Minggu, 19 September 2021

Sejarah Menjadi Indonesia (121):Data Salah dan Data Palsu, Pemalsuan Data Kesalahan Data; Peneliti Sejarah Ekstra Lebih Teliti

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Peneliti harus teliti. Itu pasti. Ketelitian tinggi dilakukan pada semua bidang, lebih-lebih pada bidang masa lampau seperti sejarah, arkeologi dan lainnya. Mengapa? Satu hal yang melekat pada bidang masa lampau adalah old en new. Bidang sejarah merujuk pada masa kini dengan menarik waktu jauh ke belakang (bahkan hingga zaman kuno, yang menjadi bidang arkeologi). Timeleg yang semakin lebar di masa lampau, ketersediaan data semakin sedikit dan semakin samar (aus). Seperti peneliti di bidang-bidang lainnya, penelitian di bidang sejarah sangat diperlukan ketelitian bahkan ketelitian ekstra. Mengapa? Ternyata data sejarah tidak semuanya murni, ada data salah dan bahkan data palsu.

Sejarah adalah narasi fakta dan data. Artinya sejarah dibangun pada basis data dan data itu bercermin pada fakta. Dalam hal ini fakta adalah syarat perlu (necessery condition) dan data adalah syarat cukup (sufficient condition). Dalam menarasikan sejarah, data hanya satu bagian. Bagian lainnya adalah analysis data dan interpretasi yang hasilnya berupa informasi di sajikan dalam berbagai publikasi. Publikasi adalah bagian yang lain lagi dalam penulisan sejarah. Singkatnya: ada tiga bagian dalam penulisan sejarah yang satu dengan yang lain berkesinambungan (in-line). Namun yang menjadi masalah dalam penulisan sejarah adalah tiga bagian itu masing-masing berdiri sendiri. Ibarat lempar baru ke utara, jatuhnya ke selatan, meledaknya di timur. Kasus serupa ini seakan tiga misi dengan tiga tujuan. Sejarah sebagai narasi fakta dan data hanya satu misi satu tujuan dengan tiga tahapan yang dilalui. Dalam kasus masa ini ditemukan banyak narasi sajarah (termasuk konten Youtube) dengan judul dan isi yang berbeda (judul tidak mencerminkan isi; judul bombastis tetapi narasi di dalamnya biasa-biasa saja).

Lantas bagaimana sejarah data salah dan data palsu dalam penulisan sejarah? Seperti disebut di atas, dalam penulisan sejarah harus merujuk pada narasi fakta dan data. Artinya bahwa fakta mengindikasikan kejadian nyata yang pernah terjadi, tetapi karena timeleg yang sudah lama harus didukung dengan (ketersediaan) data. Namun perlu disadari bahwa terdapat banyak data salah dan bahkan data palsu. Lalu bagaimana menyikapinya. Pertama bahwa harus ada kesadaran arti penting data dan kemudian menyikapinya dengan sangat teliti. Itulah penelitian sejarah. Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (120): Frank dan Sumber Data Hoax; Strategi Metode Taktik dalam Pengumpulan Data Penulisan Sejarah

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Apa itu frank? Masyarakat milenial sekarang kerap mendengar kata itu. Dalam pembuatan konten di video (Youtube) sejumlah youtuber melakukan tindakan skenario seorang-olah itu benar-benar secara alamiah terjadi. Ini tentu saja akan masuk ranah delik dat dan informasi dan dapat dikenal sanksi sesuai dengan undang-undang ITE (informasi dan transaksi elektronik). Dalam dunia akademik masalah serupa ini sudah lama dibicarakan yang disebut etik (etik penelitian, etik pers, etik seni dan sebagainya). Hukuman terhadap mereka yang secara sengaja dan sadar melakukan pelanggaran etik (termasuk plagiat) akan terkena hukum adat dunia akademik (jika di lingkuangan kampis, dosen yang melakukan akan diturunkan pangkatnya atau dikeluarkan, mahasiswa dianulir tulisannya dan dapat dikeluarkan).

