Rabu, 15 September 2021

Sejarah Menjadi Indonesia (113): William Marsden dan Radermacher, Sejarawan Era Hindia Timur; Benda Kuno, Data Sejarah

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Setelah generasi Georg Eberhard Rumphius dan Francois Valentijn, sebenarnya ada sejumlah individu yang melakukan penyelidikan sejarah di Hindia Timur. Dua yang terpenting adalah seorang Inggris William Marsden dan seorang Belanda Jacob Cornelis Mattheus Radermacher. William Marsden terkenal dengan penyelidikannya di Sumatra dengan bukunya yang berjudul The History of Sumatra yang diterbitkan tahun 1781. Sedangkan Radermacher meski lebih menekuni geografi, tetapi tulisan-tulisannya banyak menyinggung sejarah di Hindia Timur. Satu keutamaan Radermacher adalah inisiator pendirian lembaga ilmu pengetahuan di Batavia tahu 1778.

Dalam sejarah Indonesia tidak dikenal nama-nama Georg Eberhard Rumphius dan Francois Valentijn apalagi nama-nama Jacob Cornelis Mattheus Radermacher dan Willian Marsden. Mengapa begitu? Yang jelas disebutkan bahwa Bapak sejarah Indonesia adalah Prof. Dr. A. Sartono Kartodirdjo, seorang sejarawan Indonesia sekaligus pelopor dalam penulisan sejarah dengan pendekatan multidimensi. Dalam Wikipedia terdapat daftar nama sejarawan Indonesia yang banyaknya sekitar 69 orang. Pada masa ini wadah para sejarawan Indonesia adalah Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI), suatu organisasi profesi sejarawan Indonesia yang didirikan di Yogyakarta pada 29 Agustus 1970. MSI bertujuan meningkatkan kemajuan ilmu sejarah dan apresiasi publik terhadap sejarah di Indonesia. MSI menerbitkan jurnal sejarah dengan nama Jurnal Sejarah.

Lantas siapa William Marsden? Lalu mengapa Radermacher terlibat dalam penyelidikan sejarah di Hindia Timur? Yang jelas  pada saat pendirian lembaga ilmu pengetahuan Batavia (semacam LIPI sekarang) yang diberi nama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, nama Radermacher salah satu yang terpenting. Lembaga ilmu pengetahuan Hindia Timur di Batavia juga memperhatikan bidang sejarah. Okelah kalua begitu. Lalu bagaimana persan William Marsden dan Radermacher dalam sejarah awal Indonesia? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (112): Sejarawan Sejarah Kuno Hindia Timur; Siapa Georg Eberhard Rumphius dan Francois Valentijn

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Sebelum era para sejarawan RI, pada era Hindia Belanda belum ada pribumi yang menekuni bidang sejarah Indonesia. Semua sejarawan yang ada adalah orang-orang Belanda. Penyelidikan sejarah sendiri sudah dimulai pada era VOC. Para penyelidik sejarah era VOC inilah yang dapat dikatakan sebagai pionier. Dua yang pertama adalah Georg Eberhard Rumphius dan Francois Valentijn. Jadi, sebelum hadir para sejarawan Indonesia sudah lebih dahulu eksis sejarawan Hindia Belanda dan sejarawan VOC.

Sejarawan adalah orang yang mempelajari dan menulis mengenai masa lalu, dan dianggap sebagai yang berwenang atas kajian dan penulisan tersebut. Sejarawan memperhatikan narasi dan penelitian yang berkelanjutan dan metodis mengenai masa lalu yang berkaitan dengan umat manusia, serta kajian semua sejarah pada masanya. Jika seorang sejarawan tertarik dengan peristiwa sebelum sejarah tertulis, dia adalah sejarawan prasejarah. Sebagian sejarawan diakui berdasarkan publikasi atau pelatihan dan pengalamannya. Sejarawan menjadi pekerjaan profesional pada akhir abad ke-19 setelah universitas riset bermunculan di Jerman dan wilayah lainnya. Sejarawan profesional biasanya bekerja di perguruan tinggi, pusat kearsipan, agensi pemerintah, museum, penulis lepas, dan konsultan (Wikipedia), Daftar sejarawan yang dihimpun sebagaimana dapat dilihat di Wikipedia sebanyak 69 orang.

