*Untuk melihat semua artikel Sejarah Madura dalam blog ini Klik Disini
Apa pentingnya sejarah jalan? Apakah sepenting
sejarah pelabuhan? Kurang lebih sama. Sejak zaman kuno untuk mencapai pedalaman
dari pantai (dan sebaliknya) fungsi jalan terbentuk. Sesuai perkembangan jaman,
jalan-jalan yang ada awalnya jalan setapak untuk pejalan kaki maupun jalan
pengendara kuda. Lalu jalan semakin diperlebar seiring dengan penggunaan gerobak
(yang ditarik kuda, sapi atau kerbau). Jalan-jalan rintisan ini yang kemudian sebagian
besar ditingkatkan pada era Pemerintah Hindia Belanda dan menjadi jalan raya
yang sekarang.
Jalan Raya Pos (De Groote Postweg) disebut juga Jalan Daendels, adalah sebuah jalan pos sepanjang 1.000 kilometer (620 mi) di Jawa yang membentang dari Anyer di Banten hingga Panarukan di Jawa Timur. Jalan ini dibangun atas perintah dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang ke-36, Herman Willem Daendels (m. 1808-1811) sebagai salah satu langkahnya dalam memodernisasi Jawa terutama dalam bidang pertahanan dan pemerintahan. Selanjutnya, jalan ini dimanfaatkan sarana mengangkut hasil bumi dan pos komunikasi. Kantor pos pertama kali didirikan pada 26 Agustus 1746 di Batavia oleh Gubernur Jenderal yang ke-26, Gustaaf Willem van Imhoff. Empat tahun kemudian, kantor pos Semarang didirikan dan menggunakan rute melalui Karawang, Cirebon, dan Pekalongan. Sementara itu, transportasi daratan sudah ada setidaknya pada sekitar 1750, yaitu jalan yang menghubungkan Batavia ke Semarang dan seterusnya ke Surabaya. Juga jalan menghubungkan Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. Pada 28 Januari 1807, Daendels diangkat menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda oleh Louis Bonaparte. Cemas akan masa depan Jawa, dan serangan Inggris, pada tahun 1807 Louis memberi tugas kepada Daendels, yaitu mempertahankan Jawa dari serbuan Inggris dan membenahi sistem administrasi pemerintahannya (Wikipedia)
Lantas bagaimana sejarah jalan di pulau Madura? Seperti disebut di atas pulau Madura terbilang pulau kecil yang di wilayah pantai peran pelabuhan sangat penting. Berbeda dengan di bagian pedalaman, kebutuhan jalan raya dari waktu ke waktu semakin penting. Mengapa? Apakah proses pembangunan jalan di pulau Madura mengikuti pola pembangunan trans-Java Daendels Batavia-Panaroekan via Sidajoe, Gresik, Soerabaja, Pasoeroean? Lalu bagaimana sejarah jalan di pulau Madura? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.