*Untuk
melihat semua artikel Sejarah Kalimantan Selatan di blog ini Klik Disini
Ada perbedaan antara Kota Banjarmasin dengan kota-kota lain soal pembangunan kanal. Kota Banjarmasin dan Kota Jakarta termasuk kota pemilik kanal terbanyak. Namun antara Kota Jakarta dan Kota Banjarmasin terdapat perbedaan karakteristik. Perbedaan itulah yang menyebabkan sejarah kanal di Kota Jakarta dan di Kota Banjarmasin sangat menarik. Pembangunan kanal di Kota Banjarmasin baru dimulai pada era Pemerintah Hindia Belanda. Sesungguhnya Kota Banjarmasin bukanlah Kota Seribu Sungai tetapi Kota Seribu Kanal.
Lantas bagaimana sejarah kanal di pulau Kalimantan khususnya di Banjarmasin? Itu bermula karena sungai Barito dan sungai Martapura meluap yang menyebabkan Banjarmasin mengalami banjir. Pembangunan kanal awalnya adalah solusi pembangunan tata kota, lalu diperluas untuk solusi membentuk lahan-lahan produktif untuk pertanian. Bagaimana proses kanalisisi tersebut berlangsung? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.
Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.
Kanalisiasi: Dr CM Schwaner
Pada masa ini, Kota Banjarasin tidak hanya kota sungai, tetapi pada dasarnya adalah kota kanal. Pembangunan kanal (canaal) pertama diduga telah dimulai pada era VOC. Kanal pertama tersebut adalah menghubungkan sungai Doesoen (kelak disebut sungai Barito) dengan muara sungai Tatas atau sungai Kayutangi (kelak disebut sungai Martapoera).
Tunggu deskripsi lengkapnya
Gambut dan Kanalisasi
Tunggu deskripsi lengkapnya
*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur..Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar