Rabu, 08 Desember 2021

Sejarah Menjadi Indonesia (282): Pahlawan Nasional Wahid Hasyim; Anak M Hasyim Asy'ari-Ayah Abdurrahman Wahid (Gusdur)

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Pahlawan Indonesia tiga generasi: Mohammad Hasyim Asy'ari, Wahid Hasyim dan Abdurrahman Wahid. Tentulah sangat menarik dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sejak era Pemerintah Hindia Belanda hingga era Pemerintah Republik Indonesia. Masing-masing kakek, ayah dan cucu ini tentu sudah ditulis. Namun belum pernah ditulis bagaimana kronologisnya dalam perjuangan bangsa Indonesia.

KH Abdul Wahid Hasjim (1 Juni 1914 – 19 April 1953) adalah pahlawan nasional Indonesia dan menteri negara dalam kabinet pertama Indonesia. Ia adalah ayah dari presiden keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid dan anak dari Mohammad Hasyim Asy'ari, salah satu pahlawan nasional Indonesia. Wahid Hasjim dimakamkan di Tebuireng, Jombang. Pada tahun 1939, NU menjadi anggota MIAI (Majelis Islam A'la Indonesia), sebuah badan federasi partai dan ormas Islam pada zaman pendudukan Belanda. Saat pendudukan Jepang yaitu tepatnya pada tanggal 24 Oktober 1943 ia ditunjuk menjadi Ketua Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) menggantikan MIAI. Selaku pemimpin Masyumi ia merintis pembentukan Barisan Hizbullah yang membantu perjuangan umat Islam mewujudkan kemerdekaan. Selain terlibat dalam gerakan politik, tahun 1944 ia mendirikan Sekolah Tinggi Islam di Jakarta yang pengasuhannya ditangani oleh KH A Kahar Muzakkir. Menjelang kemerdekaan tahun 1945 ia menjadi anggota BPUPKI dan PPKI (Wikipedia).:

Lantas bagaimana sejarah Pahlawan Nasional Wahid Hasyim? Seperti disebut di atas, Wahid Hasyim adalah anak dari Hasyim Asy'ari dan ayah dari Abdurrahman Wahid. Yang belum dikaji adalah bagaimana pahlawan Indonesia tiga generasi ini berjuang untuk bangsa Indonesia. Dari mana dimulai? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (281): Pahlawan-Pahlawan Indonesia di Pesantren; Cilegon, Singaparna, Sidoarjo, Jombang, Kotanopan

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Pahlawan-pahlawan Indonesia tentu saja saja tidak hanya berasal dari sekolah umum, juga banyak yang berasal dari pesantren. Pahlawan Indonesia yang berasal dari pesantren juga ada yang sudah ditabalkan sebagai Pahlawan Nasional seperti dari Singaparna KH. Zainal Mustofa (1899-1944); dari Djombang Wahid Hasyim (1914-1953); dan dari Kotanopan (Tapanuli Selatan) KH Zainoel Arifin Pohan (1909-1963). Wahid Hasyim adalah ayah dari Gusdur dan Zainoel Arifin Pohan adalah pendiri Partai NU yang tertembak di samping Presiden Soekarno di masjid.

Pesantren (pesantrian) adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kompleks ini biasanya dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pesantren juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara nonklasikal, dimana seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh Ulama Abad pertengahan, dan para santrinya biasanya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut (Wikipedia).:

Lantas bagaimana sejarah Pahlawan Indonesia dari pesantren? Seperti disebut di atas, banyak pahlawan Indonesia berasal dari pesantren dan bahkan ada yang berstatus Pahlawan Nasional. Peran pesantren dalam perjuangan sudah ada sejak lama. Perjuangan pesantren Tjilegon melawan Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1887 terbilang sangat serius. Demikian juga pesantren di Singaparna pada tahun 1944 (melawan pemerintahan militer Jepang). Lalu bagaimana dengan pesantren di Sidoardjo dan Kotanipan? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.