*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Depok dalam blog ini
Klik Disini
Penduduk Kota Depok pada masa ini sangat terbiasa dengan moda transportasi
kereta api baik menuju Jakarta maupun menuju Bogor. Ternyata kebiasaan itu
sudah ada sejak doeloe, bahkan sejak tahun pertama jalur kereta api
Batavia-Buitenzorg dioperasikan pada tahun 1873. Pada tahun pertama jumlah
penumpang yang naik maupun turun di Stasion Depok merupakan tertinggi ketiga setelah
Stasion Batavia dan Stasion Buitenzorg. Mari kita simak.
|
Stasion Depok, 1939 |
Pembukaan jalur kereta api Batavia dan Buitenzorg sangat berdampak luas:
menghubungkan istana di Bogor dan istana di Batavia; memudahkan transportasi
penduduk maupun wisatawan yang ke Buitenzorg. Manfaat lainnya adalah menjadi
angkutan utama barang dan komoditi dari hulu sungai Ciliwung. Jalur kereta api
Batavia-Buitenzorg mulai dioperasikan
(opening) tanggal 31 Januari 1873 (lihat Bataviaasch handelsblad, 29-01-1873).
Jadwal Keberangkatan/Kedatangan
Jalur kereta api Batavia-Buitenzorg ini terdiri dari stasion utama
(hoofdstatsion), stasion (stasion kecil), halte (halte besar) dan overweg
(halte kecil). Stasion utama berada di Batavia lama (Stadhuis/NIS) dan
Buitenzorg. Stasion antara berada di Meester Cornelis (stasion Jatinegara yang
sekarang). Untuk halte dan overweg terdapat di: Cileboet, Bodjong Gede, Tjitajam,
Depok, Pondok Tjina, Lenteng Agoeng, Pasar Minggoe. Halte lainnya terdapat di
Pegangsaan (kini Cikini), Koningsplein (kini Gambir), Noordwijck (kini Juanda)
dan Sawah Besar. Satu lagi halte yang terpisah adalah halte Kleine Boom (Pasar
Ikan?).
|
Tabel-1 Batavia-Buitenzorg |
Pada hari pertama
operasi keret api Batavia-Buitenzorg sudah diterapkan langsung penjadwalan
tetap. Penjadwalan tetap ini meliputi ketentuan pemberhentian di setiap
stasion/halte menurut waktu keberangkatan dan kedatangan. Ketentuan ini secara
umum adalah jadwal Batavia-Buitenzorg dan jadwal Buitenzorg-Batavia. Hanya ada
dua jadwal keberangkatan dari Buitenzorg ke Batavia (Trein VII pukul 07.01 dan
Trein XVII pukul 14.28). Sebaliknya hanya ada dua jadwal keberangkatan dari
Batavia ke Buitenzorg (Trein II pukul 07,12 dari Kleine Boom dan Tein XIV pukul
15.09 dari Batavia ). Untuk jadwal kereta antara Batavia-Meester Cornelis lihat
Tabel-1 dan Tabel-2.
|
Tabel-1 Buitenzorg-Batavia |
Di Halte Depok, kereta api yang datang dari Batavia menuju Buitenzorg tepat
pukul 9.02 pagi. Kedatangan kereta api kedua tiba pada pukul 4.42 sore.
Sebaliknya kereta api yang datang dari Buitenzorg pada pukul 7.54 pagi dan
kedatangan yang kedua dari Buitenzorg pada pukul 3.34 sore. Jadwal ini
tampaknya diuntungkan bagi penumpang dari Buitenzorg. Jika seseorang dari
Buitenzorg ada keperluan tiba di Depok pukul 7.54 dan bisa kembali ke
Buitenzorg dengan kereta yang datang dari Batavia pada pukul 9.02. Demikian
juga jika tiba di Depok dari Buitenzorg pukul 3.34 masih bisa balik ke
Buitenzorg dengan kereta api pukul 4.42. Untuk penumpang yang datang dari
Batavia tidak ada pilihan dan hanya satu jadwal setiap hari: tiba di Depok
pukul 9.02 dan baru bisa pulang kereta pukul 3.34 sore (ada rentang waktu yang
lama: 6.5 jam).
Jumlah Angkutan Orang, Barang
dan Hewan
Tunggu deskripsi lengkapnya
*Dikompilasi oleh Akhir Matua Harahap berdasarkan sumber-sumber tempo doeloe. Sumber
utama yang digunakan lebih pada ‘sumber primer’ seperti surat kabar sejaman,
foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding),
karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari
sumber-sumber primer. Dalam setiap penulisan artikel tidak semua sumber
disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya
sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di
artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan
saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar