Minggu, 19 Agustus 2012

Masjid ‘Kubah Emas’ Termegah di Asia Tenggara: Tempat Destinasi Wisata Religi di Depok


Masjid Dian Al Mahri atau lebih dikenal sebagai Masjid Kubah Emas. Masjid Dian Al Mahri ini terletak di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok. Masjid yang mulai dibangun 2001 dan selesai tahun 2006 berdiri di atas lahan seluas 70 Ha. Masjid ini tergolong  masjid termegah di kawasan Asia Tenggara. Bangunan masjid memiliki luas 8.000 M2 yang terdiri dari bangunan utama, mezanin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, ruang sepatu dan ruang wudu. Masjid ini mampu menampung 15 ribu jamaah shalat dan 20 ribu jamaah taklim.  Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996.

Masjid ini sangat menarik perhatian masyarakat karena kubahnya terbuat dari emas. Enam menara (minaret) berbentuk segi enam, yang melambangkan rukun iman, menjulang setinggi 40 meter. Keenam menara itu dibalut batu granit abu-abu yang diimpor dari Italia dengan ornamen melingkar. Pada puncaknya terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat. Sedangkan kubahnya mengacu pada bentuk kubah yang banyak digunakan masjid-masjid di Persia dan India. Lima kubah melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat yang materialnya diimpor dari Italia. Areal parkir masjid ini seluas 7.000 M2 yang mampu menampung kendaraan 300 bus atau 1.400 kendaraan kecil.




























































3 komentar:

  1. Subhanallah.. semoga dari Masjid ini akan menyebarkan ilmu Islam dan kebaikan buat masyarakat disekitar khusus nya dan semua Umat Islam umum nya

    BalasHapus
  2. Mudah-mudahan dengam Masjid yang megah, Umat Islam makin giat ibadah nya di Masjid.. aamiiiin

    BalasHapus