Sejarah Air Bangis (1): Kota Air Bangis, Kota Tua Terlupakan Perlu Dingat; Air Bangis, Ajer Bangis, Aijer Bangis, ....


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Air Bangis dalam blog ini Klik Disini

Air Bangis adalah suatu kota pelabuhan di pantai barat Sumatra. Sejarah kota Air Bangis sejauh ini kurang terinformasikan dengan baik. Padahal kota Air Bangis terbilang kota tua di pantai barat Sumatra. Selain itu, kota Air Bangis pernah menjadi ibu kota Residentie (sebelum terbentuk Residentie Tapanoeli).

(Kota) Air Bangis (Peta 1835)
Pada era Republik Indonesia, Provinsi Sumatra Tengah terdiri dari tiga Residentie: Sumatra Barat, Riau dan Jambi. Sehubungan dengan munculnya PRRI, pemerintah RI memecah Provinsi Sumatra Tengah menjadi tiga provinsi: Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Jambi. Pada tahun 1958 pasca PRRI, ibu kota Provinsi Sumatra Barat dipindahkan dari Bukittinggi ke Padang. Salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Barat adalah kabupaten Pasaman. Kabupaten ini sangat luas dengan ibu kota di Lubuk Sikaping. Pada tahun 2003 dibentuk kabupaten Pasaman Barat dengan ibu kota Simpang Ampek. Kota Air Bangis berada di kabupaten Pasaman Barat.

Perubahan dan pergeseran administrasi wilayah di Pantai Barat Sumatra pada era kolonial Belanda menyebabkan sejarah Air Bangis redup. Pada era kemerdekaan Indonesia nama kota Air Bangis seakan terlupakan. Namun sejarah tetaplah sejarah. Kota Air Bangis memiliki sejarahnya sendiri. Lantas bagaimana sejarah Air Bangis? Satu hal yang terpenting kota Air Bangis memiliki ciri penduduk melting pot. Untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.