Sejarah Bandung (45): Fakta Sejarah Radio Malabar, Diresmikan 5 Mei 1923; Misteri Kematian Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bandung dalam blog ini Klik Disini

Di Bandung tempo doeloe terdapat stasion radio. Lokasi stasion radio berada di pegunungan Malabar. Stasion radio terkuat di dunia ini diresmikan oleh Gubernur Jenderal Dirk Fock pada tanggal 5 Mei 1923. Namun sebelum diresmikan, pada tanggal 1 Mei antena stasion radio disebutkan disambar petir. Oleh karenanya dalam peresmian tanggal lima tersebut, Gubernur Jenderal hanya bisa mengirim telegram kepada Ratu dan Menteri Koloni (lihat De Preanger-bode,  05-05-1923). Apakah telah terjadi sabotase? Beberapa bulan sebelum proyek diresmikan terbit peraturan pemerintah bahwa penerimaan pesan oleh radio-radio amatir dilarang dan akan dipidana.

Stasion Malabar, CJ de Groot dan monumen di Bandoeng
Orang penting di belakang maha karya stasion radio Malabar ini adalah Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot. Dalam pembangunan stasion radio ini, sang arsitek de Groot didukung habis oleh Gubernur Jenderal Dirk Fock. Tidak lama setelah berakhirnya jabatan Dirk Fock sebagai Gubernur Jenderal pada tahun 1826, Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot dikabarkan meninggal mendadak tanggal 1Agustus 1927. Kematian de Groot dianggap suatu misteri. Meski demikian, banyak pihak yang mengapresiasi Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot sebagai orang Belanda yang berhasil menghubungkan Belanda dan Hindia. Suatu komite telah dibentuk untuk penggalangan dana untuk membangun monumen di Bandoeng (lihat Haagsche courant, 29-12-1927).

Sejarah stasion Malabar tentu saja sudah banyak ditulis. Namun diantara tulisan-tulisan tersebut banyak keterangan yang berbeda dengan fakta dan informasi yang sebenarnya. Siapa sesungguhnya Dr. Ir. Cornelis Johannes de Groot kurang terinformasikan secara baik. Padahal maha karya stasion Malabar dan si jenius de Groot tidak terpisahkan satu sama lain. Sehubungan dengan itu, untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri (kembali) sumber-sumber tempo doeloe.