jalan Patra Kuningan XIV; di sebelah barat adalah jalan Taman Patra Kuningan; dan di sebelah timur adalah kali (sungai) Cideng. Kawasan perumahan mewah ini tempo doeloe adalah persawahan di daerah aliran sungai (DAS) Tjideng di kampong Doekoe,. 

Bukti kedekatan BJ Habibie dengan pendidikan, di rumahnya di kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi terdapat The Habibie and Ainun Library. Nama Setiabudi dalam hal ini juga dapat dihubungkan dengan seorang pendidik Dr. EFE Douwes Dekker alias Dr. Setiabudi, seorang pejuang kemerdekaan pendiri lembaga pendidikan Ksatrian Instituut. Lantas bagaimana itu semua terhubung? Pertanyaan ini semua barasal dari sejarah pelajar pribumi berangkat studi ke Eropa. Mari kta lacak sumber-sumber tempo doeloe.