Sabtu, 18 Januari 2020

Sejarah Menjadi Indonesia (34): Ni Hoe Kong, Konglomerat Asal Cina Pertama; Ini Lho Konglomerat Tionghoa Sejak Era VOC


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Dalam daftar orang-orang terkaya (konglomerat) Indonesia dewasa ini hampir seluruhnya adalah orang Tionghoa. Tentu saja tidak di Indonesia tetapi juga ditemukan di Hong Kong, Taiwan dan negara-negara lain di Asia Tenggara. Mereka ini bukan warga negara Cina tetapi sudah menjadi warga negara setempat. Aset mereka yang besar telah mengikat mereka menjadi warga negara tempatan. Di Indonesia (baca: Hindia) orang Cina pertama terkaya adalah Ni Hoe Kong.

Ni Hoe Kong adalah orang terkaya pertama di Hindia pada era VOC. Ni Hoe Kong tinggal di Batavia. Pada era Pemerintah Hindia Belanda, orang-orang Tionghoa yang muncul sebagai konglomerat semakin bertambah di berbagai tempat seperti di Soerabaja, Semarang dan Medan. Mereka yang berbasis di Hindia (Belanda) dan Semenanjung termasuk Singapoera (Inggris) ini terhubung dengan Tiongkok karena mereka memiliki dua kewarganegaraan (Tiongkok dan Belanda/Inggris). Hal ini karena waktu itu masih menganut sistem bertatanegara diizinkan untuk memiliki dua kewarganegaraan.   

Siapa Ni Hoe Kong dan bagaimana Ni Hoe Kong membangun bisnisnya menjadi inspirasi bagi orang-orang Tionghoa lainnya untuk menjadi konglomerat. Mereka tentu saja tidak mudah untuk meraihnya. Mereka kerja keras berusaha di tengah-tengah para pengusaha Eropa/Belada dan juga berusaha keras diantara kelemahan penduduk pribumi. Pemerintah mendukung mereka. Pemerintah Hindia Belanda tidak membedakan Eropa, Tionghoa, Arab dan pribumi asal bersedia (bekerjasama) untuk membangun ‘jalan’ dan ‘jembatan’. Bagaimana itu berproes? Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe. Konglomerat Tionghoa yang sekarang di Indonesia adalah garis continuum antar gnereasi sejak era VOC.

Sejarah Menjadi Indonesia (33): Sebut Aku Tionghoa, Dia Adalah Orang Tiongkok; Sejarah Awal Orang Cina di Indonesia


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Sejarah orang-orang Cina di Indonesia (baca: Hindia) sudah sedari doeloe, bahkan jauh sebelum kedatangan orang-orang Eropa. Namun penggunaan nama Tionghoa dan Tiongkok belumlah lama. Penggunaan terminologi baru pada era Hindia Belanda sehubungan dengan gerakan orang-orang Cina untuk menjadi Indonesia (sebagaimana orang-orang Arab untuk menjadi Indonesia).

Dalam hal ini kita tidak sedang membahas klain Pemerintah Cina terhadap laut Natuna Utara, tetapi soal terminologi Tionghoa dan Tiongkok. Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2014 telah mencabut Surat Edaran Presidium Kabinet Ampera Nomor SE-06/Pred.Kab/6/1967 tanggal 28 Juni 1967. Keputusan tahun 2014 ini ingin mengembalikan sebutan Tionghoa untuk masyarakat Cina dan Tiongkok untuk negara Cina. Dalam bahasa sehari-hari dari sudut pandang Indonesia: ‘Sebut aku Tionghoa, dia adalah orang Tiongkok’.   

Bagaimana sejarah introduksi dan penggunaan nama Tionghoa dan Tiongkok tentu saja sudah pernah ditulis. Namun tentu saja itu masih belum cukup. Memahami sejarah introduksi dan penggunaan nama Tionghoa dan Tiongkok diharapkan akan memperkaya pemahaman kita tentang gerakan menjadi Indonesia di era Hindia Belanda. Bagaimana itu bisa terwujud? Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Kamis, 16 Januari 2020

Sejarah Bandung (45): Fakta Sejarah Radio Malabar, Diresmikan 5 Mei 1923; Misteri Kematian Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bandung dalam blog ini Klik Disini

Di Bandung tempo doeloe terdapat stasion radio. Lokasi stasion radio berada di pegunungan Malabar. Stasion radio terkuat di dunia ini diresmikan oleh Gubernur Jenderal Dirk Fock pada tanggal 5 Mei 1923. Namun sebelum diresmikan, pada tanggal 1 Mei antena stasion radio disebutkan disambar petir. Oleh karenanya dalam peresmian tanggal lima tersebut, Gubernur Jenderal hanya bisa mengirim telegram kepada Ratu dan Menteri Koloni (lihat De Preanger-bode,  05-05-1923). Apakah telah terjadi sabotase? Beberapa bulan sebelum proyek diresmikan terbit peraturan pemerintah bahwa penerimaan pesan oleh radio-radio amatir dilarang dan akan dipidana.

