Minggu, 17 April 2022

Sejarah Menjadi Indonesia (538): Pahlawan Indonesia - Guru Hamsah Studi ke Belanda; Kementerian Tak Miliki Sejarah Pendidikan

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Apakah ada narasi sejarah pendidikan di Indonesia? Tampaknya belum ada. Memang sudah banyak yang menulis sejarah pendidikan di Indonesia, tetapi belum ada yang menarasikan sejarah pendidikan di Indonesia secara lengkap. Disebut lengkap jika semua elemen pendidikan terdapat dalam narasi dengan data yang akurat. Oleh karena itu, dalam hubungan ini, akan sangat sulit menemukan salah satu nama dari banyak nama, siapa Guru Hamsah?

Bagaimana narasi sejarah pendidikan di Indonesia dapat dibaca antara lain pada laman Kompas.com: Pendidikan di Indonesia telah ada sejak tahun 1901. Saat itu, Belanda mendirikan sekolah-sekolah untuk kalangan pribumi. Tujuannya adalah sebagai bentuk upaya dari kebijakan Politik Etis. Namun, seiring berjalannya waktu, sistem pendidikan sudah mulai berkembang, Tahun 1901, Belanda mulai memperkenalkan sistem pendidikan formal bagi penduduk. Namun pendidikan formal dibagi berdasarkan kelas sosial dan keturunan. Baru anak pejabat dan bangsawan pribumi yang bisa mengenyam pendidikan formal. Sistem yang mereka perkenalkan yaitu dengan tingkatan sebagai berikut: Europeesche Lagere School, sekolah dasar bagi orang Eropa Hollandsch Inlandsche School (HIS), sekolah dasar bagi pribumi Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), sekolah menengah pertama Algemeene Middelbare School (AMS), sekolah menengah atas Lalu, sejak tahun 1930-an, pendidikan formal ini mulai dikenal hampir di semua provinsi. Namun kondisi ini berubah. Di masa pendudukan Jepang (1942-1945), sistem digantikan. Pertama, bahasa Indonesia dijadikan bahasa resmi pengantar pendidikan menggantikan bahasa Belanda. Kedua, sistem pendidikan diintegrasikan. Pendidikan berdasarkan kelas sosial yang sebelumnya berlaku dihapuskan. Ketiga, masa belajar diubah. Setelah sekolah dasar enam tahun, ada sekolah menengah pertama tiga tahun dan sekolah menengah tinggi tiga tahun. Pendidikan di masa Jepang jauh lebih buruk dibanding di masa Hindia Belanda. Pada tahun ajaran 1940/1941 (Hindia Belanda) jumlah sekolah dasar 17.848 buaah. Namun di akhir pendudukan Jepang (1944/1945), jumlah sekolah dasar menjadi 15.069 buah.

Lantas bagaimana sejarah guru Hamsah? Seperti disebut di atas, narasi sejarah pendidikan di Indonesia tidak pernah ditulis secara lengkap. Hal itulah mengapa setiap penulis berbeda-beda dalam menarasikannya seperti narasi sejarah di atas. Oleh karena itu, akan banyak pelaku sejarah pendidikan di masa lampau yang tidak dikenal, padahal mereka adalah pionir. Dalam hal ini apakah Kementerian Pendidikan tidak memiliki narasi sejarah pendidikan di Indonesia secara lengkap? Lalu bagaimana sejarah guru Hamsah? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (537): Pahlawan Indonesia dan Orang Melayu di Indonesia; Mengapa Bukan Usulkan Bahasa Indonesia?

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Dalam isu bahasa Melayu diusulkan Malaysia agar bahasa Melayu menjadi bahasa resmi ASEAN, ada juga orang Indonesia yang mengusulkan bahasa Melayu. Mengapa bukan bahasa Indonesia yang diusulkan? Yang mengusulkan itu adalah Presiden Syarikat Melayu Indonesia. Bagaimana  bisa? Bukankah bahasa nasional Indonesia adalah bahasa Indonesia, yang dengan sendirinya secara dapat diusulkan bahasa (resmi) internasional.

Wadah orang Melayu di Indonesia dinamakan Syarikat (perkumpulan) Melayu Indonesia dan secara resmi diumumkan dengan dirilisnya pidato mukadimah Tengku Ryo Rizqan selaku Presiden Syarikat Melayu Indonesia pada 29 Syakban 1443 Hijriah bertepatan dengan hari Jum’at 1 April 2022. Tengku Ryo menjelaskan bahwa embrio Syarikat Melayu Indonesia ini lahir pada akhir tahun 2000 lalu dan kemudian berkembang menjadi sebuah komunitas non formal dengan berfokus pada bidang pemajuan pendidikan, ekonomi dan kebudayaan. "Komunikasi yang telah terjalin dengan masyarakat melayu di lintas daratan kepulauan dari ibukota hingga dusun-dusun di Indonesia dan juga mancanegara dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun ini akhirnya membangkitkan semangat dan pemahaman akan pentingnya kebersamaan," ujarnya. Tengku Ryo menyampaikan beberapa persoalan yang tengah dihadapi oleh masyarakat Melayu Indonesia pada umumnya dan memerlukan langkah dan sikap nyata guna mencari solusi bagi permasalahan yang ada. "Keadaan atau persoalan yang dihadapai masyarakat Melayu di Indonesia ini penting disikapi dengan serius agar mampu memberikan solusi demi keberlangsungan hidup dan kehidupan masyarakat Melayu di Indonesia yang telah banyak memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan dan kemajuan bangasa dan negara Indonesia sejak dulu, sekarang dan yang akan datang," jelas Tengku Ryo. Syarikat Melayu Indonesia membentangkan layarnya dengan semangat seluas resam setinggi marwah membawa harapan bagi masa depan masyarakat Melayu di Indonesia menuju masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan, ekonomi dan kebudayaan.(https://www.ketiknews.id/news)

Lantas bagaimana sejarah orang Melayu di Indonesia? Seperti disebut di atas, orang Melayu di Indonesia yang melalui ketuanya Syarikat Melayu Indonesia mengusulkan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi ASEAN. Itu satu hal. Hal lain, lLalu bagaimana sejarah orang Melayu di Indonesia? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sabtu, 16 April 2022

Sejarah Menjadi Indonesia (536): Pahlawan Indonesia-Tan Kiang Hong di Leiden;Chung Hwa Hui - Indische Vereniging di Belanda

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Jumlah orang Cina studi di Belanda dari waktu ke waktu terus meningkat, bahkan telah melampaui orang pribumi. Meski demikian, dua organisasi orang berasal dari Hindia (Indische Vereeniging/Perhimpoenan Indonesia dan Chung Hwa Hui) tetap dengan baik berinteraksi (saling mengundang). Dalam perkembangannya antara dua pihak ini menjadi bersifat asimetris di mata orang-orang Belanda yang studi di Belanda. Orang Belanda benci kepada orang Cina, Orang pribumi benci orang Belanda. Dalam konteks inilah muncul nama Tan King Hong di Belanda sebagai ketua Chung Hwa Hui.

Orgnisasi orang pribumi yang studi di Belanda dibentuk tahun 1908 yang dinisiasi oleh Radjioen Harahap gelar Soetan Casajangan. Saat pembentukan di kediaman Soetan Casajangan di Leiden hanya 15 orang yang hadir karena alasan yang berbeda-beda. Meski demikian ke-15 orang yang tengah studi di Belanda sepakat membentuk organisasi yang diberi nama Indische Vereeniging. Secara aklamasi diangkat ketua Soetan Casajangan dengan sekretaris Raden Soemitro. Tiga tahun kemudian orang Cina yang studi di Belanda membentuk organisasi yang diberi nama Chung Hwa Hui. Dalam pembentukan organisasi itu hadir sebanyak 14 orang. Ketua Chung Hwa Hui terpilih adalah Yap Hong Tjoen. Soetan Casajangan lahir di Padang Sidempoean, Yap Hong Tjoen lahir di Jogjakarta. Entah kebetulan, pada era Perang Kemerdekaan Indonesia di dua kota ini terjadi perlawanan yang heroik terhadap Belanda.

