Selasa, 16 Mei 2023

Sejarah Cirebon (46): Saleh Afiff, Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia; Lulusan Universitas California di Berkeley


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Cirebon dalam blog ini Klik Disini

Nama Saleh Afiff sudah barang tentu tidak dikenal hanya di Cirebon, karena lahir di Cirebon. Saleh Afiff juga dikenal di seluruh Indonesia. Saleh Afiff tidak hanya alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lulusan Universitas California di Berkeley, juga dosen di almamaternya dan pejabat tinggi setingkat Menteri. Namun mengapa sejarah Saleh Afiff hanya sebatas satu paragraph saja. Padahal Prof Saleh Afiff adalah ayah dari teman saya.   

 

Prof. Dr. Saleh Afiff lahir tanggal 31 Oktober 1930 di Cirebon adalah Menteri Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan Indonesia pada Kabinet Pembangunan VI (1993–1998). Afiff merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1959. Dia juga pernah menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara merangkap wakil ketua Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional pada Kabinet Pembangunan V. Lulusan Universitas California di Berkeley, Amerika Serikat pada tahun 1967 ini terakhir menjadi pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Prof. Dr. Saleh Afiff meninggal28 Juni 2005 di Jakarta, meninggalkan seorang istri, tiga orang anak dan cucu. (Wikipedia) 

Lantas bagaimana sejarah Saleh Afiff, alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia? Seperti disebut di atas, narasi sejarahnya hanya secuil, satu paragraph, padahal Saleh Afiff dari Cirebon bukan orang biasa. Saleh Afiff adalah lulusan Universitas California di Berkeley. Universitas hebat di Amerika Serikat. Lalu bagaimana sejarah Saleh Afiff, alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia? Lalu bagaimana sejarah Saleh Afiff, alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Saleh Afiff, Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia; Lulusan Universitas California di Berkeley

Di dalam Universiteit van Indonesie di Djakarta akan didirikan Fakultas Ekonomi (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 30-08-1950). Ini bermula dari rencana pemerintah untuk membentuk fakultas baru di Universiteit van Indonesie di Djakarta. Sementara itu, itu di Universiteit van Indonesia di Makassar sudah beberapa tahun berlangsung fakultas ekonomi (didirikan oleh orang Belanda). Fakultas Ekonomi di Djakarta ini atas inisiatif pemerintah Republik Indonesia, tidak lama setelah Republik Indonesia Serikat (RIS) dibubarkan 17 Agustus 1950.


Nieuwe courant, 12-09-1950: ‘University di Djakarta mendirikan fakultas ekonomi. Pemerintah (Republik) Indonesia telah memutuskan untuk mendirikan fakultas ekonomi di Universitas di Djakarta, kata kementerian pendidikan. "Sekolah Administrasi Bisnis" dua tahun juga akan didirikan sebagai anak dari fakultas ini. Belajar di fakultas ekonomi berlangsung selama lima tahun. Mereka yang telah menyelesaikan pendidikan menengah (ijazah akhir AMS, HBS, Gimnasium, Lyceum, SMA) atau memiliki ijazah terakhir: lembaga pendidikan yang setara dengan sekolah menengah tersebut Prof. Mr. Soenario K. Sanjatavijaya telah diangkat menjadi dekan fakultas. Untuk mendaftar di sekreyariat Universitas Indonesia di djalan Ejckman no 12. Kuliah di "School for Business Administration" ini berlangsung selama 2 tahun dan persyaratan masuknya sama dengan fakultas ekonomi. Pelatihan bertujuan untuk mengantarkan pekerja dengan pengetahuan praktis dalam waktu sesingkat mungkin, karena Indonesia sangat membutuhkan kekuatan ini. Mahasiswa yang bekerja dan yang direkomendasikan oleh pimpinan departemen di instansi pemerintah akan diutamakan dalam seleksi calon mahasiswa. Selain itu, beasiswa akan diberikan, mengikat siswa untuk bekerja selama enam tahun. Calon Sekolah Administrasi Bisnis juga dapat mendaftar di sekretariat Universitas Indonesia’.

