Senin, 22 Mei 2023

Sejarah Pendidikan (6): Sekolah Pemerintah untuk Siswa Pribumi; Pendidikan Ala Eropa Belanda vs Pendidikan Awal untuk Pribumi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Pendidikan dalam blog ini Klik Disini

Sejarah modern pendidikan Indonesia berlatar belakang sekolah tradisi pada era Pemerintah Hindia Belanda. Sekolah Eropa/Belanda menjadi rujukan sekolah pribumi yang diperkuat pondasi sekolah/pendidikan tradisi. Pendidikan sendiri adalah proses berkelanjutan, hanya bahasa dan aksara yang digunakan yang berbeda. Pendidikan bagi orang Indonesia bagian dari proses mencerdaskan bangsa.


‘Jalan ke Arah Barat’: Sejarah Sekolah di Serang (1833-1942). 18/09/2022. Sekolah pertama kali didirikan di Serang adalah sekolah untuk bangsa Eropa, Europeesche Lagere School (ELS), dibangun tahun 1833. Beberapa anak pribumi, alasan melanjutkan pendidikan ke sekolah lebih tinggi seperti HBS, MULO, AMS, atau STOVIA, diizinkan belajar di ELS. Empat anak patih menes: Achmad, Muhammad, Hasan, dan Husein, antara tahun 1892-1897 diterima. Pada tahun 1899-1904, 5 pelajar dari Serang: Agus Adehan, Mas Sastrasudirja, R. Usadiningrat, R. Jasnudin, dan Mas Suraatmaja juga diberi izin. Namun demikian, baru tahun 1876 Pemerintah Kolonial mendirikan sekolah pribumi di Serang, hampir sama dengan tahun pendirian sekolah serupa yang ada di Lebak, dan Caringin. Komisi Sekolah Pribumi di Serang dibentuk tahun 1876. Salah seorang anggota Komisi ini adalah Bupati Serang, Condro Negoro. Tahun 1897 Pemerintah Kolonial mengeluarkan keputusan membagi sekolah pribumi ini menjadi dua jenis berlandaskan peraturan pemerintah tahun 1893 yang menetapkan reorganisasi sekolah pribumi menjadi sekolah pribumi kelas satu dan sekolah pribumi kelas dua. Sekolah kelas satu hanya dapat dinikmati oleh murid-murid yang orang tuanya memiliki jabatan dan status sosial sangat tinggi, seperti Raja, Sultan, Bupati, patih, wedana, jaksa kepala, adjunct controleur, penghulu kepala, kepala kantor pos, kepala stasion kereta, maupun saudagar. Anak-anak pamong praja tingkat rendah, seperti juru tulis, mantri garam, mantri cacar, mantri air, mantri guru, kepala sipir, harus puas untuk belajar di sekolah kelas dua. (https://bantenologi.uinbanten.ac.id/)

Lantas bagaimana sejarah sekolah pemerintah untuk siswa pribumi? Seperti disebut di atas, ketika sekolah dasar Eropa/Belanda maju pesat, baru sekolah dasar pribumi mulai bangkit. Bangkitnya dimana? Peta dulu dan peta sekarang berbeda. Pendidikan ala Eropa/Belanda vs pendidikan untuk pribumi. Lalu bagaimana sejarah sekolah pemerintah untuk siswa pribumi? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Sekolah Pemerintah untuk Siswa Pribumi; Pendidikan Ala Eropa/Belanda vs Pendidikan untuk Pribumi

Pendidikan modern (aksara Latin) pada mulanya berkembang di luar Jawa. Pendidikan aksara Latin di Maluku sudah ada sejak era Portugis. Hal itulah mengapa sekolah-sekolah yang dibangun pemerintah (Pemerintah Hindia Belanda) jauh lebih banyak di Maluku, Manado dan Timor. Banyak sekolah pribumi yang menggunakan aksara Latin yang siap dinegerikan oleh pemerintah. Sementara di Jawa mendirikan sekolah modern aksara Latin tidak perkara mudah (karena masih ada sekolah alternatif, yakni pendidikan tradisi mennggunakan aksara Jawi dan aksara Jawa).