Frank adalah soal etik tentang soal salah atau benar. Dalam dunia akademik salah adalah bersifat alamiah (tidak sengaja) tetapi dapat diperbaiki. Namu jika frank (sengaja menipu) dalam dunia transaksi elektronik tidak hanya dianjurkan untuk diperbaiki (dihapus dan dimaafkan) tetapi pengenaan hukum terus berjalan. Dalam dunia akademik penekanannya pada kebenaran, kejujuran dan keadilan (veritas, probitas, iustitia) sebagaimana motto yang diusung Universitas Indonesia yang sekarang. Karya-karya seni (sastra) seperti Karl May kita dapat terkecoh bagaimana dia bercerita seakan-akan kita percata dia pernah ke Amerika (Wild West). demikian juga Asmaraman Kho Ping Ho seakan-akan dia pernah ke Tiongkok. Nyatanyas kedua penulis itu tidak pernah sekalipun. Itu sah-sah saja, dan karena bersifat seni (sastra) mereka tidak menyebut sumbernya. Berbeda dengan artikel-artikel pada blog ini yang bersifat sains (akademik) banyak pembaca saya (termasuk diantara mereka wartawan) menyangka saya rajin ke perpustakaan (dalam arti teknis) padahal nyatanya saya tidak pernah ke perpustakaan, apalagi perpustakaan di Belanda. Saya hanya mengumpulkan data melalui internet (baik dalam bentuk peta, teks, foto maupun data digital video termasuk video drone, googlemap. Googleearth). Jadi, intinya dalam dunia informasi bukan terletak pada metode yang diterapkan tetapi pada norma akademik (kode etik). Frank adalah pelanggaran norma dalam pengumpulan data, dan hoax adalah pelanggaran norma dalam penyajian informasi. Dalam dunia penulisan sejarah, harus tetap waspada pada data yang bersumber dari frank dan hoax.

Lantas bagaimana sejarah frank dan hoax? Seperti disebut di atas, dalam membangun informasi sangat tergantung data. Dalam hal ini untuk mencapai kebenaran, kejujuran dan keadilan harus selalu dikedapankan. Data harus diteliti dan diverifikasi. Mengapa begitu? Karena data juga ada yang masuk kategori frank dan kategori hoax. Ketelitian yang dilandasi prinsip kebenaran, kejujuran dan keadilan dalam dunia informasi (termasuk dunia penelitian) harus tetap dijalankan, jika tidak ingin di bully, dianulir dan dihukum. Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sabtu, 18 September 2021

Sejarah Menjadi Indonesia (119): Breidel Buku Sejarah, Mengapa Harus Dilarang? Sejarah Hanya Preferensi dan Kekuasaan?

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Presiden Soekarno pernah melarang penggunaan nama Betawi. Mengapa sampai begitu? Apa yang salah dengan nama Betawi? Lantas apakah Soekarno telah berubah, ingin mengekang berbagai sisi kehidupan rakyat banyak? Nama Betawi adalah nama etnik yang sudah memiliki sejarah. Nama Betawi kurang lebih sama dengan nama Jawa, nama Batak dan nama Sunda? Apakah Soekarno lupa sebelum terbentuk kesadaran nasional, MH Thamrin adalah presiden dari (organisasi kebangsaan) Kaoem Betawi pada tahun 1927? Apakah Soekarno menyadarinya? Pada era Hindia Belanda banyak hal yang dilarang dan dibreidel, termasuk majalah Fikiran Ra’jat yang dipimpin Soekarno sendiri. Bagaimana dengan buku sejarah?

Belum lama ini, buku Tokoh Indonesia yang sempat dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapat protes dari berbagai pihak agar ditarik karena isinya mengundang kontroversi. Di dalam buku tersebut disebut tokoh NU dan tokoh sekelas Abdul Haris Nasution tidak dicakup. Lantas mengapa bisa begitu? Di satu sisi mengapa isi buku tidak proporsional dan di sisi lain mengapa pula mayarakat melakukan protes. Inilah masalahnya, dilema yang kerap dialami buku sejarah. Pelarangan buku (breidel sejak era Hindia Belanda) adalah ancaman dalam penerbitan setiap buku, terutama buku sejarah. Pada masa Orde Baru, tentu saja banyak buku yang dilarang terbit (namun beberapa diantaranya kinisudah bisa diterbitkan). Apakah pada masa ini masih ada pelarangan buku sejarah? Itu tadi, buku sejarah tokoh Indonesia sejak 1900 hingga 1950. Tidak dilarang pemerintah, tetapi dilarang masyarakat.

