Kamis, 27 Oktober 2022

Sejarah Lampung (19): Kereta Api, Wilayah Lampung; Wilayah Operasi Sumatra Bagian Selatan Antara Telok Betoeng - Palembang


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lampung di dalam blog ini Klik Disini  

Moda transportasi di Lampung bermula dengan moda transpoertasi sungai/laut sejak zaman kuno, kemudian dikembangkan moda transportasi jalan raya pada era Pemerintah Hindia Belanda. Untuk mendukung perkembangan industri pertambangan dan perkembangan, Pemerintah Hindia Belanda mengembangkan moda transportasi kereta api, yang bermula ruas antara kota Teloek Betoeng dengan pelabuhan Pandjang.


Stasiun Tanjungkarang (TNK) atau Stasiun Bandar Lampung merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Kota Bandar Lampung, tepatnya di Gunung Sari, Enggal, Bandar Lampung. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun dalam jalur kereta api yang menghubungkan Bandar Lampung dengan Kota Palembang, Sumatra Selatan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +96 m ini merupakan stasiun kereta api utama PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional IV Tanjungkarang. Stasiun ini difungsikan untuk pemberangkatan kereta api jarak jauh yang melayani perjalanan hingga Stasiun Kertapati Palembang. Jalur kereta api pertama yang dibangun di Lampung dimulai dari Stasiun Panjang, menuju Stasiun Tanjungkarang sejauh 12 km. Jalur ini diresmikan pada tanggal 3 Agustus 1914 oleh Staatsspoorwegen op Zuid-Sumatra (ZSS), divisi dari Staatsspoorwegen (SS). Selanjutnya pembangunan diarahkan ke Kota Palembang. Dengan menggunakan lebar sepur 1.067 mm, ZSS berhasil membangun jalur kereta api di rute Palembang–Bandar Lampung sejauh 529 kilometer. Kesuksesan yang diraih SS menginspirasi perusahaan ini pernah menyusun masterplan agar seluruh wilayah Sumatra terhubung dengan rel kereta api, namun Depresi Besar (zaman malaise) yang terjadi di akhir dekade 1920-an menyebabkan rencana ini gagal (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah kereta api di Wilayah Lampung? Seperti disebut di atas, pada era Pemerintah Hindia Belanda, daerah operasi kereta api focus di Sumatra Barata (antara Padang/Teluk Bayur dan Sawah Lunto), Sumatra Timur (antara Medan dan Belawan dan Binjai) serta Lampung (Sumatra bagian Selatan) antara Teloek Betoeng dan pelabuhan Pandjang. Lalu bagaimana sejarah kereta api di Wilayah Lampung? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Lampung (18): Pembangunan Jalan Wilayah Lampung; Bermula Ruas Tarabangi dengan Teloek Betoeng dan Tebing Tinggi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lampung di dalam blog ini Klik Disini  

Pada masa ini seluruh tempat di wilayah (provinsi) Lampung sudah terhubung dengan moda transfortasi jalan raya. Dari kota besar hingga ke kota kecil dan desa-desa serta antar desa. Semua itu bermula di masa lampau, jalan rintisan oleh penduduk Lampung yang kemudian dikembangkan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Jalan-jalan itu pula yang ditingkatkan dengan menambah ruas jalan baru pada era Pemerintah Republik Indonesia.


Satu yang penting pada masa ini, moda transportasi sudah terhubung antara satu daerah dengan daerah lain di (pulau) Sumatra, antara provinsi Lampung dengan semua provinsi di Sumatra melalui jalan utama trans-Sumatra dari Jakarta dimulai di wilayah Lampung (dulu pelabuhan Teluk Betung/Panjang dan kini Bakauheni). Akhir-akhir ini status jalan itu telah ditingkatkan dengan moda transportasi jalan tol.

Lantas bagaimana sejarah pembangunan jalan di wilayah Lampung? Seperti disebut di atas, semua itu bermula pada era Pemerintah Hindia Belanda. Dua ruas pertama pembangunan jalan di Lampung adalah ruas Tarabangi (kini Terbanggi Besar) ke selatan di Telok Betoeng dan ruas ke utara antara Tarabangi ke Tebing Tinggi (Residentie Palembang). Lalu bagaimana sejarah pembangunan jalan di wilayah Lampung? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.