Sejarah Persija Jakarta [7]: STOVIA Voetbal Club Kembali Ikut Kompetisi (1911); Kejuaraan Antar Perserikatan di Jawa Dimulai (1914)

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Persija Jakarta dalam blog ini Klik Disin


Beberapa waktu yang lalu sempat malas melanjutkan tulisan artikel sepakbola Indonesia, karena kisruh sepakbola Indonesia hingga dibekukan FIFA. Sejak itu saya tidak pernah menyalakn tv untuk menonton liga manapun bahkan turnamen apa yang digelar selama setahun ini saya tidak tahu. Tapi, dengar-dengar kompetisi PSSI akan digelar lagi. Karena itu, ada harapan, dan semangat menulis muncul kembali. Serial sejarah sepakbola Jakarta dan sejarah Persija Jakarta ditulis untuk menyambut pagelaran liga yang baru (mungkin bulan April 2016 ini). Selain itu, sejarah sepakbola kita banyak yang belum terungkap atau sengaja tidak diungkapkan. Sejarah sepakbola Indonesia banyak juga yang palsu, di satu sisi mengangkat satu hal dan di sisi lain mengerdilkan hal lain. Kini, semua bahan-bahan data dan informasi yang menjadi muatan sejarah sepakbola kita sudah bisa diakses: cepat, lengkap dan akurat. Internet telah membuka mata kita untuk menulis apa yang sesungguhnya terjadi di masa lampau. Untuk lebih memahaminya: saya akan terus tulis, dan silahkan ikuti terus. Catatan: Saya bukanlah sejarawan, tetapi seorang mantan suporter sepakbola yang ingin memahami ekonomi, industri dan bisnis sepakbola Indonesia. Untuk memahami itu saya memerlukan pengetahuan sejarahnya.

STOVIA tidak terlalu peduli dengan kompetisi, para pemain tampaknya memiliki agenda tersendiri di dalam dunia sepakbola. Setelah STOVIA VC melawat ke Medan, seakan mempunyai kawan jauh dimata dekat di hati, sedangkan klub-klub ETI di Jakarta meski dekat dimata tetapi jauh dihati.

Sementara kompetisi sepakbola di Jakarta terus berjalan tanpa kehadiran STOVIA VC. Orang-orang ETI di Jakarta tidak terlalu membutuhkan STOVIA VC lagi, sebab sudah banyak klub-klub ETI yang dibentuk. Selain kompetisi sudah teruji dalam dua divisi, belakangan ini sudah mulai menerapkan aturan promosi-degradasi. Kompetisi pada tahun 1910 tetap terselenggara seperti sebelumnya. Dalam tahun ini Mars naik ke Divisi-1. Di Divisi-2 juga terdapat klub SSS. Pada tahun ini, Bataviaschen Voetbalbond membentuk tim perserikatan dan telah melalukan uji xoba dengan klub VIOS. Tim Jakarta ini akan melakukan pertndingan ke Surabaya untuk merayakan ulang tahun Soerabajaschen Voetbal-Bond (Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indie, 03-08-1910). Di tahun ini juga dibentuk klub baru: Go Ahead.