Rabu, 27 Desember 2023

Sejarah Bahasa (201): Bahasa Batak Bahasa Sanskerta Bahasa Melayu Bahasa Indonesia Nusantara; Bahasa Melayu Batak Indonesia


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bahasa dalam blog ini Klik Disini

Di nusantara disebut bahasa Indonesia berasal bahasa Melayu, bahasa Melayu berasal dari mana? Apakah bahasa Batak, benar-benar bahasa zaman kuno? Nusantara adalah kepulauan antara benua Asia dan benua Australia, populasinya disebut Austronesia. Lalu apakah kita perluas? Pulau pulau antara benua Afrika dan benua Amerika, bahasanya disebut Melayu-Polinesia yang populasinya terdiri dari Austonesia, Melanesia dan Micronesia.

 

Bahasa Melayu bahasa dalam rumpun bahasa Austronesia yang dituturkan terutama di Asia Tenggara Maritim. Bahasa ini memiliki sekitar 290 juta penutur (dengan 30 juta sebagai "bahasa Melayu" dan 260 juta sebagai "bahasa Indonesia") di seluruh dunia. Bahasa ini menjadi bahasa kebangsaan dan bahasa resmi di Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan menjadi akar dari bahasa Indonesia yang merupakan bahasa resmi dan bahasa kebangsaan di Indonesia. Selain itu, bahasa Melayu tempatan merupakan salah satu bentuk bahasa daerah di Sumatra, Kalimantan, dan sebagai kreol di berbagai daerah di Indonesia. Penggunaan istilah "bahasa Melayu" di Indonesia pada umumnya merujuk pada dialek bahasa Melayu yang merupakan bahasa daerah di Indonesia. Bahasa Melayu merupakan bahasa perantara dalam kegiatan perdagangan dan keagamaan di Kepulauan Nusantara (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah bahasa Batak bahasa Sanskerta bahasa Melayu bahasa Indonesia di Nusantara? Seperti disebut di atas pada masa ini bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Lalu bahasa Melayu berasal dari bahasa apa? Bahasa Melayu Batak Indonesia. Lalu bagaimana sejarah bahasa Batak bahasa Sanskerta bahasa Melayu bahasa Indonesia di Nusantara? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja.

Bahasa Batak Bahasa Sanskerta Bahasa Melayu Bahasa Indonesia di Nusantara; Bahasa Melayu Batak Indonesia

Sebelum memperhatikan bahasa Batak dan bahsa Melayu ada baiknya memperhatikan bahasa Sanskerta dan bahasa Kawi. Disebutkan bahasa Jawa berasal dari bahasa Kaei (Jawa kuno). Namun jika diperhatikan kamus bahasa Kawi, hanya sedikit yang mirip dengan bahasa Jawa yang sekarang. Sebaliknya bahasa Kawi banyak memiliki kemiripan dengan bahasa Melayu, bahasa Batak dan bahasa Sunda. Teks Negarakertagama (1365) ditulis dalam bahasa Kawi.


Wikipedia: Bahasa Sanskerta adalah bahasa kuno Asia Selatan yang merupakan cabang Indo-Arya dari rumpun bahasa Indo-Eropa. Bahasa ini berkembang di Asia Selatan setelah moyangnya mengalami difusi trans-budaya di wilayah barat laut Asia Selatan pada Zaman Perunggu. Bahasa Sanskerta adalah bahasa suci umat Hindu, Buddha, dan Jain. Bahasa ini merupakan basantara Asia Selatan pada zaman kuno dan pertengahan, dan menjadi bahasa agama, kebudayaan, dan politik yang tersebar di sejumlah wilayah di Asia Tenggara, dan Tengah. Bahasa ini memberikan banyak pengaruh bahasa di Asia Selatan, Tenggara, dan Timur, khususnya melalui kosakata yang dipelajari.

Kamus bahasa Sanskerta yang dapat diakses ada dua jenis: (1) bahasa Sanskerta versi Indonesa dan (2) bahasa Sanskerta versi India. Jika dibandingkan dua kamus tersebut dalam daftar kosa kata Swadesh, hanya sedikit persamaan. Mengapa bisa, padahal sama-sama kamus bahasa Sanskerta. Jika dua kamus ini berbeda sama sekali, lalu kamus bahasa Sanskerta yang mana yang benar. Lantas bagaimana dengan bahasa Batak? Sumber tertua yang dapat dijadikan untuk menelusuri bahasa Batak adalah prasasti-prasasti di Sumatra.

Tunggu deskripsi lengkapnya

Bahasa Melayu Batak Indonesia: Austronesia, Melanesia, Mikronesia

Tunggu deskripsi lengkapnya

 

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur. Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar