Sejarah Jakarta (49): Sejarah Matraman dan Presiden Barack Obama; Landhuis Weg di Land Matraman Kini Menjadi Jalan Tambak


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Jakarta dalam blog ini Klik Disini 

Nama Matraman cukup terkenal. Pada masa ini nama Matraman ditabalkan sebagai nama kecamatan di Jakarta Timur. Tempo doeloe di Kampong Matraman terdapat landhuis Matraman (lihat Peta 1825). Letak landhuis ini berada di sisi barat sungai Tjiliwong. Dari landhuis ini dihubungkan sebuah jalan dan jembatan di atas sungai Tjiliwong menuju jalan pos (Postweg) di pertemuan jalan Salemba dan jalan Matraman yang sekarang.

Landhuis Matraman (Peta 1904)
Di Jakarta tempo doeloe banyak ditemukan tanah-tanah partikelir (landerein). Keberadan tanah-tanah partikelir ini secara langsung di sekitar landhis telah memicu dan memacu pertumbuhan dan perkembangan dalam bidang: pertanian, infrastruktur, transportasi,  ekonomi, sosial dan budaya serta lainnya. Itulah mengapa keberadaan tanah-tanah partikelir di Jakarta pada masa lampau penting dalam sejarah Kota Jakarta.

Jalan yang berada di sekitar landhuis yang disebut Landhuis laan setelah era NKRI diubah menjadi jalan Tambak (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 16-10-1950). Jalan Tambak ini mulai dari stasion Manggarai hingga persimpangan jalam Proklamasi.