Sejarah Tangerang (40): Sejarah Dramaga dan Landhuis Kampus IPB Bogor; Mengapa Dramaga Masuk Kabupaten Bogor Barat?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Tangerang dalam blog ini Klik Disini

Dramaga bukanlah nama baru, Dramaga adalah kota tua. Keberadaan kota Dramaga paling tidak sudah dipublikasikan pada tahun 1772 oleh Josh Rach. Kota pertama yang terbentuk di hulu sungai Tangerang/sungai Tjisadane adalah kota Tjiampea dimana benteng VOC dibangun pada tahun 1710. Dari kota Ciampea kemudian muncul kota-kota baru seperti Dramaga, Leuwiliang, Djasinga dan Tjigoedeg. Dalam hal ini munculnya kota Dramaga sebagai perkembangan lebih lanjut dari keberadaan Kota Ciampea.

Landhuis Dramaga: Old (Oud) en Now (Nieuwe)
Kampus IPB Bogor relokasi dari Kota Bogor ke Kabupaten Bogor di Dramaga. Pada tahun 1989 wisuda tidak lagi dilakukan di Gedung Rektorat IPB Kampus Baranang Siang tetapi dilakukan kali pertama di gedung olahraga (GOR) Kampus IPB Dramaga. Yang diwisuda termasuk saya. Sejak itu, wisuda selalu diadakan di kampus IPB Dramaga hingga ini hari. Saat itu desa Dramaga tengah persiapan untuk pemisahan desa Dramaga dari kecamatan Ciomas dalam pembentukan kecamatan baru (Kecamatan Dramaga). Pembentukan Kecamatan Dramaga sendiri baru terlaksana pada tahun 1997. Kini, Kecamatan Dramaga bersama 13 kecamatan lainnya akan membentuk Kabupaten Bogor Barat, Tiga belas kecamatan lainnya itu adalah Ciampea, Parung Panjang, Tenjolaya, Pamijahan, Cibungbulang, Rumpin, Tenjo, Sukajaya, Jasinga, Nanggung, Cigudeg, Leuwisadeng dan Leuwiliang.

Itulah mengapa Kecamatan Dramaga pada masa ini secara historis sesuai dimasukkan ke dalam rencana pembentukan Kabupaten Bogor Barat. Pertanyaan yang sedikit membingungkan boleh jadi karena sebelum terbentuk Kecamatan Dramaga tahun 1997, desa Dramaga termasuk wilayah Kecamatan Ciomas. Namun sejatinya di masa lampau di era VOC, Dramaga adalah wilayah yang terpisah dari Tjiomas dan wilayah Dramaga justru lebih terintegrasi (menyatu) dengan wilayah Ciampea. Dengan kata lain, masuknya Kecamatan Dramaga dalam Kabupaten Bogor Barat pada dasarnya sudah diperhitungkan sejak era VOC sebagai satu kesatuan wilayah baik secara spasial ekonomi maupun geografis wilayah. Untuk lebih memahami bagaimana sejarah Dramaga berlangsung, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.