Selasa, 18 Juli 2023

Sejarah Tata Kota Indonesia (36): Tata Kota di Mataram, Lombok dan Bima; Sejak Era VOC hingga Pemerintah Hindia Belanda


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Tata Kota di Indonesia di blog ini Klik Disini

Narasi sejarah Lombok khususnya kota Mataram sangat minim karena data yang tersedia sangat minim hingga rintisan ke narasi yang lebih lengkap di mulai dalam blog ini pada Juni 2020. Salah satu aspek sejarah Lombok yang dinarasikan adalah kota Mataram. Dalam konteks inilah narasi tata kota Maram menjadi bagian dari narasi tata kota di Indonesia. Kota Mataram sendiri adalah kota baru, kota-kota lama sejak era VOC umumnya di pantai seperti Lombok di pantai timur Lombok dan Bima di pulau Sumbawa.


Nama Jalan hingga Tata Kota Jadi Saksi Sejarah Mataram Tempo Dulu. Ahmada Efendi. 12 Januari 2022. Klikmataram. Pohon-pohon kenari berjejer di kanan kiri Jalan Langko dan Jalan Pejanggik di Kota Mataram peninggalan pemerintahan kolonial Belanda. Ruas Jalan Pejanggik dan Jalan Langko sudah terbentang sebelum Kolonial Belanda bercokol di Lombok. Tulisan dalam The Journal of Indian Archipelago and Eastern Asia volume V, June 1851. Ahli botani dari Swiss Heinrich Zollinger menjelaskan tentang Mataram sebagai ibukota kerajaan. Berjarak 3 mil dari pantai Pelabuhan Ampenan. Satu mil berupa jalan berkelok dan dua mil sisanya adalah jalan lurus menuju Mataram. Zollinger menyebut jalan lurus itu sangat indah. Lebarnya sekitar 20 M dan di kanan kirinya tumbuh Pohon Ara yang berjajar menaungi sepanjang jalan itu. Menurut Zollinger, belum pernah dia temukan avenue atau jalan-jalan seindah itu di manapun. Tampaknya pemimpin Kerajaan Mataram Karangasem memang mempunyai keahlian tata kota yang mampu memberi jawaban untuk sebuah generasi zaman yang panjang. Hingga hari ini Jalan Langko dan Pejanggik tidak pernah tergantikan, melainkan hanya direnovasi dan dihiasi seiring waktu. Belanda sebagai pemenang mulai menata kota itu kembali. (https://mataram.pikiran-rakyat.com/)

Lantas bagaimana sejarah tata kota di Mataram, Lombok dan Bima? Seperti disebut di atas, kota Mataram memiliki sejarah sendiri. Namun sebelum nama Mataram dikenal, sejak era VOC sidah dikenal nama kota Lombok dan kota Bima. Pada era Pemerintah Hindia Belanda kota Mataram di pantai barat telah menggantikan kota Lombok di pantai timur. Lalu bagaimana sejarah tata kota di Mataram, Lombok dan Bima? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Tata Kota Indonesia (35): Tata Kota Serang, Anyer, Banten; Sejak Era Portugis, VOC hingga Pemerintah Hindia Belanda


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Tata Kota di Indonesia di blog ini Klik Disini

Sejak kapan terbentuk kota Serang? Pertanyaan yang lebih penting adalah sejak kapan kota Banten terbentuk? Dalam hal ini kesinambungan antara Banten dengan Serang, yang mana kota Serang adalah suksesi kota Banten. Untuk memahami sejarah kota Serang khususnya tata kota, haruslah memahami sejarah tata kota Banten, suatu kota tua yang sudah dikenal sejak era Portugis dan era VOC. Pada era Pemerintah Hindia Belanda muncul nama Serang.


Sejarah Di Balik Bangunan Kolonial Kota Serang. Bpcbbanten. 1 Agustus 2019. Tahun 1596 merupakan awal kedatangan armada Belanda di Banten. Adanya persaingan dagang dengan Spanyol dan Portugis, tahun 1603 mendirikan kantor dagang di Banten. Sultan Banten memaksa kantor tersebut dipindahkan ke Jayakarta tahun 1611. Tanggal 5 Januari 1808, Deandels, Gubernur Jenderal Hindia Belanda mengeluarkan surat keputusan bahwa Jayakarta menjadi pusat pemerintahan. Daendels melakukan birokratisasi di kalangan pemerintahan tradisional dengan menjadikan para sultan dan bupati sebagai pegawai pemerintahan. Sultan Banten pada saat itu, tidak mengakui kekuasaan Daendels. Sultan Banten ditangkap kemudian benteng serta Keraton Surosowan dihancurkan dan dibakar. Pada saat Raffles pusat pemerintahan berada di Keraton Kaibon. Berakhir eksistensi Kesultanan Banten. Pada 1828, pusat pemerintahan di Banten dipindahkan dari Kaibon ke daerah di sebelah selatannya, dengan membangun kota Serang. Dimulainya Serang sebagai kota ditandai didirikannya bangunan bergaya Eropa. Sebagai ibukota Keresidenan Banten, Serang satu-satunya tempat paling ramai di Banten. Bangunan tinggalan masa kolonial saat ini masih berdiri di Kota Serang antara lain Pendopo Gubernur, Kantor Bupati, Gedung Joeang 45, Gedung Dinas Pendapatan, Mapolres Serang, Korem, Stasiun Kereta Api Serang. (https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/)

Lantas bagaimana sejarah tata kota di Serang, Anyer dan Banten? Seperti disebut di atas, wilayah Banten sudah dikenal luas sejak era Portugis. Kehadiran Belanda telah mengubah situasi dan kondisi di Banten. Dimana kota bermula di (pelabuhan) Banten dan berakhir di Serang (pedalaman). Proses ini berlansung sejak era Portugis, VOC hingga Pemerintah Hindia Belanda. Lalu bagaimana sejarah tata kota di Serang, Anyer dan Banten? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.