Sejarah Bogor (22): Kronologis Terbentuknya Kota Bogor; Fort Padjadjaran Menjadi Istana Buitenzorg dan Kantor Residen Menjadi Ibukota (Hoofdplaats)

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bogor dalam blog ini Klik Disin


Kota Bogor memiliki kedekatan dengan Istana Bogor. Demikian juga pada masa lampau, Istana Buitenzorg memiliki keterkaitan dengan munculnya Kota Buitenzorg.

Fort Padjadjaran Menjadi Istana Bogor (lukisan Jhos Rach, 1772)
Hari ini mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama berkunjung ke Kota Bogor dan diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Tidak lama memang, tetapi kunjungan ini cukup efektif. Setelah berada beberapa saat di dalam istana, Joko Widodo membawa tamunya melihat kebun raya yang diakhiri ‘ngopi’ di cafe yang berada di sisi utara Kebun Raya, Grand Garden Cafe. Dalam jalan-jalan di seputar kebun raya ini, Joko Widodo dan Obama satu kendaraan mobil golf. Itulah magnit Istana dan Kebun Raya Bogor yang menjadi elemen paling penting tentang Kota Bogor.

Istana Bogor sendiri memiliki sejarah yang panjang. Lokasi Istana Bogor ini awalnya sebuah benteng yang didirikan VOC, suatu benteng yang dibangun setelah tim ekspedisi yang dipimpin Sersan Scipio tahun 1687 menemukan lokasi yang tepat berada di titik persinggungan terdekat antara sungai Tjiliwong dan sungai Tjisadane. Benteng ini disebut Fort Padjadjaran. Di lokasi benteng inilah awalnya dibangun villa Gubernur Jenderal lalu ditingkatkan menjadi Istana Buitenzorg.