Sabtu, 05 November 2022

Sejarah Lampung (37): Lapangan Terbang di Lampung; Pembangunan Lapangan Terbang Branti 1952 dan Ir. Tarip Abdullah Harahap


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lampung di dalam blog ini Klik Disini 

Sejarah lapangan terbang di Lampung, pada dasarnya tidak dimulai dari Branti, tetapi pada era Pemerintah Hindia Belanda dimulai di Teloek Betoeng. Pesawat pertama kali dari Jawa (Bandoeng) di Teloek Betoeng tahun 1926. Lapangan terbang Branti dimulai pada era pendudukan Jepang. Pada era Republik Indonesia, pada tahun 1952 lapangan terbang Branti ditingkatkan untuk kebutuhan penerbangan sipil. Pembangunan lapangan terbang Branti dipimpin oleh Direktur Penerbangan Sipil, Kementerian Perhubungan Ir Ir Tarip Abdullah Harahap.


Bandar Udara Internasional Radin Intan II Lampung sebelumnya bernama Pelabuhan Udara Branti adalah peninggalan Pemerintahan Jepang yang dibangun pada tahun 1943. Pada tahun 1946 diserahkan kepada Pemerintahan Republik Indonesia Cq. Detasemen Angkatan Udara / AURI. Dari tahun 1946-1955 Pelabuhan Udara Branti dikelola oleh Detasemen Angkatan Udara / AURI dan pada saat itu belum ada penerbangan komersial/ reguler. Pada tahun 1955, pengelolaan Pelabuhan Udara Branti dikelola oleh Djawatan Penerbangan Sipil (DPS) karena pada tahun tersebut Detasemen Angkatan Udara / AURI memiliki pangkalan udara di Menggala Kabupaten Lampung Utara. Pada tahun 1956 Garuda Indonesian Airways merintis membuka jalur penerbangan yang pertama kali dengan rute Jakarta – Tanjung Karang PP, dengan menggunakan pesawat jenis Barron dan pada tahun itu juga penerbangan komersial dimulai dengan frekuensi penerbangan 3 kali/minggu (jenis pesawat Barron diganti Dakota) dengan panjang landasan pacu ± 900 meter. Pada tahun 1963 secara resmi Bandar Udara Branti dari AURI diserahterimakan kepada Residen Lampung dan pada tahun 1964 diserahkan pengelolaannya kepada Djawatan Penerbangan Sipil (DPS). Pada tahun 1975 (Pelita II Tahun I) dimulai pembangunan landasan baru yang terletak disamping/sejajar dengan landasan lama. Pembangunan landasan baru dengan maksud untuk dapat didarati pesawat jenis F-28 dan sejenisnya. Secara bertahap landasan dibangun dan pada saat itu panjangnya mencapai ± 1,85 kilometer. Pada tahun 1976 pembangunan landasan beserta Apron yang baru telah selesai dan diresmikan penggunaannya pada bulan Juni 1976 oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Bapak Marsma Kardono dengan menggunakan pesawat F - 28 MK 3.000. Pada tanggal 1 September 1985 istilah Pelabuhan Udara Branti diubah menjadi Bandar Udara Branti dengan singkatan Bandara Branti (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah lapangan terbang di Lampung? Seperti disebut di atas, sejarah penerbangan diu Lampung tidak dimulai pada era lapangan terbang Branti, tetapi jauh di masa lampau pada era Pemerintah Hindia Belanda di lapangajn terbang Teloek Betoeng. Namunm satu yang jelas pembangunan lapangan terbang Branti terlaksana pada masa awal era Republik Indonesia yang dipimpin Ir Tarip Abdullah Harahap. Lalu bagaimana sejarah lapangan terbang di Lampung? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Lampung (36):Pelabuhan Lampung, Pelabuhan Kuno hingga Pelabuhan Modern; Teluk Betoeng, Pandjang, dan Bakauheni


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lampung di dalam blog ini Klik Disini

Dalam narasi sejarah pelabuhan di Lampung lebih mengenal pelabuhan (perdagangan) Pandjang dan pelabuhan (penyeberangan) Bakauheni. Dua pelabuhan tersebut tentulah masih terbilang baru. Sebelum dibangun pelabuhan Pandjang, di teluk Lampung pelabuhan utama adalah pelabuhan Teloek Betoeng. Namun pelabuhan itu juga masih terbilang baru, dua pelabuhan kuno terdapat di teluk Semangka dan di muara sungai Toelang Bawang.


Pelabuhan Panjang adalah sebuah pelabuhan internasional yang terletak di Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung, Lampung. Pelabuhan ini adalah salah satu pelabuhan besar di Indonesia. Saat ini Pelabuhan ini sedang memperluas area dermaga dengan mereklamasi pantai serta revitalisasi jalur kereta api Pidada. Pada mulanya pelabuhan ini hanyalah pelabuhan kecil di Teluk Betung yang disingahi kapal-kapal motor dan perahu layar yang mengangkut hasil perikanan dan pertanian keluar daerah lampung atau sebaliknya mengangkut barang barang dari luar daerah Lampung ke daerah lampung untuk memenuhi kebutuhan Provinsi Lampung dan sekitarnya. Dengan adanya peningkatan kegiatan pada abad ke XVII oleh Pemerintah Hindia Belanda, maka dibangun pelabuhan panjang yang dikenal dengan nama “Oesthaven”. Pembangunan tahap pertama yaitu dermaga sepanjang 200 Mr dengan menggunakan konstruksi caisson dengan kedalaman -7 LWS beserta satu unit gudang dengan luas kurang lebih 1.000 M3. Pelabuhan panjang saat ini telah tumbuh dan berkembang menjadi pelabuhan Samudera yang melayani pelayaran antar pulau dan antar negara. Pembangunan pelabuhan panjang dengan menambah fasilitas dan peralatan penunjang, ini terus dilakukan secara bertahap sejalan dengan tuntutan permintaan pengguna jasa serta perkembangan perdagangan internasional (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah pelabuhan di Lampung? Seperti disebut di atas di Lampoeng sudah ada pelabuhan sejak zaman kuno, Dua pelabuhan yang dikenal pada era VOC/Belanda trerdapat di teluk Semangka dan muara sungai Toelang Bawang. Pelabuhan Teluk Betoeng yang kemudian relokasi ke Pandjang adalah pelabuhan moder pada er Pemerintah Hindia Belanda. Lalu bagaimana sejarah pelabuhan di Lampung? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.