Sabtu, 22 Mei 2021

Sejarah Jambi (1): Sebaran Candi Zaman Kuno di Daerah Aliran Sungai Batanghari, Jambi; M Sebo, Mauli, Sarolangun, Kerinci

 

*Untuk melihat semua artikel sejarah Jambi di blog ini Klik Disini

Sejarah Jambi haruslah bermula dari sejarah candi-candi di (kawasan) wilayah daerah aliran sungai Batanghari. Besar kemungkinan dimulai dari wilayah hulu sungai Batanghari yang sekarang. Sebab wilayah hilir sungai masih rawa-rawa (tanah sedimentasi), seperti halnya di hilir kota Palembang zaman kuno. Oleh karena itu dalam perkembangannya, candi-candi di wilayah daerah aliran sungai Batanghari lebih beroritensi kepada kerajaan-kerajaan di arah utara (Aru, Mauli-Pagarajoeng) daripada kerajaan-kerajaan di selatan (Sriwijaya, Tulangbawang).

Sungai tidak hanya infrastruktur alam dalam bidang transportasi zaman kuno, juga nama sungai adalah penanda navigasi dalan pelayaran (laut dan sungai). Nama sungai besar di (provinsi) Jambi adalah sungai Batanghari, Nama ini merujuk pada batang yang juga diartikan sebagai sungai (Sungai Hari). Nama sungai Batang[hari] menjadi salah satu penanda nama geografis yang membedakan tidak adanya nama batang pada nama-nama sungai di wilayah Palembang (provinsi Sumatera Selatan). Tidak pernah ditemukan catatan tentang nama Batang Musi. Yang ada adalah nama sungai Banyu Asin (merujuk pada nama sungai di Jawa). Penggunaan nama batang terkesan dari Jambi hingga ke bagian utara di Atjeh.

Lantas bagaimana sejarah candi-candi di daerah aliran sungai Batanghari di wilayah provinsi Jambi yang sekarang? Seperti yang disebut di atas, wilayah daerah aliran sungai Batanghari berada diantara daerah aliran sungai Musi di sebelah selatan dan daerah liran sungai di sebelah utara seperti sungai Indragiri, sungai Kampar dan sungai Rokan (provinsi Riau) dan sungai Barumun (Sumatera Utara). Lalu apa pentingnya keberadaan candi-candi kuno tersebut bagi provinsi Jambi? Seperti disebut di atas, dari sejarah candi inilah sejarah Jambi mulai dinarasikan. Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Jumat, 21 Mei 2021

Sejarah Riau (26): Candi di Muara Takus, Biaro Zaman Batak Kuno di Provinsi Riau; Candi Melayu di Provinsi Sumatra Barat

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Riau di blog ini Klik Disini  

Gambaran geografis zaman kuno berbeda dengan batas-batas wilayah pada masa kini. Seperti halnya kerajaan Melayu Riau berawal di Johor (kini Malaysia), juga kerajaan di wilayah hulu sungai Batanghari (kerajaan Mauli) berawal di Palembang (Sriwijaya). Lalu kerajaan Melayu di hulu sungai Batanghari (Darmasraya) bergeser ke hulu sungai Indragiri (di Tanah Datar, Sumatra Barat). Dalam hal ini candi Muara Takus dibangun di hulu sungai Kampar, kerajaan Johor belum eksis.

Kerajaan Siak Indrapura, kerajaan Melayu didirikan oleh Raja Kecil dari Pagaruyung pada tahun 1723, setelah sebelumnya terlibat dalam perebutan tahta Johor. Di wilayah Kerajaan Siak inilah terdapat candi Muara Takus yang dibangun sejaman dengan candi di hulu sungai Batanghari (kerajaan Mauli). Radja Singghasari dari Jawa (Kertanegara) menjalin kerjasama dengan Radja di Kerajaan Mauli yang menurut Schnitger (1935) keduanya sama-sama pendukung fanatik agama Boedha Batak (sekte Bhairawa) yang berpusat di Padang Lawas. Radja Adityawarman yang relokasi ke hulu sungai Indragiri juga pendukung fanatik sekte Bhairawa. Hal itulah mengapa karakteristik candi di Dharmasraya dan Muara Takus mirip dengan candi-candi di Padang Lawas.

Lantas bagaimana sejarah asal usul candi Muara Takus yang kini masuk wilayah provinsi Riau? Schnitger (1935) menyimpulkan bahwa candi-candi di Padang Lawas terhubung dengan candi di Muara Takus melalui candi yang terdapat di hulu sungai Rokan (candi Manggis). Lalu mengapa candi Muara Takus tidak terhubung dengan candi Dharmasraya di hulu sungai Batanghari? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Kamis, 20 Mei 2021

Sejarah Bukittinggi (8): Seberapa Penting Kini Keberadaan Candi di Sumatera Barat? Sumber Data Narasi Sejarah Zaman Kuno

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bukittinggi dalam blog ini Klik Disini

Narasi sejarah kita, tentang sejarah zaman kuno tertolong karena masih ditemukannya candi, prasasti dan benda-benda kepurbakalaan lainnya. Data-data zaman kuno ini jika dikombinasikan dengan data-data zaman Now seperti peta satelit (googlemmap atau googleerath) dan bentuk-bentuk visual lannya seperti video drone, gambaran tentang sejarah zaman kuno kita akan memperkaya narasi sejarah yang bersumber dari teks sejaman seperti peta, koran, majalah dan foto. Dalam konteks inilah pentingnya keberadaan candi di suatu wilayah (daerah).

Pada masa ini dilaporkan di (provinsi) Sumatra Barat terdapat sejumlah candi di berbagai kabupaten seperti Dharmasraya, Pasaman, Tanah Datar dan Agam. Sebaran itu sudah cukup mewakili luas provinsi Sumatra Barat yang sekarang. Di seputar candi-candi tersebut juga ditemukan prasasti-prasasti. Penemuan benda-benda kuno di wilayah provinsi Sumatra Barat semakin meningkat bahkan hingga pada tahun-tahun terakhir ini seperti di Padang Nunang, Rao (2019). Oleh karena itu sejauh data zaman kuno tersebut tetap ditemukan maka narasi sejarah zaman kuno di Sumatera Barat tidak pernah berhenti. Namun yang menjadi persoalan, sejauh mana data-data zaman kuno itu dianalisis yang sesungguhnya akan memperkaya (manambahkan atau koreksi) narasi sejarah yang ada.

Lantas bagaimana sejarah candi di Sumatera bagian tengah khususnya di provinsi Sumatera Barat? Boleh jadi sudah ada yang menulisnya. Lalu apa pentingnya sejarah candi-candi tersebut? Seperti disebut di atas, data candi dan benda kepurbakalaan lainnya akan memperkaya narasi sejarah yang ada. Darimana sejarahnya dimulai. Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.