Sejarah Semarang (14): Sejarah Sepak Bola di Semarang Bermula 1899; PSIS Semarang Sedari Doeloe Terkenal, Riwayatmu Kini

Untuk melihat semua artikel Sejarah Semarang dalam blog ini Klik Disini


Sejarah sepak bola di Semarang adalah permainan yang terbilang tua, sudah sejak dari dulu ada Sebagaimana di kota-kota lain, di Kota Semarang permainan sepak bola sangat disukai warganya. Tidak hanya oleh warga Eropa/Belanda tetapi juga warga Tionghoa dan penduduk asli (pribumi). Sepak bola Semarang adalah bagian dari sepakbola Indonesia sejak era kolonial Belanda.

Klub Vios Batavia di Semarang, 1914
Artikel ini ditulis ketika tengah berlangsung pertandingan antara PSMS Medan dan PSIS Semarang dalam liga sepak bola Indonesia level kedua (Liga-2) pada babak partai semifinal [skor masih 0-0]. Pemenang dari pertandingan malam ini (25 November 2017) akan otomatis promosi ke Liga-1 tahun depan (Liga-1 Tahun 2018). Mari kita tunggu klub mana yang muncul sebagai pemenang.

PSIS Semarang adalah klub terkenal di Kota Semarang, suatu klub yang dibentuk dari perserikatan sepak bola di Semarang pada tahun 1993. Perserikatan Sepak Bola Semarang sendiri adalah suatu perhimpunan seluruh sepak bola di Semarang yang didirikan pada tanggal 18 Mei 1932. Munculnya perserikatan sepak bola ini sebagai respon dari dinamika sepak bola yang ada di Semarang yang jauh sebelumnya telah diperkenalkan oleh orang-orang Eropa/Belanda.