Sabtu, 11 April 2020

Sejarah Air Bangis (14): Sejarah Cubadak dan Simpang Tonang; Riwayat Mandailing di Pasaman dan Kisah Natal di Mandailing


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Air Bangis dalam blog ini Klik Disini
 

Kota Cubadak dan kota Simpang Tonang bukanlah nama baru, tetapi nama-nama lampau. Nama Cubadak dan Simpang Tonang tidak seterkenal Rao, tetapi Simpang Tonang menjadi penting karena tempo doeloe merupakan persimpangan dari Rao ke Cubadak dan dari Rao ke Air Balam. Jalur Panti-Cubadak tentu saja belum ada, jalur kuno adalah Rao-Simpang Tonang lalu dari Simpang Tonak ke Cubadak dan ke Air Balam. Namun dalam perkembangannya nama Cubadak menjadi lebih penting ketika dibuka jalur Cubadak ke Loender (Panti) pada permulaan Pemerintah Hindia Belanda. Simpang Tonang lambat laun meredup lalu kalem diketenangan.

Tjoebadak, Simpang Tonang, Rao (Peta 1835)
Nama wilayah dua kota hampir tidak ditemukan di Sumatera Barat kecuali di kabupaten Pasaman. Namanya Kecamatan Duo Koto. Kecamatan ini hanya tersdiri dari dua nagari yakni Cubadak dan Simpang Tonang. Pada jaman dulu, suatu wilayah jumlah kota paling sedikit tiga dan paling banyak lima puluh.

Nama demikian, Cubadak dan Simpang Tonang tidak terpisakan satu sama lain. Karena itu ikatan abadi mereka masih terlihat pada masa kini sebagai nama kecematan: Kecamatan Duo Kota. Mengapa demikian. Karena dua kota ini penduduk awalnya sama-sama asli Mandailing ( di sekitar lerang gunung Kulabu). Pergeseran batas wilayah di era Hindia Belanda menyebabkan ada kesan Mandailing ada di Pasaman (dan Natal ada di Mandailing). Untuk menambah pengetahuan dan wawasan Sejarah Air Bangis, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe. Sejarah Air Bangis adalah bagian dari Sejarah Menjadi Indonesia.

Kamis, 09 April 2020

Sejarah Air Bangis (13): Sejarah Pariaman di Padangsche Benelanden; Nama Priaman, Prjaman, Preaman, Piaman dan Bariaman


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Air Bangis dalam blog ini Klik Disini

Sejauh mana dan sebanyak berapa sejarah Pariaman? Sejauh sebanyak namanya. Lantas mengapa sejarah Pariaman tidak ditulis dengan baik, padahal Pariaman adalah kota besar di pantai barat Sumatra sejak era VOC hingga era Pemerintah Hindia Belanda. Okelah, itu satu hal. Hal yang lain adalah banyak nama menuju Pariaman: Priaman, Prjaman, Preaman, Periaman, Piaman dan Bariaman.

Nama tempat dan nama geografis lainnya adalah penanda navigasi yang penting untuk menelusuri sejarah kota hingga jauh ke masa lampau. Mengabaikan nama-nama yang banyak untuk satu titik geografis hanya akan membatasi diri untuk sampai ke tujuan akhir. Nama-nama tempat di Indonesia pada masa ini, adakalanya berbeda cara yang ditulis pada masa lampau. Seperti (kota) Yogyakarta ditulis dalam belasan cara, kota Pariaman juga ditulis dengan sejumlah cara. Berbeda cara boleh jadi berbeda era. Semua itu terjadi karena belum terbentuk sistem baku, beda orang, beda bahasa beda pula cara mengkoding lisan ke tulisan. Dalam hal ini, sistem baku dalam penulisan sejarah adalah mengikuti apa adanya (apa yang tertulis dan tergambarkan) di eranya.