Siapa Georg Eberhard Rumphius dan siapa Francois Valentijn? Tentu saja tidak ada yang memikirkan dan menulisnya. Lalu apa pentingnya dua nama ini dalam sejarah Indonesia? Nah, itu dia. Yang jelas keduanya hidup pada era VOC, ketika mereka memulai penyelidikan sejarah di pulau-pulau nusantara (baca: Hindia Timur). Lantas bagaimana keduanya terlibat dalam penyelidikan sejarah? Seperi kata ahli sejarah tempo doeloe lagi bahwa sejarah adalah narasi fakta dan data. Sejarah selalu ada mulanya sebagaimana dikatakan ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Selasa, 14 September 2021

Sejarah Menjadi Indonesia (111): Seberapa Tinggi Keingintahuan Peneliti Tempo Dulu? Pertanyaan Apa Saja Research Lebih Lanjut

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Apa yang membuat peneliti Eropa/Belanda begitu tertarik dalam penyelidikan sejarah di Indonesia (baca: nusantara), bukan karena tradisi meneliti yang sudah eksis sejak lama di Eropa, tetapi yang tidak terduga, orang Eropa/Belanda mulai menyadari peradaban nusantara tidak kalah dari Eropa, bahkan jauh lebih unggul dari Eropa. Itulah yang membuat para peneliti Eropa/Belanda mulai menyelidiki sejarah masa lampau bahkan sejarah zaman kuno Indonesia. Minat meneliti dan pertanyaan yang menantang membuat para peneliti awal, yang umumnya para orang Eropa/Belanda membuka ruang untuk penyelidikan sejarah bahkan sejak zaman kuno nusantara (baca: Indonesia). Kita, pada masa ini sedikit banyak tertbantu dalam penulisan sejarah Indonesia.

 

Penyelidikan sejarah nusantara (baca: Indonesia) tidak dimulai dari era Republik Indonesia, tetapi jauh di masa lampau. Ide itu dimulai dari Rumphius dan kemudian ditindaklajuti oleh Francois Valentijn dengan menerbitkan buka tahun 1726. Setengah abad kemudian baru muncul penerus yakni Radermacher dkk dengan menirikan lembaga pengetahuan di Batavia tahun 1778 (emapt tahun setelah kemerdekaan Amerika Serikat). Ternyata orang-orang Inggris juga memiliki minat yang sama yang diinisiasi oleh William Marsden (sejak 1881) dan Rafless (1811-1816). Minat itu semakin tumbuh pada era Pemerintah Hindia Belanda dengan dibentuknya jurnal ilmiah pertama di Indonesia (baca: Hindia Belanda). Satu yang menjadi menarik adalah seberapa besar ketertarikan mereka dalam bidang sejarah? Yang jelas pada masa ini dunia ilmu pengetahuan Indonesia, khususnya di bidang sejarah, pertanyaan apa yang ingin dijawab dalam kaitannya dengan sejarah masa lalu, nyaris tidak ada dan hanya ditemukan di berbagai diskusi sesaat dan pada bagian terakhir suatu laporan riset sebagai saran atau rekomendasi lebih lanjut. Sejauh ini yang sudah tertata baik selama ini hanya sejauh daftar judul laporan berupa indeks atau bibliografi. Lalu bagaimana seseorang yang ingin meneliti, apakah mahasiswa atau peneliti sulit menemukan topik atau tema atau pertanyaan apa yang perlu diteliti lebih lanjut sesuai minat dan tantangan yang ingin dijalani. Semua masalah yang tersisa hanya ada di tangan para peneliti atau sejarawan, sesuatu yang tidak bersifat publik. Itu berbeda dengan di masa lampau. Para pembaca, peneliti dan pemerintah saling kontribusi.

Lantas bagaimana sejarah awal keingintahuan di Indonesia pada masa lampau? Itu sebenarnya sudah mulai dilakukan para pemimpin pribumi. Para peneliti Eropa/Belanda mulai menyadari bahwa sejarah masa lampau penting juga. Satu peneliti awal di er VOC yang memberi kontribusi dalam sejarah nusantara adalah Francis Valentijn yang bukunya diterbitkan pada tahun 1726. Selanjutnya pada era Pemerintah Hindia Belanda, penyelidikan situasi dan kondisi wilayah diintegrasikan dengan penyelidikan sejarahnya. Dalam dinamika inilah, ketika sudah ada jurnal ilmiah, minat penyelidikan semakin berlipat ganda karena semua ingin kontribusi, apakah sebagai peneliti atau sebagai pembaca. Bagaimana itu semua bermula? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (110): Sejarah Penelitian di Indonesia; Dari Kronik Zaman Kuno hingga Penerbitan Jurnal Ilmiah

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Bagaimana sejarah penelitian di Indonesia? Tentu saja tidak ada yang pernah memikirkan dan menulisnya. Apalagi bagaimana (semua) itu berawal. Namun, sejarah tetaplah sejarah. Sejarah tentang penelitian (sejarah) sendiri. Kita, masa kini hanya sekadar follower, hanya bisa menulis sejarah. Tidak pernah berpikir bagaimana semua berawal, bagaimana kegiatan penelitian sejarah bermula. Faktanya, kita kini banyak menggunakan data dari para pendahulu sebagai bahan untuk menulis sejarah.

 

Topik ini pada dasarnya sudah pernah disinggung sedikit pada blog ini beberapa waktu yang lalu dengan judul: ‘Sejarah Menjadi Indonesia (74): LIPI dan Radermacher; Bataviaasch Genootschap der Kunsten en Wetenschappen di Batavia 1778’. Namun bagaimana sejarah penelitian itu sendiri belum dideskripsikan lebih lanjut. Lantas apa pentingnya sejarah penelitian ditulis? Nah, itu dia. Pertanyaan itu kurang lebih sama dengan pertanyaan mengapa kita kini harus menulis sejarah (masa lampau). Tentu saja dua pertanyaan itu dapat digabung sehingga kita dapat memahami bagaimana sejarah berlangsung di satu sisi dan bagaimana sejarah penulisan sejarah itu berlangsung. Keutamaan memahami sejarah penelitian dan penulisan sejarah, karena memberi perspektif bagi kita pada masa ini bahwa data sejarah saling terkait (berkesinambungan) yang dalam hal ini kita yang berminat menulis sejarah lebih memahami bagaimana peran kita masa ini sebagai bagian yang tidak terpeisahkan dari generasi terdahulu.

Lantas bagaimana sejarah penelitian (sejarah) di Indonesia? Seperti disebut di atas, sebelum kita masa kini, sudah ada para pendahulu yang memulainya, bahkkan mereka telah merintis dalam pembentukan jurnal ilmiah. Namun sangat minim kerterangan bagaimana para pendahulu memulai pekerjaan dan mempertahankaknya sehingga tersambung dengan masa kini. Seperti kata para ahli tempo doeloe, sejarah tidak berdiri sendiri. Sejarah bersifat historis dan memiliki relasi satu sama lain (secara vertikal dan secara horizontal). Seperi kata ahli sejarah tempo doeloe lagi bahwa sejarah adalah narasi fakta dan data. Sejarah selalu ada mulanya sebagaimana dikatakan ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Senin, 13 September 2021

Sejarah Makassar (79): Bahasa-Bahasa di Teluk Tomini, Dialek Tialo dan Lauje; Sejarah Teluk Tomini dari Masa ke Masa

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Makassar dalam blog ini Klik Disini 

Secara historis teluk Tomini lebih terbuka ke utara dan timur di Ternate. Pada awalnya wilayah teluk Tomini berada di bawah yurisdiksi Kerajaan Ternate, kerajaan yang wilayah yurisdiksinya mencapau teluk Kaili (teluk Donggala), Dalam perkembangannya pengaruh Kerajaan Ternate semakin berkurang pada era Pemerintah Hindia Belanda sehubungan dengan pembentukan Residentie Manado (pemekaran dari Residentie Ternate). Wilayah teluk Tomini kemudian menjadi tarik menarik antara pemerintahn yang berpusat di Manado dan pemerintahan yang berpusat di Makassar.

Teluk Tomini pada dasarnya mirip lingkaran besar dimana berbagai wilayah penduduk menghadap ke teluk. Wilayah teluk ini sangat terbuka dari utara dan timur. Dari wilayah utara melalui daratan sempit (semenanjung utara Sulawesi) dan dari wilayah timur melalui celah laut Maluku. Wilayah teluk ini merupakan wilayah navigasi pelayaran penduduk Minahasa, Bolaang, Gorontalo dan sebagainya. Di tengah teluk terdapat sejumlah pulau yang dihuni oleh orang Togian. Pada sisi barat teluk dihuni oleh penduduk Tomini. Penduduk Tomini berbahasa Tomini yang terbagi menjasdi dua dialek yaitu Tialo dan Lauje.

Lantas bagaimana sejarah bahasa-bahasa di teluk Tomini? Seperti disebut di atas berbagai wilayah etnik menghadap ke teluk Tomini. Namun bahasa yang terpenting di bagian dalam teluk adalah bahasa Tomini yang terdiri dari dialek Tialo dan dialek Lauje. Lalu bagaimana peran bahasa-bahasa teluk Tomini sejak masa lampau? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.