Pendirian fakultas ekonomi ini merupakan inisiatif pemerintah. Namun kapan mulai dibuka belum terinformasikan. Sementara itu, fakultas ekonomi di Makassar kemungkinan digentikan karena adanya gangguan keamanan (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 30-08-1950). Penutupan itu semakin nyata karena para dosennya akan segera pulang ke Belanda karena ada gangguan keamanan (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 26-09-1950). Disebutkan sebagai konsekuensinya sudah dibicarakan di Djakarta oleh Rektor Universitas Indonesia Ir Soerachman dan Dekan Fakultas Ekonomi Prof Dr Han dengan Menteri Pendidikan Dr Bahder Djohan. Dalam pembicaraan selama fakultas tidak beroperasi, mahasiswa dapat melanjutkan studi ke Djakarta.


Sementara isu penutupan sementara fakultas ekonomi di Makassar terus menjadi pemberitaan, tampaknya proses pendaftaran mahasiswa baru di fakultas ekonomi di Djakarta berlangsung tenang-tenang saja, tidak terinformasikan. Diinformasikan meninggalkan Makassar Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. Joh. J. Hanrath dan istri (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 26-10-1950). Ibarat kapal karam, kapten yang terakhir keluar dari kapal.

Sebelum dan sesudah perkuliahan dimulai, jumlah dosen bertambah dari waktu ke waktu. Tidak hanya orang Indonesia, juga orang Belanda. Misalnya, Ir EA van de Graaf untuk sementara ditugasi mata pelajaran statistika di Fakultas Ekonomi di Djakarta sejak 1 Desember 1950 (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 11-07-1951). Fakultas Ekonomi di Djakarta sudah mendekati ulang tahun yang pertama, tentang pembukaan kembali fakultas ekonomi diu Makassar masih belum pasti. Oleh karena dosennya masih berada di Belanda, Pemerintah juga sulit memastikan kapan bisa dimulai lagi.


Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 17-09-1951: ‘Dies Natalis Fakultas Ekonomi Setahun. Dalam rangka Dies Natalis ke-1 Fakultas Ekonomi di Djakarta, kompetisi olah raga akan diselenggarakan oleh mahasiswa fakultas tersebut pada 18-21 September mendatang. Selain itu, diadakan malam yang hiburan, pertemuan, dll. Penyelenggaraan diadakan di di pavilium Hotel des Indes yang juga memiliki program perayaan yang cukup ekstensif. Resepsi akan diadakan besok malam pukul 19:00’. Perayaan itu telah terselenggara dengan baik Selasa malam (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 19-09-1951).

Seperti biasanya, hari dies natalis adalah hari kelahiran. Sebagaiman disebutkan di atas, tampaknya tanggal 18 September 1950 menjadi tanggal fakultas ekonomi di Djakarta didirikan. Fakultas ekonomi kembali menerima dosen baru (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 13-10-1951). Disebutkan Kementerian Pendidikan telah melantik Drs Cvd Straaten untuk sementara diangkat sebagai dosen luar biasa mata kuliah sejarah ekonomi di Fakultas Ekonomi di Djakarta.


Dalam penyelenggaraan fakultas ekonomi di Universiteit van Indonesia, mahasiswa yang diterima tidak hanya mahasiswa baru, dalam arti lulusan SMA atau sederajat, juga menerima mahasiswa transfer dari fakultas lain atau universitas lain (tidak hanya program sarjana juga program doctoral). Jumlah mahasiswa dari waktu ke waktu bertambah, sebagaimana juga jumlah dosesn bertambah dari waktu ke waktu. Ujian pertama di fakultas ekonomi Universitas Indonesia diduga kuat dimulai pada bulan September 1951 (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 26-10-1951)..

Tunggu deskripsi lengkapnya

Lulusan Universitas California di Berkeley: Saleh Afiff dan Widjojo Nitisastro

Tunggu deskripsi lengkapnya

 

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur. Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar