Selasa, 07 September 2021

Sejarah Makassar (67): Sejarah Zending di Semenanjung Tenggara Sulawesi; Kampong Mowewe 1917, Antara Kolaka dan Kendari

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Makassar dalam blog ini Klik Disini  

Sejarah zending adalah bagian dari sejarah. Kegiatan zending di nusantara (baca: Indonesia) terdapat di berbagai wilayah, terutama pada era Hindia Belanda (bahkan sejak era Portugis dan VOC). Kegiatan zending pertama di wilayah semenanjung tenggara Sulawesi dimulai pada tahun 1917 di kampong Mowewe, suatu kampong di pedalaman antara kota (pelabuhan) Kolaka di pantai barat dan kota (pelabuhan) Kendari dipantai timur. Lantas mengapa dimulai dari kampong Mowewe. Yang jelas pada masa itu kegiatan zending sudah berlangsung lama di wilayah tengah Sulawesi yang berpusat di Poso.

Secara historis kegiatan zending di Hindia Timur dimulai sejak kehadiran orang Eropa. Pada era Portugis, para misionaris datang seiring dengan semakin meluasnya pos-pos perdagangan Portugis. Itu dimulai di Malaka, kemudian meluas di Maluku khususnya Amboina. Kegiatan ini terus meluas ke wilayah Manado (Minahasa dan Sangir) yang terhubung dengan kegiatan misionaris Spanyol di Filipina. Kegiatan misionaris Portugis meluas ke nusa tenggara bermula di Solor dan juga meluas ke Jawa di Banjoewangi. Dengan kahadiran orang-orang Belanda (VOC), kegiatan zending Belanda dimulai, mengikuti kegiatan misi Portugis. Tentu saja diantara mereka muncul persaingan. Pada era Pemerintah Hindia Belanda, kegiatan misionaris (Katolik) dapat dikatakan tidak begitu menonjol lagi di pedalaman (dan mulai intens di kota-kota), sebaliknya muncul persaingan antara zending (Protestan) Belanda dengan kehadiran misionaris Protestan dari Jerman. Setelah gagal di Borneo, misionaris Jerman beralih ke Sumatra dan cukup sukses di Tanah Batak. Keutamaan zending Belanda dalam hal ini karena hubungan dekat para pendeta zending Belanda dengan pejabat-pejabat Pemerintah Hindia Belanda. Pada era Hindia Belanda ini kegiatan zending semakin masif mulai mengisi wilayah-wilayah dimana siar Islam belum menguat (seperti di Silindung dan Toba). Hal serupa dilakukan di Sulawesi seperti di Poso yang kemudian meluas ke wilayah semenanjung tenggara Sulawesi.

Lantas bagaimana sejarah zending di wilayah semenanjung tenggara Sulawesi? Seperti disebut di atas kegiatan zending sudah berlangsug di Sulawesi bagian tengah yang berpusat di Poso dan meluas ke wilayah Toraja. Lalu mengapa kegiatan zending tidak berkembang di selatan dan mengapa kegiatan zending di wilayah semenanjung tenggara Sulawesi dimulai di kampong Mowewe? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Padang Sidempuan (21): Tokoh NU Indonesia Asal Tapanuli Selatan; Politisi dan Tokoh Islam Utama Asal Padang Sidempuan

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Padang Sidempuan di blog ini Klik Disini 

NU (Nahdlatul Ulama) hampir selalu diasosiasilkan dengan wilayah (provinsi) Jawa Timur. Itu memang tidak ada salahnya. Boleh jadi karena NU memang didirikan di Soerabaja tahun 1926. Juga bahwa anggota NU lebih banyak di wilayah Jawa Timur. Namun yang kurang terinformasikan bahwa anggota NU juga terdapat di wilayah lain, seperti Jawa Tengah dan Jawa Barat. Mungkin tidak ada yang membayangkan anggota NU juga ada di wilayah Tapanuli, Sumatra Utara. Untuk sekadar diketahui salah satu perintis NU adalah seorang Sjech dari Kotanopan yang mendirikan pesantren di Kotanopan, Tapanuli Selatan. KH Zainul Arifin Pohan adalah pendiri dan ketua Partai NU pertama yang ikut Pemilu tahun 1955 (yang mendapat perolehan suara secara nasional). Zainul Arifin Pohan yang pernah menjadi wakil Perdana Menteri RI pernah ‘nyantri’ di pesantren Kotanopan.