Pariaman sebagai bagian pantai barat Sumatra, sejarah Pariaman tidak berdiri sendiri. Sejarah Pariaman adalah sejarah yang terkait dengan sejarah di tempat lain, paling tidak di sekitar wilayah pantai barat Sumatra. Semakin jauh di masa lampau, metode sejarah konvensional semakin tidak memadai. Oleh karena itu pendekatan kontekstual (holistic) pada ruang spasial akan lebih mampu menjelaskan bagaimana sejarah suatu tempat berlangsung. Untuk lebih memahami sejarah Pariaman dalam ruang spasial, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Rabu, 08 April 2020

Sejarah Air Bangis (12): Sejarah Simpang Ampek, Mengapa Bukan Simpang Ampat; Memang Benar-Benar Simpang Empat


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Air Bangis dalam blog ini Klik Disini

Pada tahun 2003 Kabupaten Pasaman dimekarkan dengan membentuk kabupaten baru: Kabupaten Pasaman Barat. Ibu kota kabupetan ditetapkan di kota Simpang Ampek. Lantas mengapa kota Simpang Ampek yang dipilih sebagai ibu kota kabupaten. Tentu saja ada pertimbangan sendiri. Yang juga menjadi pertanyaan mengapa namanya Simpang Ampek, padahal tempo doeloe namanya Simpang Ampat. Tentu saja ada sebab dan akibat penjelasannya sendiri.

KampongSimpat Ampat (Peta 1904)
Pada saat Air Bangis adalah kota besar di era VOC, belumlah ada nama Simpang Ampat (kini Simpang Ampek). Kota-kota besar di wilayah Pasaman (induk dan pemekaran) yang sekarang tempo doeloe selain Air Bangis adalah Odjoenggading dan Rao. Pada fase era VOC belum diidentifikasi (kampong) Loeboeksikaping tetapi sudah diidentifikasi (kampong) Taloe, Kiawai, Tjoebadak dan Loender (kini Panti) dan Sasak. Pada permulaan Pemerintah Hindia Belanda, pada tahun 1826 ibu kota kabupaten (Noordelojke Afdeeling) berada di Natal. Pada tahun 1839 ibu kota wilayah (Residentie) direlokasi dari Natal ke Air Bangis. Pada saat ini kota Taloe berkembang pesat. Pada tahun 1845 Residentie Air Bangis hanya tinggal tiga afdeeling: Air Bangis, Rao dan Ophir Diostricten. Dalam perkembangannya Afdeeling Rao dimasukkan ke Residentie Padangsche Bovenlanden, tetapi dikembalikan lagi Residentie Padangsche Benelanden dengan membentuk dua onderafdeeling: Rao en Loeboeksikping (kini menjadi kabupaten induk Pasaman) dan Air Bangies en Ophir Districten.(kabupaten pemkaran Pasaman Barat). Meski sempat terjadi perubahan kecil, namun dalam perkembangan selanjutnya dua onderafdeeling ini tetap eksis hingga pada era kemerdekaan RI dua onderafdeeling ini dsatukan dengan membentuk Kabupaten Pasamn. Kampong Simpat Ampat (yang kini menjadi Simpang Ampek) berada di District Pasaman, onderafdeeling Ophir. Kota terdekat dari kampong Simpang Ampat adalah kota Parit Batoe. Kampong Simpang Ampat benar-benar simpang empat: barat: Sasak; selatan: Kinali; timur: Taloe; dan utara: Kiawai).

Bagaimana kampong Simpang Ampat tumbuh dan berkembang tentu menarik diperhatikan. Hal ini karena Simpang Ampat telah berevolusi menjadi kota Simpang Ampek dan ditransformasikan menjadi ibu kota Kabupaten Pasaman Barat. Satu yang penting, kampong Simpang Ampat cepat berkembang seiring dengan ditetapkannya pada awal tahun 1950an sebagai wilayah koolnisasi (transmigrasi). Okelah. Untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Selasa, 07 April 2020

Sejarah Air Bangis (11): Rao, Amerongen dan NV Mijnbouw Maatschappij Lakapa; Sejarah Pertambangan Sejak Era Hindu


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Air Bangis dalam blog ini Klik Disini

Apakah ada Sejarah Rao? Tentu saja ada, bahkan lebih banyak dari yang diketahui selama ini. Sejarah Rao sudah ada sejak era Hindu bahkan sejak era jaman kuno. Nama Rao sendiri terhubung dengan India (Budha-Hindu). Sebagai wilayah interchange tiga budaya (Batak Mandailing dan Padang Lawas, Melayu Rokan dan Air Bangis, Minangkabau Agam dan Lima Poeloeh Kota), sejarah Rao semakin kaya.

Sekitar Rao (Peta 1750)
Pada era VOC, Rao sudah dikenal lebih intens. Rao sebagai wilayah di pedalaman yang kaya (pertambangan dan sentra produksi beras), sedikit banyak mengalami distorsi pada era rezim Padri. Wilayah Rao kembali tumbuh berkembang menemukan bentuknya semula pada era rezim Pemerintah Hindia Belanda. Dua situs terpenting yang menandai perkembangan lebih lanjut Rao pada era rezim Pemerintah Hindia Belanda adalah dibangunnya benteng Belanda Fort Amerongen dan dibentuknya perusahaan pertambangan di Batavia yang beroperasi di Rao: Mijnbouw Maatschappij Lakapa.   

Namun kekayaan sejarah Rao yang sejatinya sangat berlimpah kurang terinformasikan dengan baik. Penggalian data-data sejarah Rao juga kurang intens. Sejarah Rao tentu tidak hanya sekadar sejarah Toankoe Rao, sejarah Rao sudah berlangsung sebelumnya dan juga sejarah Rao terus hidup sesudahnya. Untuk menambah pengetahuan dari kekayaan sejarah Rao, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Air Bangis (10): Era Kemerdekaan di Pasaman; Basjrah Loebis dan Pengakuan Kedaulatan Indonesia di Bukittinggi (1949)


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Air Bangis dalam blog ini Klik Disini

Perang kemerdekaan di Sumatra Barat awalnya di Kota Padang dan kemudian merangsek ke Agam dan Solok-Sawahlunto. Perang di Sumatra Barat juga berlanjut ke Pasaman. Satu tokoh penting dalam perang kemerdekaan di Pasaman adalah Basjrah Loebis, bupati Pasaman (1947-1949). Nama Basjrah Loebis mengingatkan kembali memori dalam pembebasan daerah Rao dan Ophir dari pengaruh Padri yang mana kakeknya Radja Gadoembang turut memainkan peran.

Peta Perang Kemerdekaan RI (1948-1949)
Perang kemerdekaan, melawan Belanda/NICA berada di daerah strategis dimana potensi ekonomi sangat tinggi untuk kepentingan Belanda. Di daerah serupa itu perseteruan antara Republiken dan Belanda/NICA sangat intens. Daerah-daerah tersebut antara lain, Batavia-Djakarta dan sekitar, Buitenzorg-Bogor, Preanger, Semarang dan sekitar, Soerabaya dan sekitar, Sumatra Timur, Padang dan Tapanoeli.

Lantas bagaimana situasi dan kondisi Pasaman pada saat perang kemerdekaan? Tentu saja sangat jarang diperhatikan. Yang kerap di perhatikan adalah era perang Padri dan era perang PRRI. Sebagai bagian dari sejarah Menjadi Indonesia, era perang kemerdekaan di Pasaman termasuk di Air Bangis tetaplah menjadi penting. Untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Minggu, 05 April 2020

Sejarah Air Bangis (9): Onderneming NV Cultuur Mij ‘Ophir’ dan ‘Talamau’; Sejarah Perkebunan di Pantai Barat Sumatra


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Air Bangis dalam blog ini Klik Disini

Di era kolonial Belanda perkebunan (onderneming) tidak hanya di Jawa dan Sumatra Timur. Perkebunan besar juga ditemukan di pantai barat Sumatra. Salah satu onderneming di pantai barat Sumatra dengan nama badan hukum NV Cultuur Maatschappij Ophir. Perusahaan perkebunan NV Cultuur Mij Ophir ini berpusat di Taloe. Perusahaan ini membangun lori dan pelabuhan bongkar muat di Sasak. Tetangga NV Cultuur Mij Ophir adalah onderneming NV Cultuur Mij Talamau (di Simpang Tanang).