Stasion Malabar, CJ de Groot dan monumen di Bandoeng
Orang penting di belakang maha karya stasion radio Malabar ini adalah Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot. Dalam pembangunan stasion radio ini, sang arsitek de Groot didukung habis oleh Gubernur Jenderal Dirk Fock. Tidak lama setelah berakhirnya jabatan Dirk Fock sebagai Gubernur Jenderal pada tahun 1826, Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot dikabarkan meninggal mendadak tanggal 1Agustus 1927. Kematian de Groot dianggap suatu misteri. Meski demikian, banyak pihak yang mengapresiasi Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot sebagai orang Belanda yang berhasil menghubungkan Belanda dan Hindia. Suatu komite telah dibentuk untuk penggalangan dana untuk membangun monumen di Bandoeng (lihat Haagsche courant, 29-12-1927).

Sejarah stasion Malabar tentu saja sudah banyak ditulis. Namun diantara tulisan-tulisan tersebut banyak keterangan yang berbeda dengan fakta dan informasi yang sebenarnya. Siapa sesungguhnya Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot kurang terinformasikan secara baik. Padahal maha karya stasion Malabar dan si jenius de Groot tidak terpisahkan satu sama lain. Sehubungan dengan itu, untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri (kembali) sumber-sumber tempo doeloe.

Rabu, 15 Januari 2020

Sejarah Menjadi Indonesia (32): Hubungan Jepang dan Indonesia Tidak Pernah Putus; Parada Harahap dan Akhir Tragis Belanda


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini
 

Secara defacto tidak pernah putus hubungan antara Jepang dan Indonesia. Kekalahan Jepang terhadap Sekutu (Eropa dan Amerika Serikat) hanya menyebabkan Jepang tidak bisa bernuat banyak ketika Belanda (NICA) kembali tahun 1945. Secara dejure, pasca perang kemerdekaan, ketika pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda tahun 1949, dibubarkannya RIS dan kembalinya ke kittah NKRI (1950) serta kebijakan nasionalisasi perusahaan-perusahan Belanda (1957), Presiden Soekarno mengundang kembali ‘kawan lama’ Jepang yang diresmikan sebagai Penandatanganan Perjanjian Perdamaian antara Jepang dan Republik Indonesia pada bulan April 1958. Disebut ‘kawan lama’ karena faktanya tidak pernah pemimpin Indonesia berselisih dengan pemimpin Jepang (hanya Mr. Amir Sjarifoeddin Harahap yang membenci Jepang).

Hubungan baik bangsa Indonesia dan bangsa Jepang dimulai ketika, seorang revolusioner Indonesia yang anti Belanda, Parada Harahap memimpin rombongan tujuh revolusioner Indonesia berkunjung ke Jepang pada tahun 1933. Parada Harahap di Jepang disambut bagaikan raja, sementara di Indonesia orang-orang Belanda serasa kebakaran jenggot. Media-media Jepang menjuluki Parada Harahap sebagai The King of Java Press. Selain Parada Harahap, rombongan tujuh revolusioner ke Jepang tersebut antara lain adalah pemimpin surat kabar Pewarta Deli di Medan, Abdullah Lubis; ekonomi Dr. Sastra Widagda, Ph.D, guru di Bandoeng dan Drs. Mohamad Hatta (yang belum lama pulang studi dari Belanda). Kepergian tujuh revolusioner Indonesia ini karena Ir. Soekarno ditahan dan akan diasingkan. 

Pemimpin Indonesia hanya berselisih dengan Belanda. Ketika Jepang menduduki Tiongkok, Pemerintah Hindia Belanda mendorong orang Cina di Indonesia untuk membantu Tiongkok. Sementara Soekarno dan Mohamad Hatta di pengasingan, pemimpin Indonesia menyambut baik kerjasama yang ditawarkan Jepang pada tahun 1938. Dalam program Jepang ini, MH Thamrin diproyeksikan sebagai pemimpin Indonesia. KonsulatJepang di Batavia mulai mengambil langkah berpartisipasi dalam pembentukan surat kabar berbahasa Melayu (sebagai corong propaganda Jepang). Bagaimana kisah itu berlangsung sebelum terjadi pendudukan militer Jepang? Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Selasa, 14 Januari 2020

Sejarah Menjadi Indonesia (31): Sejarah Radio, Radio Republik Indonesia (RRI); Bataviasche Radio dan Tokyo Hoso Kyoku


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Sejarah Radio Indonesia tidaklah dimulai dari Radio Republik Indonesia (RRI) tetapi jauh sebelum RRI didirikan tahun 1945. RRI adalah ujung dari sejarah perjuangan radio di Indonesia. Lahirnya RRI adalah hasil proses belajar orang-orang Indonesia sejak era kolonial Belanda hingga era pendudukan militer Jepang. Semua itu bermula ketika perhimpunan radio dibentuk tahun 1925 yang disebut Bataviasche Radio Vereeniging di Batavia (kini Jakarta).