Berbeda dengan di Jawa, di Sumatra khususnya di wilayah pedalaman (residentie Tapanoeli) di afdeeling Angkola Mandailing, pendidikan modern aksara Latin cukup adaptif, meski diintroduksi aksara Latin, pendidikan tradisi (aksara Jawi dan aksara Batak) masih terselenggara. Dikatakan demikian, karena kehadiran Pemerintah Hindia Belanda di Tanah Batak baru dimulai pada tahun 1840 (bandingkan dengan di Maluku, Manado dan Timor sejak era Portugis sudah diintroduksi penggunaan aksara Latin). Mengapa adaptif? Di wilayah Minangkabau aksara asli telah digantikan oleh aksara Jawi. Sementara di wilayah Angkola Mandailing (Tapanoeli) aksara asli (aksara) Batak tetap digunakan ketika introduksi aksara Jawi (masuknya penyebaran Islam). Pada saat mana introduksi aksara Latin, di afdeeling Angkola Mandailing penduduk menggunakan tiga aksara bersamaan: aksara Batak, aksara Jawi dan aksara Latin.

Pada tahun 1854 dua siswa lulusan sekolah di (afdeeling) Angkola Mandailing diterima di sekolah kedokteran di Batavia (lihat Nieuwe Rotterdamsche courant: staats-, handels-, nieuws-en advertentieblad, 18-01-1855). Dua siswa tersebut adalah siswa yang pertama diterima berasal dari luar Jawa. Sekolah kedokteran di Batavia sendiri dibuka pada tahun 1851. Siswa yang diterima adalah lulusan sekolah dasar dan bahasa pengantar bahasa Melayu. Lantas yang menjadi pertanyaan: sejak kapan sekolah (modern) pribumi dimulai lalu berkembang?


Dalam laporan pendidikan yang dibuat oleh Inspektur Pendidikan, J van der Vinne tahun 1823, tidak ada indikasi sekolah pribumi dibicarakan. Semua masih membicarakan sekolah Eropa/Belanda dan mulai adanya penyelenggaraan pendidikan/sekolah menengah (Gouveruements jonge Jusvrouwen en Kostschool te Batavia). Mengapa? Boleh jadi karena prioritas pengembangan pendidikan baru sebatas pendididikan/sekolah Eropa/Belanda. Keterlibatan Pemerintah Hindia Belanda sendiri baru dimulai pada tahun 1817 (baru lima tahun berlalu). Tidak dibicarakan bukan berarti pendidikan/sekolah pribumi tidak ada. Tentang Pendidikan/sekolah pribumi baru dideskripsikan pada tahun 1831 yang dimuat dalam Nieuwe bijdragen ter bevordering van het onderwijs en de opvoeding, voornamelijk met betrekking tot de lagere scholen in het Koningrijk der Nederlanden, voor den jare ..., 1831. Dalam tinjauan pendidikan di Hindia Belanda ini disebut komite-komite sekolah yanhg dibentuk di berbagai wilayah. Salah satu anggota komite pusat adalah J van der Vinne. Sub komite yang ada berada di Cheribon, Semarang, Soerakarta, Rembang, Soerabaja, Pasoeroean, Bezoeki en Banjoewangi, Amboina, Banda, Makassar, dan Sumatra Westkust. Dalam deskripsi ini juga didaftar guru-guru yang ada, baik guru pemerintah maupun swasta/partikelir. Sekolah-sekolah pemerintah yang didirikan untuk anak Eropa/Belanda berada di Batavia, Semarang, Soerakarta, Rembang, Grissee, Soerabaja, Soemanap, Pasoeroean, Banjoewangi, Amboina, Banda, Makassar dan Padang. Juga disebut sekolah swasta dan guru-gurunya. Ada beberapa sekolah swasta yang mengindikasikan sekolah pribumi adalah Inlandsche Christen school te Toegoe dengan leermeester/instruktur (bukan guru) FG Daniël, yang dibantu Inlandsche Christen Leermeesters J Latoemelen, J Kayljielie, FA Paulus, FH Horte dan L Willems serta Leermeesters ME van Dam; Inlandsche Christen school te Depok yang mana L Leander sebagai Leermeester. Satu yang khusus dalam deskripsi adalah adanya sekolah pemerintah berbahasa Melayu di Koepang Gouvernements Maleidsche school dengan kepala sekolah L Patanasaranij. Sekolah berbahasa Melayu komunitas yang diasuh oleh J Haluely, di Orysapa; D Sahertian di Jiabauw; D Tupan di Vrietij; JL Huwae di Laniae; L Haus di Teirnanae; L de Fretis di Talay; P Talahatoep di Thie; M Hitiahubesy di Loley; dan BM Noya di Bilba. Selain itu di Padang juga ada Maleidsche school yang diasuh AM Ammers sebagai onderwijzer (guru).