Lantas mengapa ada buku sejarah harus dilarang? Apa yang salah? Boleh jadi bukunya salah seperti disebut di atas, tetapi juga boleh jadi bukunya benar? Buku sejarah yang benar tetapi dilarang, itu berarti persepsi dan preferensi mengintervensi fakta dan data sejarah. Hanya kekuasaan yang bisa melarang buku sejarah. Kekuasaan dalam hal ini tidak selalu pemerintah, tetapi juga masyarakat pendukung anti peredaran buku sejarah tertentu. Lalu mengapa semua itu dapat terjadi? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (118): Soetan Casajangan, Kesadaran Berbangsa Penulisan Sejarah Indonesia; Awal Sejarah Nasional

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Ketika orang Indonesia (baca: pribumi) mulai menyadari arti penting berbangsa, Indonesia (baca: Hindia Belanda) berada di bawah kekuasaan penjajah (Pemerintah Hindia Belanda). Kesadaran berbangsa ini oleh orang pribumi diwujudkan dalam banyak bidang seperti kesempatan untu mengekspresikan diri, hak meningkatkan tingkat pendidikan, berorganisasi dan penulisan sejarah bangsa. Memang pemberian hak mulai dilonggarkan setelah sekian lama terjajah, tetapi disana sini masih dibatasi bahkan dijaga ketat (alias terus diawasi). Yang terus mendapat pengawasan tetap adalah kebebasan berpolitik (berorganisasi). Untuk penulisan sejarah bangsa sudah mulai muncul, meski tetap diwasapadi tetapi kurang mendapat perhatian dari pemerintah (karena publikasinya masih terbatas).  

 

Seperti disebut pada artikel sebelum ini, penulisan sejarah diantara orang pribumi masih sangat jarang. Buku sejarah pertama yang ditulis orang pribumi dilakukan oleh Dja Endar Moeda tahun 1903 yang berjudul Riwajat Poelau Sumatra, Buku ini hanya sekadar narasi sejarah tidak berisi hal yang berbau politis. Oleh karena itu buku tersebut aman (dan beredar luas). Beberapa dekade sebelumnya sebuah buku yang ditulis oleh Sati Nasution alias Willem Iskander, pernah menjadi perhatian Pemerintah Hindia Belanda. Buku yang berjudul Siboeloes-boeloes, Siroemboek-roemboek, bukan buku sejarah, hanya buku kumpulan prosa dan puisi yang diterbiitkan oleh penerbit di Batavia tahun 1871.  Setelah bertahun-tahun beredar, pemerintah menemukan hal yang berbahaya di dalam buku tersebut. Satu bait yang mengusik pemerintah di bawah puisi berjudul Mandailing (halaman 20) adalah: ‘Adong halak roear…Na mian di Panjaboengan….Tiboe ia haroear…Baon ia madoeng boesoengan’, terjemahannya: Ada orang luar (Belanda)…Yang berada di Panjaboengan…Semoga mereka cepat keluar (dari Tanah Mandailing). Karena mereka sudah menghisap habis kekayaan penduduk. Willem Iskander adalah pendiri dan direktur sekolah guru Kweekschool Tanobato (didirikan oleh Willem Iskander tahun 1862). Buku tersebut akhirnya ditarik dari peredaran).

Lantas bagaimana sejarah kesadaran berbangsa selanjutnya? Salah satu nama yang perlu disebut adalah Soetan Casajangan (pendiri Indische Vereeniging di Belanda tahun 1908). Pada tahun 1913 Soetan Casajangan menerbitkan buku yang dicetak di Baarn berjudul Indische Toestanden Gezien Door Een Inlander' (negara bagian di Hindia Belanda dilihat oleh penduduk pribumi). Buku ini adalah suatu monograf (kajian ilmiah) meski bukan buku sejarah tetapi merujuk pada perspektif sejarah yang pada intinya menjadi kritik bagi pemerintah. Namun karena penyajiannya beretika, beredarnya aman. Lalu sejak itu mulai ada yang menulis secara khusus tentang sejarah nasional (Indonesia). Bagaimana semua terkait? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Jumat, 17 September 2021

Sejarah Menjadi Indonesia (117): Sartono Kartodirdjo, Dikenal Sebagai Ahli Sejarah Indonesia; Apakah Sejarawan Memihak?