Sementara itu Tokyo Hoso Kyoku, radio Jepang pertama yang kali pertama mengudara pada tangga 22 Maret 1925 di Tokyo, Jepang. Tokyo Hoso Kyoku dan dua radio (hoso kyoku) yang muncul berikutnya di Osaka dan Nagoya bergabung dengan membentuk radio nasional tahun 1925 dengan  nama Nippon Hoso Kyokai, (Broadcasting Corporation of Japan, semacam RRI sekarang). Pada saat pendudukan militer Jepang, Nippon Hoso Kyokai (NHK) mendirikan cabang di Bandoeng. Ketika kemerderkaan Indonesia diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945 crew Radio Bandoeng Hoso Kyoku berinisiatif menyiarkan teks proklamasi yang dikirim oleh Adam Malik Batubara dari Djakarta yang dibawa oleh Mochtar Lubis ke Bandoeng dengan naik kereta api. Pada pukul 19 malam, penyiar Bandoeng Hoso Kyoku Sakti Alamsyah Siregar membacakan teks tersebut sehingga kabar proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat ditangkap (didengar) di Jogjakarta dan Australia. Sakti Alamsyah dalam pengantarnya, memulai intro sebagai berikut: “Di sini Radio Bandung, siaran Radio Republik Indonesia...". Padahal waktu itu belum lahir Radio Republik Indonesia alias RRI. Inilah awal sejarah Radio Republik Indoensia (RRI) yang terus eksis hingga ini hari.

Lantas bagaimana perjuangan orang Indonesia belajar dan memperjuangkan radio bagi rakyat Indonesia tentu saja belum pernah di tulis. Itu bermula ketika orang-orang Indonesia ingin memasukkan konten pribumi di radio Bataviasche Radio Vereeniging yang hanya cenderung bernuansa Eropa/Belanda sementara sasaran radio untuk semua penduduk. Proses belajar dan berjuang ini pada akhirnya diselesaikan di Radio Bandoeng Hoso Kyoku pada tanggal 17 Agustus 1945. Bagaimana itu semua berlangsung? Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Senin, 13 Januari 2020

Sejarah Kota Depok (59): Riwayat Tiang Telepon di Depok, Kapan Sebenarnya Mulai Dibangun? Sejarah Telepon di Indonesia


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Depok dalam blog ini Klik Disini

Diantara situs-situs tua di Depok, ada satu situs yang selalu menarik perhatian warga maupun para peminat sejarah. Situs tua tersebut adalah tiang telepon yang kini masih berdiri tegak di pertigaan jalan Kartini dan jalan Pemuda. Tiang telepon ini sekarang meski tidak difungsikan, tetapi tetap dipertahankan apa adanya.

Tiang telepon kuno di Depok (Now)
Sebelum ditemukan fungsi telepon, alat komunikasi jarak jauh yang paling efisien dan efektif adalah telegraf. Penggunaan telepon di Indonesia (baca: Hindia Belanda) baru diintroduksi pada tahun 1882. Baru sebatas jaringan telepon jarak jauh antar instansi tertentu semisal antara Weltevreden dan Tandjoeng Priok, antara Batavia dan Soerabaja dan antara Batavia dan Buitenzorg (menarik kabel sepanjang jalur jalan pos Batavia dan Buitenzorg via Tjimanggis dan Tjibinong). Lalu jaringan telepon kemudian diperluas dengan membangun jaringan telepon lokal (dalam kota). Dalam tahap berikutnya baru dikembangkan telepon umum antar kota (intercommunale).

Bagi peminat sejarah, boleh jadi sayang tiang telepon di kota Depok ini dibongkar (toh juga tidak mengggangu dan menghalangi yang lain). Tiang telepon di kota Depok dapat dianggap sebagai bagian dari sejarah (kota) Depok. Namun yang menjadi persoalan dan kerap ditanyakan di internet, sejak kapan tiang telepon ini dibangun? Sejauh ini tidak ada keterangan yang memuaskan. Lantas kapan pesisnya? Itulah yang menjadi pertanyaan? Untuk menjawabnya mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.