Lantas bagaimana sejarah Tan Kiang Hong? Seperti disebut di atas, Tan Kiang Hong melanjutkan studi ke Belanda dan kemudian menjadi ketua Chung Hwa Hui. Lalu bagaimana sejarah Tan Kiang Hong? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (535): Pahlawan Indonesia dan Melayunisasi di Semenanjung Malaya; Mandailing, Minang, Bugis, Jawa

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Seperti pada artikel sebelum ini, apa yang terjadi di Malaysia tidak sesederhana yang terkesan sekarang tetapi sungguh sangat kompleks. Sebaliknya di Indonesia seakan terkesan kompleks tetapi pada dasarnya berlangsung cukup sederhana. Hal itulah mengapa (negara) Malaysia menghadapai masalahanya sendiri hingga ini hari, sedangkan Indonesia sudah lama telah menyelesaikan masalahnya. Satu faktor penyebab awal di Semenanjung Malaya ada kekuatan kerajaan-kerajaan yang kemudian membentuk federasi dalam proses melayunisasi di (negara) Malaysia.

Jika di Semenanjung Malaya terjadi proses Melayunisasi, sebaliknya di Indonesia terjadi proses Indonesiasi. Jadi pada masa ini harus dilihat kedua negara telah memilih jalan hidupnya dari awal, yakni Melayunisasi di Malaysia dan Indonesiasi di Indonesia. Proses pembentukan Malaysia sendir berbeda dengan proses pembentukan Indonesia. Untuk proses pembentukan Indonesia sudah lama berlangsung yang dimulai dari Kongres Mahasiswa Hindia di Belanda tahun 1917, kemudian mengkristas pada Kongres Pemuda tahun 1928 dan lalu ditetapkan setelah kemerdekaan dalam Undang-Undang Dasar 1945. Lalu bagaimana dengan proses pembentukan Malaysia? Secara sadar disasdari oleh para pemimpin di Semenanjung Malaya (para sultan) bahwa ada perbedaan diantara pribumi yang akan berhadapan dengan persekutuan diantara orang-orang Cina dan India. Kekhawatiran para sultan dalam pembentukan federasi (Malaysia) diselesaikan dengan proses Melayunisasi untuk mengungguli kominitas Cina dan komunitas India.

Lantas bagaimana sejarah Melayunisasi di Semenanjung Malaya? Seperti disebut di atas, permasalahan yang dihadapi Malaysia sulit teratasi karena prosesnya sendiri telah selesai pada masa lampau yakni membedakan Melayu di satu pihak dan komunitas Cinda dan komunitas India di pihak lain. Lalu bagaimana sejarah Melayunisasi di Malaysia? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Jumat, 15 April 2022

Sejarah Menjadi Indonesia (534): Pahlawan Indonesia - Tjan Tjoe Siem Studi di Leiden: Islamolog - Javanolog Universitas Indonesia

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Pada artikel sebelum ini dideskripsikan narasi sejarah Tjan Tjoe Som. Pada artikel ini akan dideskripsikan narasi sejah Tjan Tjoe Siem. Keduanya adalah bersaudara dari Solo yang sama-sama melanjutkan studi ke Leiden dan sama-sama pernah menjadi guru besar di Universitas Indonesia, Disebutkan Tjan Tjoe Som adalah seorang Sinolog, sedangkan Tjan Tjoe Siem adalah seorang Islamolog dan Javanolog.

