Sejarah Jakarta (44): Sejarah Awal Bundaran HI; Tempo Doeloe Dari Stasion Pegangsaan ke Kebon Sirih via Kampong Menteng


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Jakarta dalam blog ini Klik Disini  

Pada masa kini Bundaran HI (Hotel Indonesia) menjadi salah satu ikon Kota Jakarta. Hotel Indonesia dan Bundaran HI dibangun sehubungan dengan penyelenggaraan Asian Games 1962. Posisi Bundaran HI berada di tengah garis lurus jalan antara Lapangan Monas dengan Jembatan Semanggi dan Stadion Bung Karno di Senayan. Satu situs penting lainnya adalah gedung Sarinah. Garis lurus imajiner berpotongan dan titik imajiner di Bundaran HI sehubungan dengan penyelenggaraan Asian Games 1962 menjadi titik awal perkembangan baru kota Djakarta tempo doeloe menjadi kota metropolitan Jakarta masa depan.

Garis Imajiner Bundaran HI (Peta 1897)
Dengan dibangunnya Bundaran HI, perkembangan kawasan di Menteng yang dulunya berpusat di Prapatan (Weltevreden) dan Tanah Abang menjadi terintegrasi dan membentuk kawasan yang lebih luas berpusat di Bundaran HI. Posisi strategis Bundaran HI juga menjadi batas pemisah antara lingkungan Eropa/Belanda tempo doeloe di sekitar Harmoni dan Koningsplein dengan area pengembangan baru di selatan kota di Kebajoran, Dalam hal ini, penentuan dan penetapan Bundaran HI seakan menjadi suatu titik imajiner Kota Jakarta di masa selanjutnya (masa kini). Seperti yang diharapkan, Bundaran HI yang awalnya berada di belakang perumahan Menteng telah mengubah posisi spasial 180 derajat Bundaran HI menjadi berada di depan. Itulah pemikiran futuristik ala Presiden Soekarno.

Bagaimana dinamika pembangunan Kota Jakarta setelah tahun 1962 tentu saja sudah banyak ditulis dan telah menjadi pengetahuan umum. Namun bagaimana proses evolutif pengembangan kawasan sebelum tahun 1962 (ketika Bundaaran HI masih imajiner) kurang terinformasikan dengan baik. Bagaimana sejarah kawasan sebelum adanya Bundaran HI tentu masih menarik untuk diperhatikan. Untuk merekonstruksi memori masa lampau di sekitar kawasan baru itu mari kita telusuri sumber-sunber tempo doeloe.