Sejarah Jakarta (2): Kapan Nama Batavia Muncul; Kapal Kargo Pertama Dilaporkan dari Batavia Tahun 1627



Nama tempat Sunda Kelapa (Cunda Calapa/Belanda) atau Iacatra (Jacatra/Portugis) tidak muncul lagi. Nama yang muncul ke permukaan sebagaimana disebut dalam surat kabar dan peta adalah nama baru, yaitu Batavia. Yang menyisakan pertanyaan kapan nama Batavia menggantikan Sunda Kelapa/Jacatra?

Berdasarkan buku sejarah, VOC didirikan 20 Maret 1602. VOC (Verenigde Oost-Indische Compagnie) adalah perkumpulan dagang Belanda di Asia. VOC kemudian membangun pos yang awalnya di Banten (1603) dan kemudian ke Jacatra/Jayakarta. Pada tahun 1619 Jan Pieterzoon Coen mendirikan benteng Batavia.

Nama Batavia Diketahui Berdasarkan Berita Kapal Sejak 1627

Courante uyt Italien, Duytslandt, &c, 31-07-1627
Informasi pertama tentang nama Batavia ditemukan dalam surat kabar Courante uyt Italien, Duytslandt, &c edisi 31 Juli 1627. Nama Batavia dalam surat kabar tersebut mengacu pada kutipan berita berikut: ‘Kapal kargo dari Batavia pada bulan Desember 1626 telah tiba di Texel pada tanggal 24 Juli 1627’. Berita ini mengindikasikan bahwa perjalanan kapal kargo ini sejak dikirim dari Batavia hingga tiba di Texel membutuhkan waktu tujuh bulan. Suatu waktu yang sangat lama, tapi begitulah pelayaran saat itu.