Sejarah Kota Ambon (10): Mr. Willem van Outhoorn, Gubernur Jenderal VOC Lahir di Ambon; Siapa Sebenarnya HJ van Mook?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Ambon dalam blog ini Klik Disini 

Ada satu orang Gubernur Jenderal VOC yang lahir di Hindia yaitu Willem van Outhoorn. Lahir di Larike, Leihitu, Amboina, Maluku pada tanggal Mei 1635. Willem van Outhoorn sendiri menjabat sebagai Gubernur Jenderal VOC dari tahun 1690 hingga 1704. Ini tentu saja sangat unik. Sebab semuanya Gubernur Jenderal VOC adalah kelahiran Eropa/Belanda, kecuali Willem van Outhoorn.

Ambon dan Willem van Outhoorn
Jumlah Gubernur Jenderal selama VOC sebanyak 30 orang. Yang pertama adalah Pieter Both (1610-1614). Saat itu pusat perdagangan VOC berada di Banten. Pieter Both memiliki andil dalam penguasaan wilayah Maluku sehingga pusat pos perdagangan dipindahkan ke Maluku. Setelah dari Maluku, pusat pos perdagangan kembali ke Banten. Pada era gubernur jenderal yang keempat, Jan Pieterszoon Coen, pusat pos perdagangan direlokasi ke Soenda Kalapa yang kemudian membangun benteng (casteel) Batavia. Sejak itu Batavia dijadikan sebagai ibukota. Pada tahun 1799 akhirnya VOC dibubarkan dan digantikan dengan Pemerintah Hindia Belanda.

Lantas bagaimana Willem van Outhoorn bisa menjadi Gubernur Jenderal? Apa peran ayahnya? Ini tentu sangat menarik untuk diketahui. Sementara itu dalam deretan nama Gubernur Jenderal pada era Pemerintah Hindia Belanda juga terdapat satu orang kelahiran Hindia yaitu Hubertus Johannes van Mook. Sebagaimana diketahui, HJ van Mook adalah yang memimpin NICA ketika Belanda kembali ke Indonesia. Ternyata kisah Willem van Outhoorn dan HJ van Mook memiliki kemiripan. Bagaimana itu bisa mirip? Mari kita telusuri seumber-sumber tempo doeloe.