Sejarah Bandung (13): Sejarah Jalan Braga Ditulis Keliru, Ini Faktanya; Jalan Tertua di Bandung


Jalan Braga (Peta 1910)
Jalan Braga Bandung adalah jalan yang sudah dikenal sejak dari doeloe. Jalan ini tidak hanya popular bagi warga Bandung tetapi juga cukup dikenal oleh para wisatawan, baik domestik maupun manca negara. Oleh karena nama jalan Braga sendiri tidak pernah berubah sejak era kolonial, maka nama jalan Braga dikenal oleh antar generasi. Kini jalan Braga adalah salah satu heritage dan juga dianggap sebagai salah satu icon Kota Bandung.

Nama jalan Braga sangat dikenal luas sejak dari dulu, tetapi sangat disayangkan sejarahnya ditulis secara keliru. Mungkin karena begitu popular, detail sejarahnya terabaikan. Artikel ini menelusuri TKP di masa lampau. Mari kita lacak.

Asal Usul Nama Braga

Java-bode: voor Nederlandsch-Indie, 06-06-1883
Nama ‘Braga’ di Bandoeng kali pertama muncul pada tahun 1883. Muncul di surat kabar, karena sejumlah individu membentuk paguyuban (vereeniging) yang diberi nama ‘Braga’ untuk mempromosikan tempat yang nyaman dengan menyediakan pertunjukan drama, musik dan puisi (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 06-06-1883). Sarikat ini mendapat pengesahan dari pemerintah berdasarkan Stbl. No.152 (De locomotief: Samarangsch handels- en advertentie-blad, 08-06-1883).