Senin, 22 Juni 2020

Sejarah Lombok (16): Sejarah Sumbawa, Tau Samawa; Terbentuknya Peradaban Baru Sabalong Samalewa, Samalewa Samawa


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lombok dalam blog ini Klik Disini

Nama Sumbawa tentu saja sudah lama ada. Bahkan jauh sebelum muncunya nama Dompu. Seperti halnya pulau Flores dan pulau Timor, pulau Sumbawa adalah pulau besar, jauh lebih besar dari tetangganya pulau Lombok. Sementara nama (kerajaan) Dompu lebih dulu terkenal (naskah Pararaton) baru nama (kerajaan) Bima berkibar sejak era VOC. Lalu bagimana dengan kerajaan Sumbawa? Mulai dikenal sejak 1674.

Ada satu masa dimana pulau Sumbawa mengalami masa kelam. Itu terjadi sejak meletusnya gunung Tambora pada bulan April 1815. Menurut laporan pada era Hindia Belanda, penduduk (kerajaan) Sombawa hanya tersisa 26 orang. Sementara kerajaan Tambora dan Pekat yang begitu dekat dengan pusat letusan, penduduk kedua kerajaan ini hanya survive lima orang. Penduduk kerajaan Dompu yang masih hidup ada 40 orang. Namun tentu saja penduduk kerajaan Sumbawa yang disebut survive sebanyak 26 orang adalah penduduk Sumbawa yang sudah berinteraksi dengan dunia luar. Penduduk (asli) pulau Sumbawa, termasuk di kerajaan Bima, masih banyak yang belum terhitung yang bermukim di wilayah-wilayah tertentu yang masih menganut kepercayaan lama. Penduduk yang tersisa dan penduduk yang belum terdeteksi berapa banyak yang berada di wilayah-wilayah tertentu diduga sebagai pembentuk peradaban baru (bersama dengan penduduk pendatang yang datang kemudian). Salah satu wujud peradaban baru itu pada masa ini dikenal dengan spirit sabalong samalewa, samalewa Samawa.

Orang Sumbawa adalah penduduk yang berafiliasi membentuk budaya sendiri yang kemudian muncul kerajaan Sumbawa. Kerajaan Sumbawa menjadi pembeda dengan wilayah budaya (wilayah administrasi) dari kerajaan-kerajaan lainnya di pulau Sumbawa. Lalu bagaimana sejarah orang Sumbawa sebelum dan sesudah letusan gunung Tambora? Nah, itu dia. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, ari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Lombok (15): Kota Bima Pasca Letusan Gunung Tambora (1815); Kelaparan dan Membangun Kota di Atas Reruntuhan


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lombok dalam blog ini Klik Disini

Keutamaan (kota) Bima pada era Hindia Belanda, karena di kota ini sejak era VOC sudah menjadi ibu kota, tempat dimana residen berada. Hubungan Bima dan VOC yang akrab tetap berlanjut pada era Pemerintah Hindia Belanda. Pada era pendudukan Inggris, saat gunung Tambora meletus (April 1815) dampaknya tidak terlalu fatal di (kerajaan) Bima. Setelah bencana tahun 1815 Kota Bima secara perlahan-lahan dibangun kembali.

Lukisan makam kuno di Bima (1821)
Tidak banyak laporan tentang (kota) Bima pasca bencana kecuali beberapa seperti laporan Residen Bima (1819) dan hasil kunjungan Reinwardt tahun 1821 (tetapi baru dipublikasikan pada tahun 1858). Setahun sebelum publikasi Reinwardt ini, tulisan Heinrich Zollinger diterbitkan sebagai bagian hasil ekspedisinya ke Bima (Sormbawa) tahun 1847. Jung Huhn juga memiliki kesempatan ke Soembawa. Dari laporan-laporan tersebut, kerajaan Bima masih banyak yang tersisa, tetapi kerajaan-kerajaan Tambora, Pekat, Dompu dan Soembawa nyaris punah. Disebutkan penduduk dari kerajaan Tambora dan Pekat hanya survice tidak lebih dari lima orang, sementara penduduk kerajaan Dompu yang masih hidup sekitar 40 orang, sedangkan penduduk dari kerajaan Soembawa masih hidup sebanyak 26 orang. Penduduk Bima yang terkena dampak langsung letusan gunung Tambora tidak terlalu banyak, tetapi faktor kelaparan setelah bencana yang menyebabkan penduduk (kerajaan) Bima menemui kematian sehingga penduduk kerajaan Bima yang tersisa diperkirakan tidak lebih dari 5.000 orang.