Penyelenggaraan pendidikan/sekolah oleh Pemerintah Hindia Belanda pada dasarnya baru dimulai pada tahun 1817 (pasca pendudukan Inggris). Ini dimulai semasa GG Baron van der Capellen yang mengangkat Prof CGC Reinwardt sebagai direktur Landbouw Kusten en Watenschappen di Jawa. Pada tahun 1822 Reinwardt digantikan oleh J van der Vinne. Pada masa CGC Reinwardt sekolah pemerintah yang didirikan di Batavia (dua buah), di Semarang dan di Soerabaja. Lalu pendirian sekolah baru dilakukan pada masa Vinne.


Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt (dalam ejaan dulu: C.G. Carl Reinwardt; 3 Juni 1773- 6 Maret 1854) adalah pendiri dan pemimpin pertama Kebun Raya Bogor. Pendidikan awal dijalaninya di Remscheid-Lennep, sebuah kota dekat tempat kelahirannya. Saat ayahnya meninggal dunia di usia muda, ia menyusul kakaknya yang bekerja di sebuah apotek di Amsterdam, Belanda. Selain membantu kakaknya, Reinwardt melanjutkan studi kedokteran dan ilmu tumbuh-tumbuhan di Amsterdam. Di usianya ke-27, ia sudah tersohor sebagai profesor sejarah alam di Universitas Harderwijk, dan tiga tahun berikutnya menjadi rektor disana. Tahun 1816, Pemerintah Belanda mengangkatnya menjadi Direktur Pertanian, Seni, dan Pendidikan untuk Pulau Jawa. Reinwardt langsung memulai riset dalam bidang ilmu tumbuh-tumbuhan dan pada 18 Mei 1817 membangun kebun botani di sebelah rumah peristirahatan gubernur jenderal di Buitenzorg. Pada masa ini ia juga menjelajah berbagai pegunungan di Pulau Jawa. Reinwardt adalah orang pertama yang mendaki Gunung Gede hingga ke puncak dan membuat laporan tentangnya. Ia juga adalah orang yang memberi referensi kepada Raden Saleh, pelukis ternama abad ke-19, agar dapat memperoleh beasiswa ke Belanda. Tahun 1823 ia kembali ke Belanda dan mengajar ilmu tumbuh-tumbuhan di Universitas Leiden. Sejumlah buku bertema tumbuhan dan geologi pernah ditulisnya sebelum menutup usia pada tahun 1854. Namanya diabadikan dalam jurnal botani Reinwardtia (ISSN 0034-365X) dari Kebun Raya Bogor dan genus Reinwardtia (familia Linaceae). Suatu jenis kantong semar juga diberi nama menurutnya. Sebuah museum di Belanda juga menyandang namanya. Pada tanggal 17 Mei 2006 Duta Besar Jerman Broudré-Gröger bersama-sama dengan Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Umar Anggara Jenie, meresmikan Tugu Peringatan Reinwardt yang terletak di komplek Kebun Raya Bogor. (Wikipedia)

Pada tahun 1826 posisi Vinne diubah menjadi Inspecteur van het Lager en Middelbaar Onderwijs, suatu lembaga baru, yang dipisahkan dari lembaga sebelumnya. Sejak J van der Vinne inilah system keorganisasian Pendidikan di Hindia Belanda berjalan dengan sistematis. Sebagai inspektur, Vinne tidak hanya membawahi Pendidikan/sekolah Eropa/Belanda juga pendidikan/sekolah pribumi sebagaimana dideskripsikan di atas.


Pendidikan/sekolah bagi pribumi yang telah mendapat perhatian pada dasarnya hanya dapat dikatakan yang berada di Residentie Timor (sekolah umum) dan di Depok (sekolah berafiliasi agama). Sekolah berafiliasi agama di Toegoe tidak sepenuhnya orang pribumi tetapi umumnya orang-orang Indo (Eropa/Portugis). Sekolah Gouvernements Maleidsche school di Koepang dan Gouvernements Maleidsche school di Padang diduga kuat sekolah/pendidikan untuk anak-anak Indo plus anak-anak pribumi.

Tunggu deskripsi lengkapnya

Pendidikan Ala Eropa/Belanda vs Pendidikan untuk Pribumi: Pendidikan Tradisi Modal Pendidikan Modern

Tunggu deskripsi lengkapnya

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur. Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar