Sejarah Jakarta (86): Mendengarkan Cerita Bung Ridwan Saidi Mengenai Bang MH Thamrin; Sejarah Adalah Narasi Fakta-Data


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Jakarta dalam blog ini Klik Disini

Bung Ridwan Saidi dan Bang MH Thamrin adalah tokoh beda generasi yang saya suka. Namun yang menjadi masalahnya adalah ketika Bung Ridwan Saidi bercerita tentang Bang MH Thamrin lebih banyak salahnya daripada benarnya. Padahal siapa yang seharusnya mewakili untuk menceritakan tentang Bang MH Thamrin, sosok yang paling tepat adalah Bung Ridwan Saidi. Sebab, Bung Ridwan Saidi dan Bang MH Thamrin sama-sama pernah tinggal di Sawah Besar.

Ini bermula ketika seorang teman, asli Betawi menunjukkan saya video tentang suatu wawancara kepada Bung Ridwan Saidi tentang Bang MH Thamrin yang diupload di You Tube. Saya coba melihat, memang enak mendengar bagaimana Bung Ridwan Saidi bercerita tentang Bang MH Thamrin. Seperti saya, tampaknya Bung Ridwan Saidi juga pengagum Bang MH Thamrin. Yang membuat saya kaget, ekspektasi saya keliru, ingin mendapatkan pengetahuan tambahan tentang Bang MH Thamrin dari Bung Ridwan Saidi, justru banyak kekeliruan yang harus saya catat. Catatan tersebut menjadi pertanyaan dalam menulis artikel ini.

Lantas seperti apa sejarah MH Thamrin? Tentu saja sudah banyak ditulis dan tak perlu diulang di sini, cukup baca saja di internet. Saya juga pernah menulis bagian-bagian tertentu dari sejarah MH Thamrin. Namun soal kekeliruan yang terdapat dalam narasi cerita Bung Ridwan Saidi tentang Bang MH Thamrin kiranya perlu ditambahkan dan juga dikurangi agar kontennya berisi penuh. Dengan demikian narasi sejarah MH Thamrin akan menjadi baik dan benar. Untuk meluruskan sejarah MH Thamrin mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.