Sejarah Jakarta (39): Berlan, Kini Nama Kampung, Dulu Nama Beeren Laan; Sejarah Benteng-Benteng Tempo Doeloe di Jakarta


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Jakarta dalam blog ini Klik Disini

Ada nama kampung bernama Berlan di Jakarta. Kampung Berlan terkenal karena berada diantara Jalan Matraman dan sungai Ciliwung. Dari namanya, Berlan bukan berasal dari nama kampung asli (lama), tetapi nama baru yang muncul kemudian. Nama kampung Berlan merujuk pada nama jalan tempo doeloe yakni Beeren Laan. Dalam perkembangan jaman, nama jalan Beeren Laan mereduksi menjadi Berlan.

Jalan Beeren Laan (Peta 1930)
Kampung Berlan kini termasuk Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Di kampung Berlan pernah menjadi perumahan TNI, Akan tetapi pada masa ini perumahan tersebut telah berganti penghuni, sebagian anak cucu anggota TNI Zeni dan sebagian yang lain warga biasa. Nama kampung Berlan masih dikenal pada masa ini.

Bagaimana nama Beeren Laan muncul? Di ujung jalan Beeren Laan ini dulu terdapat sebuah benteng kuno. Benteng ini berada di sisi sungai Tjiliwong. Lantas apa hubungan benteng dengan Beeren Laand? Mungkin sepintas terkesan tidak penting, tetapi sesungguhnya ceritanya menjadi penting di masa lampau. Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.