Bagaimana kota Bima bangkit kembali pasca bencana gunung Tambora? Itu dimulai dari beberapa bangunan (situs) yang masih tersisa. Rumah penduduk luluh lantak, kapal-kapal yang berada di pantai tersapu habis dihantam tsunami yang puing-puingnya berada jauh di daratan di tengah kota. Bangun istna Radja Bima yang dibangun dengan konstruksi kuat masih tersisa kecualu atapnya rusak berat. Bangunan pemakaman kuno juga masih berdiri utuh. Secara keseluruhan ekonomi, pedagangan serta kemakmuran (kerajaan) Bima ratusan tahun jatuh ke titik nadir. Bima bangkit dan membangun kembali. Tidak mudah lagi. Untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Minggu, 21 Juni 2020

Sejarah Lombok (14): Sejarah Dompu, Tetangga Tambora; Mengapa Nama Pulau Sumbawa, Bukan Dompu atau Bima?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lombok dalam blog ini Klik Disini 

Berdasarkan peta-peta lama, nama pulau Sumbawa ditulis dengan nama Cumbava, suatu pulau yang dibedakan dengan pulau Lombok. Pada peta yang lebih baru (Peta 1675) nama-nama tempat di pulau Sumbawa hanya diidentifikasi di pantai utara pulau (seperti halnya di pulau Lombok dan pulau Bali). Apa yang menjadi dasar penamaan pulau tersebut dengan nama Sumbawa? Apakah nama suatu tempat atau nama suatu (yang menjadi) kerajaan? Dalam kisah lama (Pararaton) tidak menyebut nama Sumbawa, tetapi hanya menyebut Dompo [Dompu] dan Gurun. Sejumlah penulis menginterpretasi Gurun adalah Lombok.

Peta 1675
Nama Lombok sudah diidentifikasi di dalam laporan ekspedisi pertama Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman (1597). Seperti yang terdapat pada Peta 1660 (atau sebelumnya) nama Sumbawa diidentifikasi untuk menunjukkan pulau di timur pulau Lombok. Dalam catatan Kasteel Batavia (Daghregister) terdapat nama-nama kerajaan Bima, Dompu, Tambora dan Sumbawa. Namun anehnya, nama Lombok atau Selaparang tidak terdapat dalam catatan Kasteel Batavia. Why? Perdagangan dari Lombok (Selaparang) menjadi feeder untuk pelabuhan-pelabuhan di Bima, Dompu, Tambora dan Sumbawa (serta Bali).

Pertanyaannya: Jika nama Dompu yang disebut pertama, lalu mengapa nama pulau disebut Sumbawa? Pada era VOC nama Dompu dan Sumbawa adalah nama-nama kerajaan sebagaimana kerajaan-kerajaan Bima dan Tambora. Okelah itu satu hal. Hal lain yang menjadi perhatian adalah bagiamana sejarah Dompu? Untuk enambah pengetahuan, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sabtu, 20 Juni 2020

Sejarah Lombok (13): Codja Roeboe di Bima dan Orang Koja di Batavia; Kampung Koja, Tambora dan Pekojan di Jakarta


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lombok dalam blog ini Klik Disini
 

Di (kabupaten) Bima tentu saja sejak tempo doeloe ada nama kampong Melajoe dan kampong Panaraga, tetapi tidak ditemukan ada nama kampong Kodja. Tidak ada kampong Bima di Soerabaja, Semarang, Batavia dan Makassar. Yang ada adalah nama kampong Tambora di Batavia. Namun ada kampong Kodja di Batavia dan juga ada nama kampong Pekodjan di Batavia dan Semarang. Lantas mengapa di Batavia ada nama kampong Bali, kampong Makassar dan kampong Ambon, sementara tidak ada nama kampong Bima?

Kelurahan Melayu di Kota Bima (Now)
Pada masa ini di Jakarta nama-nama kampong Bali, Ambon dan Makassar masih eksis di Jakarta. Demikian juga nama-nama kampong Koja, Pekojan dan Tambora hingga ini hari masih eksis di Jakarta. Nama kampong Koja ditabalkan sebagai nama kecamatan di Jakarta Utara. Sementara nama kampong Pekojan ditabalkan sebagai nama kelurahan dan nama kampong Tambora ditabalkan sebagai nama kecamatan di Jakarta. Kelurahan Pekojan berada di kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Apakah nama kampong Kodja dan kampong Pekodjan merupakan kampong orang-orang Bima di Batavia? Lalu apa hubungan orang-orang Koja dengan dengan orang-orang Bima? Di Bima tempo doeloe ada seorang syahbandar yang dikenal sebagai Codja Roeboe. Koja ini sangat dekat dengan raja Bima dan juga sangat dekat dekat dengan anak raja Bima yakni pangeran Panaraga. Koja pada masa itu merujuk pada orang Kodja dan juga merujuk pada nama gelar seperti halnya lebai atau haji. Gelar koja merujuk pada orang orang Kodja (Moor). Lalu apakah nama Codja Roeboe menjadi sumber asal-usul nama kampong Koja dan kampong Pekojan di Batavia? Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Jumat, 19 Juni 2020