Prof. Dr. Tjan Tjoe Siem (03 April 1909 – 30 Desember 1978) adalah seorang pakar Sastra Jawa dan seorang guru besar Universitas Indonesia kelahiran Surakarta. Ia promosi di Universitas Leiden, negeri Belanda pada tahun 1938. Judul disertasinya adalah "Hoe Koeroepati zich zijn vrouw verwerft". Disertasinya mengenai sebuah lakon wayang pernikahan Suyodana yang diambil dari wiracarita Mahabharata. Nama lain Suyodana adalah Kurupati (Koeroepati) yang artinya adalah "raja para Korawa". Sekembalinya di Jawa, ia menjadi asisten Prof. Dr. Poerbatjaraka. Menurut Rosihan Anwar di bukunya, ia pernah mengajar di sekolah AMS (baik A dan B) di Yogyakarta. (Wikipedia). Dalam blog Agni Malagina artikel berjudul Tjan Tjoe Siem: Islamolog dan Javanolog dari Universitas Indonesia disebutkan Siem muda berangkat ke Universitas Leiden pada tahun 1930 setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya. Pada tahun 1940-an, Universitas Leiden hanya tercatat dua nama etnis Cina dari Indonesia, Tjan Tjoe Siem (1930) dan Tjan Tjoe Som (1936), Siem dikenal sebagai javanolog dan islamolog, sedangkan Som sang kakak dikenal sebagai seorang sinologi sekaligus ahli hokum Islam yang sama-sama mengabdi di Universiteit Indonesie sekembalinya dari belajar di Leiden (https://staff.blog.ui.ac.id)

Lantas bagaimana sejarah Tjan Tjoe Siem? Seperti disebut di atas, Tjan Tjoe Siem adalah adik dari Tjan Tjoe Som. Mereka berdua memiliki perhatian yang berbeda. Lalu bagaimana sejarah Tjan Tjoe Siem? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (533): Pahlawan Indonesia - Mengapa Kini Warga Malaysia Menjadi Terkotak; Melayu, Cina dan India

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Ada berita lama yang menyita perhatian pada akhir-akhir ini. Tidak di Indonesia, tetapi di Malayasi. Berita tersebut bahwa di (negara) Malaysia warga seakan terkotak-kota dimana warga pribumi (asli) terpisah dengan warga pendatang terutama Cina dan India. Dalam bidang pendidikan masing-masing warga menyelenggarakan sistem pendidikannya sendiri dengan bahasa pengantar sesuai bahasa ibu: Melayu, Cina dan India. Hal itu tentulah berbeda dengan di Indonesia.

Memang di Indonesia belum sepenuhnya terjadi asimilisasi yang diharapkan, terutama golongan Cina yang terkesan sebagian (saja) yang bersikap eksklusif. Namun itu tentu tidak menjadi masalah besar, karena masalah preferensi. Berbeda dengan di Malaysia, penyatuan banyak hal telah dan dicapai dan terselesaikan seperti dalam bidang pendidikan. Di seluruh Indonesia, semua sekolah menggunakan bahasa pengantar yang sam (bahasa Indonesia) dengan kurukulum yang seragam. Itu berlaku pada sekolah-sekolah yang dikelola pemerintah dan sekolah-sekolah swasta. Banyak sekolah-sekolah swasta yang dikelola oleh warga Cina di Indonesia tetapi seperti disebut tadi semuanya merujuk pada satu ukuran: persamaan (bahasa pengantar dan kurikulum). Oleh karena itu, permasalahan yang ada di Malaysia tidak terdapat di Indonesia. Permasalahan itu serupa itu di Indonesia pernah ada tetapi itu doeloe pada era Pemerintah Hindia Belanda. Akan tetapi seiring dengan perjalanan waktu Pemerintah Republik Indonesia, terutama sejak 1950 permasalahan dapat dieliminasi.

Lantas bagaimana sejarah warga Malaysia terkotak-kotak sehingga menimbulkan permasalahan sendiri pada masa ini? Seperti disebut di atas, permasalahan yang dihadapi Malaysia pernah dialami di Inoneesia namun sudah selesai. Lalu bagaimana sejarah warga Malaysia terkotak-kotak? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.