Pada permulaan sejarah NU, basis utama NU berada di Jawa dan khusisnya di wilayah provinsi Jawa Timur. Untuk wilayah di luar Jawa, basis utama berada di provinsi Sumatra Utara. Tiga kota utama dimana organisasi NU terdapat di provinsi Sumatra Utara adalah kota Padang Sidempuan, Kotanopan dan Kota Medan. Untuk sekadar diketahui, pesantren terbesar di wilayah Sumatra pada era Hindia Belanda berada di Kotanopan (lebih besar dari pesantren-pesantren yang ada di Jawa), suatu lembaga pendidikan dan pengajaran Islam yang melahirkan banyak pengajar agama (ustadz) yang menyebar ke seluruh Indonesia dan Malaysia. Bahkan banyak diantara lulusan pesntren Kotanopan ini yang merantau ke Arab Saudi di Jeddah, Mekkah dan Madina yang menjadi memandu para haji pada era Hindia Belanda. Salah satu tokoh Islam yang menjadi ulama terkemuka di Mekkah, sekitar awal pendirian NU, yang berasal dari Tapanuli Selatan adalah Syekh Abdul Qadir Al-Mandili. Catatan lainnya bahwa penulis buku panduan perjalanan haji ke Mekkah ditulis oleh Saleh Harahap gelar Dja Endar Moeda (pensiunan guru) pada tahun 1900 (yang kemudian diadopsi pemerintah Hindia Belanda untuk disebarkan seluruh kota-kota di Hindia Belanda).

Lantas bagaimana sejarah tokoh NU asal Padang Sidempuan (Tapanuli Selatan)? Seperti disebut di atas, sejarah Islam bagi orang Tapnuli Selatan bukanlah hal baru, Konon, Islam kali pertama masuk ke Nusantara di Tapanuli (Barus) dan Kerajaan Islam pertama di nusantara berada di Tapanuli Selatan. Tentu saja di tokoh-tokoh Islam masa lalu asal Tapanuli Selatan, tidak semuanya NU. Banyak yang lain seperti tokoh Masyumi dimana Abdul Hakim Harahap pernah menjadi wakil Perdana Menteri RI di Jogjakarta dan Mr Boerhanoeddin Harahap yang menjadi Perdana Menteri RI pada periode 1955-1956. Bagaimana bisa? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Senin, 06 September 2021

Sejarah Makassar (66): Orang Bajo, Madura di Sumenep; Sebaran Suku Bajo Nusantara, Bahasa Bajo Setua Bahasa Etnik Melayu

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Makassar dalam blog ini Klik Disini 

Orang Bajo bukanlah orang asing di Nusantara. Orang Bajo dapat dikatakan salah satu penduduk asli. Orang Bajo pada masa kini masih ada yang tertinggal karena masih ada yang terpencil dalam dunia peradaban baru di tengah laut. Mereka secara tradisi mengisolasi diri dalam perjalanan waktu. Namun demikian, orang Bajo dapat dikatakan penduduk asli nusantara yang telah memiliki kebudayaan tinggi di zaman kuno. Orang Bajo berbahasa Bajo yang mirip bahasa Melayu mengindikasikan bahasa Bajo setua bahasa Melayu Keutamaan orang Bajo sejak zaman kuno di nusantara hingga ini hari karena kemampuan mereka dalam navigasi pelayaran perdagangan, Orang Bajo adalah pelaut-pelaut ulung di masanya, tetapi pada era teknologi kelautan (dari Eropa) orang Bajo kini, seakan parkir di dalam arus navigasi pelayaran Indonesia,

Orang Bajo berbahasa Bajo terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. Meski disebut dengan nama generik sebagai Orang Bajo, sejatinya orang-orang Bajo memiliki asal-usul yang berbeda. Hal ini juga sama dengan Orang Melayu yang berbahasa Melayu juga terdapat di berbagai wilayah di Indonesia, juga memiliki asal-usul yang berbeda. Seperti bahasa Melayu, bahasa Bajolah yang menyatukan penduduk asli Indonesia yang sangat piawai di lautan sejak zaman kuno disebut dengan nama tunggal sebagai Orang Bajo. Pada masa ini Orang Bajo sudah lebih banyak hidup di daratan dan telah mampu mengejar ketertinggalannya dari etnik lainnya. Orang Bajo kini tersebar di berbagai wilayah seperti Malaysia, Sabah, pulau-pulau di Filipina, Sulawesi, Nusantara dan Jawa.

Lantas bagaimana sejarah Orang Bajo di Jawa, khsusnya Madura di Sumenep? Seperti disebut di atas Orang Bajo tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Meski Orang Bajo terbilang penduduk asli yang memiliki kepiawaian dalam navigasi pelayaran sejak zaman kuno dan berbahasa Melayu, tetapi sejarah Orang Bajo kurang terinformasikan. Sejarah Orang Bajo sendiri baru mulai diperkenalkan JN Vosmaer sejak 1831 di teluk Kendari. Lalu bagaimana sejarah Orang Bajo di Sumenep Madura? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Makassar (65): Bahasa Tolaki di Semenanjung Tenggara Sulawesi; Bahasa Buton di P Buton, Bahasa Muna di P Muna

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Makassar dalam blog ini Klik Disini

Seperti halnya di provinsi Sulawesi Selatan (termasuk Sulawesi Barat), provinsi Sulawesi Tengah dan provinsi Sulawesu Utara (termasuk Gorontalo), di provinsi Sulawesi Tenggara juga terdapat ragam bahasa. Secara umum ragam bahasa di provinsi Sulawesi Tenggara terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama, yaitu Bungku-Tolaki yang terdiri dari bahasa-bahasa Wawonii, Kulisusu, Moronene dan Tolaki. Kelompok kedua, yaitu Muna-Buton yang terdiri dari Busoa, Kambowa, Muna, Wolio, Cia-Cia dan Wakatobi. Penutur bahasa kelompok bahasa Bungku-Tolaki umumnya terdapat di (daratan) Semenanjung Tenggara Sulawesi dan penutur bahasa kelompok Muna-Buton di pulau-pulau selatan semenanjung.

Secara umum penutur bahasa Tolaki tersebar di tujuh kabupaten/kota di provinsi Sulawesi Tenggara yang meliputi Kota Kendari, kabupaten Konawe, kabupaten Konawe Selatan, kabupaten Konawe Utara, kabupaten Kolaka, kabupaten Kolaka Utara dan kabupaten Kolaka Timur. Penutur bahasa Tolaki disebutkan berawal dari dari kerajaan Konawe di wilayah tradisi pegunungan Mekongga (Wikipedia). Salah satu raja Konawe yang terkenal adalah Haluoleo (delapan hari). Kota Kendari yang kini menjadi ibu kota provinsi Sulawesi Tenggara terdiri dari penduduk dengan ragam bahasa. Secara umum ragam bahasa di Kota Kendari adalah Tolaki sebesar 36 persen, Muna (19 persen), Buton (26%), Moronene (10%) dan Wawonii (9%). Penduduk asli Kota Kendari berasal dari penutur bahasa Tolaki. Bahasa Tolaki sendiri secara khusus memiliki beberapa dialek seperti dialek-dialek Mekongga, Konawe, Nawoni, Moronene, Kalisus dan Kabaena.

Lantas bagaimana sejarah bahasa Tolaki? Seperti disebut di atas penutur bahasa Tolaki terbilang besar dan tersebar luas khususnya di wilayah (daratan) semenanjung tenggara pulau Sulawesi. Penduduk penutur bahasa Tolaki juga disebut sebagai penduduk asli di Kota Kendari (ibu kota provinsi). Lalu bagaimana sejarah bahasa Tolaki dan penduduk di semenanjung tenggara Sulawesi? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.