Sejarah Lombok (12): Sejarah Bima di Pulau Sumbawa, Selatan Makassar; Jauh di Mata Dekat di Hati, Terkenal Sejak VOC


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lombok dalam blog ini Klik Disini

Sejarah Bima memiliki sejarah tersendiri. Meski memiliki kedekatan dengan sejarah Dompu, tetapi dalam perkembangannya sejarah Bima lebih dekat dengan Tambora. Dalam perkembangan berikutnya, sejarah Bima overlap dengan sejarah Makassar. Sebaliknya sejarah Lombok di satu sisi overlap dengan sejarah Bali dan di sisi lain sejarah Lombok overlap dengan sejarah Sumbawa. Namun seperti kata pepatah Bima jauh di mata Lombok dekat di hati. Oleh karena itulah, Lombok, Sumbawa, Dompu, Tambora dan Bima disatukan dalam satu wilayah tersendiri: Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Middelburgsche courant, 25-09-1762
Sejarah Bima tidak sedang berbicara tentang tokoh Bima dalam pewayangan (Mahabrata). Sejarah Bima juga tidak mengulas nama-nama Gurun [Lombok], Seran [ [Seram], Tañjung Pura [Pontianak], Haru [Padang Lawas, Tapanoeli], Pahang [Semenanjung Malaja], Dompo [Dompu], Bali, Sunda, Palembang dan Tumasik [Singapoera] yang terdapat dalam naskah Pararaton sehubungan dengan sumpah Gajah Mada dari Majapahit (tahun 1336). Sejarah Bima adalah sejarah yang terkait dengan kerajaan-kerajaan Dompu, Tambora dan Sumbawa yang di satu sisi terkait dengan Lombok dan di sisi lain terkait dengan Makassar pada kurun waktu era VOC/Belanda.

Di antara semua daerah-daerah di Nusa Tenggara Barat, meski Lombok lebih awal dikenal oleh orang Belanda, tetapi Bima kemudian menjadi yang lebih terkenal. Mengapa? Itulah sebabnya mengapa sejarah Bima begitu penting di Nusa Tenggara Barat. Hubungan yang intim antara kerajaan Bima dan kerajaan Makassar (di utara) menambah pentingnya Bima dalam keseluruhan sejarah kepulauan Sunda Kecil. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumbe-sumber tempo doeloe.

Kamis, 18 Juni 2020

Sejarah Lombok (11): Apakah Masih Ada Penduduk Tambora? Gunung Tambora Meletus 1815, Pertanian Lombok Hancur


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Lombok dalam blog ini Klik Disini

Tempo doeloe terdapat kerajaan Tambora. Penduduknya, di medan yang berat sangat piawai mengendarai kuda. Penduduk satu wilayah kerajaan terkubur akibat letusan dahsyat gunung Tambora. Letusan gunung Tambora pada tanggal 5 April 1815 sangat menggelegar hingga terdengar keras di kota Makassar (dan juga terdengar hingga pulau Bangka, Sumatra). Peradaban Tambora lenyap.

Puncak gunung Tambora (Lukisan 1750); kawah Tambora (Now)
Nama Tambora kini masih tersisa sebagai nama (sisa) gunung Tambora. Nama Tambora juga ditabalkan sebagai nama kecamatan di kabupaten Bima (pulau Sumbawa) dengan ibu kota Labuhan Kananga. Di luar wilayah kecamatan Tambora masih ada tersisa nama Tambora di Batavia (kini Jakarta). Nama Tambora di Jakarta ditabalkan sebagai nama suatu kelurahan. Lantas, apakah orang Tambora telah punah? Tentu saja secara genetik tidak, tetapi secara kebudayaan (budaya dan bahasa) boleh jadi sudah hilang. Sudah barang tentu orang-orang Tombora yang telah merantau jauh ke berbagai tempat ada yang kembali ke kampong halaman. Jumlah yang tersisa sedikit, karena itu tidak cukup lagi mempertahankan kebudayaannya meski namanya sudah ditabalkan sebagai nama suatu kecamatan di kabupaten Bima.

Bagaimana gunung Tambora meletus adalah satu hal. Hal lain yang juga perlu dicatat dalam sejarah adalah bagaimana situasi dan kondisi sekitar pasca meletusnya gunung. Sudah barang tentu dampak letusan gunung Tambora sangat luas, tidak hanya di pulau Sumbawa. Lalu bagaimana dampaknya di  pulau Lombok. Dampak yang besar di pulau Lombok (timur) mengindikasikan letusan gunung Tambora sangat dahsyat. Untuk menambah pengetahuan, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.