NV Cultuur Mij Ophir, 1929
Di pantai barat Sumatra pada dasarnya cukup banyak perusahaan besar tempo doeloe. Namun perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan tidak semasif di Medan dan sekitar (Oost Sumatra). Perusahaan perkebunan di pantai barat Sumatra mulai dari Bengkoelen hingga Tapanoeli. Satu faktor kurang berkembangnya perkebunan di pantai barat Sumatra karena topografi yang bergunung-gunung. Faktor lain juga karena sulitnya mendapatkan hak konsesi. Satu area perkebunan yang terbilang eksis di pantai barat Sumatra berada di wilayah Tapanoeli di Batangtoroe (afdeeling Padang Sidempoean).

Lantas apa keutamaan onderneming NV Cultuur Maatschappij Ophir di onderafdeeling Ophir, district Talamau? Yang jelas bukan karena nama Ophir sudah dikenal sejak jaman kuno, akan tetapi  NV Cultuur Mij Ophir telah menyita perhatian publik di Batavia. Perusahaan yang lahir di Bandoeng ini dan kemudian bermarkas di Amsterdam terbilang perusahaan yang rajin membagikan dividen kepada para pemegang saham. Untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sabtu, 04 April 2020

Sejarah Air Bangis (8): Sejarah Pasaman, Nama Gunung, Sungai, Kota, Kabupaten; Soetan Kanaikan, Sekolah Pertanian, 1931


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Air Bangis dalam blog ini Klik Disini

Nama Pasaman adalah nama kabupaten (kabupaten Pasaman dan dimekarkan dengan membentuk kabupaten Pasaman Barat). Pada era kolonial Belanda, wilayah kabupaten Pasaman terdiri dari dua onderafdeeling (Ophir dan Loeboeksikaping). Nama kabupaten Pasaman di era Republik Indonesia diambil dari nama sungai Pasaman. Sungai Pasaman sendiri tidak berhulu di gunung Pasaman tetapi sungai Pasaman berhulu sejatinya di utara di gunung Koelaboe melalui kota Simpang Tonang (perbatasan district Ophir, Loeboeksikaping dan Pakantan).

Peta 1695 (era VOC)
Salah satu cabang sungai Pasaman di utara adalah sungai Batang Kanaikan. Sungai ini juga bermuara di gunung Koelaboe sebelah barat dan sebelah timur gunung Malintang melalui kota Moeara Kiawai. Yang berhulu di gunung Pasaman (gunung Ophir) adalah sungai Batang Taloe (anak sungai Pasaman di selatan). Wilayah tiga daerah aliran sungai ini disebut Ophir Districten. Pada era VOC jalur perdagangan utama melalui darat dari kota pelabuhan Air Bangis melalui kota Oedjoeng Gading, kota Moeara Kiawai, kota Taloe, kota Tjoebadak, kota Simpang Tonang terus ke Rao, Moeara Sipongi dan kota Nopan (Pakantan dan Mandailing). Simpang kota Panti (sebelumnya disebut Loender dibangun pasca Perang Padri, 1837 untuk mengganti ruas jalan kota Simpang Tonang dan kota Rao) Pada era perkebunan Cultuur Mij Ophir (1920an) perusahaan membangun jalan akses dari Taloe ke pantai di Sasak di sebelah barat (pelabuhan bongkar-muat) dan juga membangun jalan baru ke sebelah selatan hingga Kinali. Pada tahun 1931 Abdoel Azis Nasution gelar Soetan Kanaikan, alumni sekolah pertanian Middlebare Landbouwshool Buitenzorg 1914 membangun sekolah pertanian di Loeboeksikaping.

Nama Pasaman dalam hal ini adalah nama kuno. sejak jaman kuno (era perdagangan emas, kamper dan kemenyan). Nama Pasaman menurut orang Eropa disebut sebagai Ophir (suatu nama tempat yang telah disebut di dalam kitab Taurat dan Injil). Gunung Pasaman adalah gunung pertama yang diukur ketinggiannya di Indonesia (lihat Leydse courant, 19-11-1838). Disebutkan Mr. Horner dan Krusenstern mengukur ketinggian gunung Pasaman (Ophir) dan puncak tertinggi 2.927 M yang disebut Talamau (nama yang mungkin terkait dengan penamaan kota Taloe). Untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.