Kamis, 05 November 2020

Sejarah Kalimantan (59): SingkAwang, Kota Kuno Hermata di Pantai Barat Pulau Borneo Nama SingkUwang di Pantai Barat Sumatra

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kalimantan Barat di blog ini Klik Disini 

Kota Singkawang adalah satu dari dua status Kota di provinsi Kalimantan Barat. Kota ini bera di utara khatulistiwa (utara Kota Pontianak). Kota ini dapat dikatakan yang bersifat mix population (beragam etnik dan beragam agama). Sebelum terbentuk Sambas, Singkawang sudah ada dengan nama yang disebut orangPortugis sebagai Hermata. Kota Singkawang dalam hal ini dapat dikatan kota kuno.

Kota Singkawang berjarak 145 km di sebelah utara Kota Pontianak. Kota Singkawang mendapat status Kota Singkawang awalnya (pada era Republik Indonesia) adalah ibu kota kabupaten Sambas. Pada tahun 1981 kota Singkawang dan kota Padang Sidempuan (ibu kota Tapanuli Selatan) dijadikan sebagai kota adnministratif. Pada tahun 1999 kabupaten Singkawang dimekarkan dengan membentuk kabupaten Bengkayang. Kabupaten baru (tetap) beribukota di Singkawang, sedangkan ibu kota kabupaten induk (kabupaten Sambas) dipindahkan ke kota Sambas. Pada tahun 2001 kota Singkawang ditingkatkan menjadi Kota. Ibu kota kabupaten Bengkayang di Bengkayang (ke arah pedalaman Singkwang).

Lantas bagaimana sejarah Singkawang? Kota Singkawang terkesan kota kembar (sister city) dengan Kota Padang Sidempuan (ibu kota kabupaten Tapanuli Selatan). Dua kota ini mendapat status Kota pada tahun 2001. Tentu saja tidak hanya itu, di kabupaten Tapanuli Selatan terdapat nama kota pantai yang dikenal sejak dulu dengan nama Singkuwang (hanya beda satu huruf u). Lantas apakah ada kaitannya antara Singkawang dan Singkuwang? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Rabu, 04 November 2020

Sejarah Kalimantan (58): Sejarah Kanal di Pulau Kalimantan Dimulai di Banjarmasin; Sungai, Banjir, Sedimentasi, Gambut, Kanal

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kalimantan Selatan di blog ini Klik Disini

Ada perbedaan antara Kota Banjarmasin dengan kota-kota lain soal pembangunan kanal. Kota Banjarmasin dan Kota Jakarta termasuk kota pemilik kanal terbanyak. Namun antara Kota Jakarta dan Kota Banjarmasin terdapat perbedaan karakteristik. Perbedaan itulah yang menyebabkan sejarah kanal di Kota Jakarta dan di Kota Banjarmasin sangat menarik. Pembangunan kanal di Kota Banjarmasin baru dimulai pada era Pemerintah Hindia Belanda. Sesungguhnya Kota Banjarmasin bukanlah Kota Seribu Sungai tetapi Kota Seribu Kanal.

Orang Belanda sangat piawai membangun kanal. Itu karena karakteristik negara (kerajaan) Belanda di Eropa membutuhkan pembangunan kanal. Orang Belanda mampu melakukannya. Pengalaman itulah yang dipraktekkan di Hindia. Kanal yang pertama dibangun adalah kanal yang mengelilingi Kasteel Batavia dengan teknik sodetan (dari sungai Tjiliwong). Tidak hanya membangun kanal, orang-orang Belanda di era VOC (setelah Kasteel Batavia) juga memoles sungai seakan terbentuk kanal besar. Dalam hal ini pembuatan kanal tidak hanya berfungsi untuk pertahanan  (barrier), jalan tol air dan pelabuhan, tetapi juga untuk fungsi drainase dan pengairan (irigasi).

Lantas bagaimana sejarah kanal di pulau Kalimantan khususnya di Banjarmasin? Itu bermula karena sungai Barito dan sungai Martapura meluap yang menyebabkan Banjarmasin mengalami banjir. Pembangunan kanal awalnya adalah solusi pembangunan tata kota, lalu diperluas untuk solusi membentuk lahan-lahan produktif untuk pertanian. Bagaimana proses kanalisisi tersebut berlangsung? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Kalimantan (57): Sejarah Benteng Schans van Thuijll Bandjarmasin (Benteng Tatas); Benteng Tabanio, Benteng Kween

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kalimantan Selatan di blog ini Klik Disini

Benteng dibangun ada keperluannya. Benteng-benteng di Indonesia umumnya dibangun pada era VOC. Hal itu karena kekuatan koloni berada di dalam benteng. Namun pada era Pemerintah Hindia Belanda, benteng sebagai pertahanan digantikan dengan pendirian garnisun-garnisun militer. Meski demikian ada beberapa benteng yang dimanfaatkan sesebagai garnisun militer dan juga ada benteng baru didirikan karena alasan tertentu seperti di Banjarmasin. Benteng pertama dibangun Belanda adalah benteng Asterdam di pulau Ontong Jawa sebelum Kasteel Batavia dibangun 1619.

Sebelum pemerintah VOC membangun Kasteel Batavia, sudah ada sejumlah benteng yang dibangun oleh Portugis. Benteng Voctoria di Amboina direbut Belanda pada tahun 1605. Dari benteng inilah benteng-benteng Portugis direbut oleh Belanda, seperti benteng di Banda dan benteng di Coupang (Timor) tahun 1613. Belanda juga mebangun benteng baru seperti benteng Amsterdam. Setelah Kasstel Batavia benteng-benteng baru semakin banyak yang dibangun, mulai dari seputar Batavia, pantai barat Sumatra, Jawa, Celebes hingga Borneo di Tabanio.

Bagaimana sejarah benteng di pulau Borneo? Rencananya diulai di muara sungai Tabanio, tetapi realisasinya di Bandjarmasin. Benteng ini namanya Schans de Tuijl, kini lebih dikenal sebagai benteng Tatas. Mengapa benteng dibangun di Bandjarmasin sementara situasi dan kondisinya sudah era garnisun? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.