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Pada masa ini semua sarjana sejarah Indonesia mengingat nama Sartono Kartodirdjo. Mengapa? Prof. Dr. Aloysius Sartono Kartodirdjo disebut sejarawan Indonesia, pelopor dalam penulisan sejarah dengan cara pandang Indonesia (lihat Wikipedia). Lantas apakah sejarawan Indonesia sebelumnya dengan cara pendang non Indonesia? Itu masalah lain. Dalam hal ini bagaimana riwayat Sartono hingga kini dikenal sebagai ahli sejarah Indonesia terkenal.

Sartono Kartodirdjo disebutkan lahir di Wonogiri tanggal 15 Februari 1921. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar HIS melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah MULO. Lalu dilanjutkan ke sekolah guru di Bandoeng HIK. Setelah menjadi guru, dalam perkembangannya Sartono Kartodirdjo mengikuti pendidikan di Universitas Indonesia dan lulus dengan gelar sarjana pada tahun 1956. Seperti banyak serjana Indonesia, Sartono Kartodirdjo melanjutkan pendidikan master di Yale University, Amerika Serikat dan lulus tahun 1964 yang selanjutnya mengambil program doktoral di Universiteit Amsterdam. Sartono Kartodirdjo memeperoleh gelar doktor pada tahun 1966 dengan desertasi berjudul The Peasants’ Revolt of Banten in 1888, It’s Conditions, Course and Sequel: A Case Study of Sosial Movements in Indonesia, Dua tahun kemudian Sartono Kartodirdjo dikukuhkanmenjadi guru besar di Universitas Gadjah Mada.

Lantas bagaimana sejarah sejarawan Indonesia Sartono Kartodirdjo sehingga dikenal sebagai sejarawan terkenal? Seperti disebut di atas mengapa Sartono Kartodirdjo disebut sejarawan Indonesia dengan sudut pandang Indonesia. Lalu apakah sejarawan lain disebut sejarawan dari sudur pandang lain (non Indonesia)? Mengapa muncul dikotomi? Apakah penulis sejarah harus memihak? Padahal menurut ahli sejarah tempo doeloe, bahwa sejarah adalah narasi fakta dan data. Kalau begitu semuanya telah melanggar azas tersebut? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (116): Dja Endar Moeda, Sejarawan Indonesia Pertama? The History of Sumatra, Riwajat Poelau Sumatra

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Siapa William Marsden? Sudah begitu jelas. Lantas siapa Dja Endar Moeda? Apakah Dja Endar Moeda dapat digolongkan sebagai sejarawan Indonesia pertama? William Marsden adalah penulis buku sejarah Sumatra dengan judul The History of Sumatra yang diterbitkan tahun 1781. Dja Endar Moeda adalah juga penulis sejarah Sumatra dengan judul Riajay Poelau Sunatra yang diterbitkan tahun 1903. Apa bedanya?

Pada artikel sebelumnya sudah dideskripsikan nama William Marsden. Dalam artikel ini mendeskripsikan Dja Endar Moeda, seorang mantan guru yang pernah menulis buku tentang sejarah Sumatra dengan judul Riwajat Poelau Sumatra. Dja Endar Moeda lahir di Padang Sidempoean tahun 1861. Setelah lulus sekolah guru di Kweekschool Padang Sidempoean tahun 1884 menjadi guru di sejumlah tempat hingga akhirnya pensiun di Singkil. Sepulang dari menunaikan haji dari Mekkah, Saleh Harahap gelar Dja Endar Moeda memilih tinggal di kota Padang dan mendirikan sekolah swasta tahun 1895. Pada tahun 1897 ditawari penerbit surat kabar berbahasa Melayu Pertja Barat senagai editor. Tiga tahun kemudian Dja Endar Moeda mengakuisisi percetakan dan surat kabar Pertja Barat. Dja Endar Moeda tidak hanya menulsi buku pelajaran juga menuli buku-buku umum. Salah satu buku yang ditulisnya adalah Riwajat Poelau Sumatra yang diterbitkan tahun 1903.

Lantas mengapa Dja Endar Moeda menulis buku sejarah pulau Sumatra? Selain penulis-penulis Eropa/Belanda, lalu apakah Dja Endar Moeda dapat dikatakan sebagai sejarawan Indonesia pertama? Nah. Itu pertanyaannya. Apakah Dja Endar Moeda terisnpirasi dari karya William Marsden dengan judul The History of Sumatra? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.